Tidak hanya saat bekerja, konsentrasi juga dibutuhkan saat kita beraktivitas sehari-hari. Konsentrasi yang baik erat kaitannya dengan kesehatan otak. Oleh karena itu, menjaga kesehatan otak dengan cukup tidur, latihan otak ringan, dan mengonsumsi makanan atau minuman yang mampu merangsang kinerja otak adalah penting sifatnya. Salah satu makanan yang disebutkan dapat meningkatkan kinerja otak adalah cokelat. Cokelat meningkatkan konsentrasi.

Ternyata penyebabnya adalah kandungan flavonoid yang sangat kaya dalam cokelat yang dapat melindungi otak dari penurunan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia.

Apakah setiap jenis cokelat memiliki khasiat yang sama?

Tidak selalu. Milk chocolate hanya mengandung 7%-15% flavonoid, sedangkan dark chocolate 30%-70%. Bahan tambahan lain seperti susu, krim, atau gula yang biasanya terdapat dalam milk chocolate membuat cokelat jenis ini sebaiknya dihindari. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari terapi cokelat, Anda disarankan selalu memilih cokelat yang paling gelap. Karena kandungan flavonoid dan senyawa penting lain tentu akan lebih banyak pada dark chocolate, ketimbang pada milk chocolate.

Cokelat Meningkatkan Konsentrasi, Namun Harus Seimbang

Konsumsi cokelat untuk meningkatkan konsentrasi patut diimbangi juga dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat secara keseluruhan. Pendeknya, energi yang diberikan oleh cokelat & asupan sehat lainnya terhadap tubuh harus mampu mengimbangi energi yang kita butuhkan saat beraktivitas sehingga konsentrasi terjaga.

Namun, konsentrasi yang baik bukan hanya dipengaruhi oleh cokelat saja.

Masih banyak sekali faktor lain yang bisa meningkatkan konsentrasi kita. Misalnya ruang kerja di rumah atau kantor yang selalu rapi dan nyaman. Sakit punggung yang diakibatkan oleh kursi kantor yang idak nyaman bisa menjadi salah satu penyebab menurunnya konsentrasi Anda saat bekerja. Solusinya, Anda dapat mengganti kursi kerja lama dengan model ergonomis yang banyak dijual berbagai toko furnitur. Meja kerja dan lemari arsip pun harus mendapat perhatian. Dengan meja yang rapi dan dokumen yang disimpan dengan baik, Anda tak perlu waktu lama untuk menemukan keperluan yang Anda butuhkan. Bekerja pun lebih efisien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here