Posisi Kursi Bayi di Mobil yang Aman Sesuai Usia Anak

0
152

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana memasang kursi bayi di mobil yang benar? Atau, ternyata selama ini Anda hanya meletakannya tanpa arahan? Bila ini yang kerap Anda lakukan, tentu bisa berpotensi membahayakan jiwa si kecil.

Sebelum terlambat, kenali posisi kursi bayi yang tepat di mobil yang sangat bermanfaat untuk si kecil berikut ini. 

Wajib Tahu Posisi Kursi Bayi yang Tepat!

Kursi bayi di mobil

Tahukah Anda ada beberapa aturan memasang kursi bayi di mobil? Bila tidak memasangnya dengan tepat, maka bisa berbahaya untuk tumbuh kembang anak. Simak ulasannya berikut ini.

Untuk Anak Berusia 0 Bulan sampai 2 Tahun

Agar selalu aman saat berkendara, ajarkan si kecil untuk selalu duduk di kursi khusus selama perjalanan. Namun, untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun, pastikan siselalu menghadapkan kursi bayi ke belakang atau rear-facing

Menurut Febria Indra Hastati, S.Psi., M.Psi., Psikolog, CH., CHt, psikolog dari Brawijaya Woman and Children Hospital, seperti yang dilansir dari salah satu media nasional,  menjelaskan kalau baby car seat dengan posisi menghadap belakang 5 kali jauh lebih aman dibandingkan saat menghadap ke depan.

Pasalnya, dengan menghadap ke belakang, maka kepala akan tertahan dan mencegah terjadinya whiplash motion akibat kecelakaan atau terjadi rem mendadak.

Nah, whiplash motion sendiri adalah kondisi yang menyebabkan kepala bayi maju ke depan, tetapi badan tetap terikat dengan sabuk pengaman. Kondisi ini akan menyebabkan guncangan pada bagian kepala 4 kali lebih besar karena bobot kepala bayi yang jauh lebih berat. 

Baca Juga:   12 Rekomendasi Baby Car Seat yang Memiliki Perlindungan Maksimal

Selain itu, punggung kursi yang menghadap ke belakang juga bisa menjaga bagian leher, kepala, dan torso agar bergerak secara bersamaan saat terjadi guncangan. Jadi, dapat dikatakan dengan adanya kursi khusus anak ini dapat mencegah whiplash motion secara maksimal. 

Nah, jangan lupa juga untuk memasang kursi bayi ini di baris tengah mobil, yang merupakan posisi paling aman untuk buah hati. Bila diletakkan pada bagian depan mobil, ketika terjadi kecelakaan, maka airbag di kursi depan akan mengembang. Inilah yang bisa berisiko anak dapat terkena benturan dan cedera parah.

Untuk Anak Berusia 2 Tahun Ke Atas

Bagi buah hati yang berumur sudah berumur dua tahun, maka Anda boleh menghadapkan kursi ke depan. Namun, dengan catatan untuk menempatkannya pada barisan tengah, bukan di bagian kursi penumpang.

Selain itu, pastikan selalu memasang seatbelt secara benar agar dapat memberikan perlindungan maksimal pada anak saat berpergian. 

Itu dia posisi yang tepat saat meletakkan kursi bayi di mobil.  Pastikan juga untuk membeli produk berkualitas yang menghadirkan berbagai fitur unggulan terbaik. 

Kami punya beberapa rekomendasi baby car seat terbaik yang bisa Anda dapatkan di Ruparupa.com. Simak, yuk.

Aliebebe Saratto Baby Car Seat 3 Step- Rp 2.499.900

 

Kursi bayi di mobil

Buat anak Anda selalu nyaman selama berpergian dengan kursi bayi dari Aliebebe Saratto. Kursi ini bisa Anda gunakan dari bayi hingga anak berusia 11 tahun.
Keunggulan dari kursi ini adalah adannya busa yang lembut dan bagian kepala dapat diatur sesuai kebutuhan. Tentunya, kursi ini bisa melindungi anak dari guncangan kendaraan.

Ailebebe Saratto Baby Car Seat Rp 2.499.900

Si kecil dapat beristirahat secara maksimal dengan adanya kursi bayi dari Saratto, yang menyediakan keamanan dan kenyamanan dalam satu produk sekaligus.
Kursi ini telah memiliki sabuk pengaman sehingga dapat melindungi si kecil dari guncangan selama berada di mobil. Wajib punya, sih!

Ailebebe Zutto Baby Car Seat 3 Style (Rp 6.250.000)

Kursi bayi di mobil

Berikan kenyaman esktra untuk buah hati Anda dengan menggunakan kursi bayi di mobil yang memiliki 3 posisi nyaman, seperti rearward facing, forward facing, dan full back booster.
Salah satunya adalah kursi bayi dari Ailebebe Zutto.  Kursi ini cocok digunakan untuk bayi dari usia 0-12 bulan hingga anak berusia 7 tahun.

Sparco Car Seat Baby Booster (Rp 399.900)

Baby car seat

Beli di sini

Untuk anak berusia 4-12 tahun, Anda bisa memakai car seat yang satu ini dirancang. Hadir dengan desain ergonomis dan bahan yang nyaman untuk digunakan si kecil.

Itu dia beberapa rekomendasi produk car seat terbaik. Tentu, car seat ini sangat bermanfaat untuk si kecil.

Nah, Anda bisa mendapatkan semua kebutuhan anak yang berkualitas dan aman untuk digunakan selama berkendara hanya di Ruparupa.

Situs belanja e-commerce satu ini menyediakan berbagai produk rumah tangga dan furnitur terbaik dari Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, Toys Kingdom, dan masih banyak lagi.

Temukan penawaran terbaik dengan bergabung menjadi Ruppers sekarang juga!