Bagi Anda yang ingin medesain ulang ruang rumah di tahun ini, tentu ada baiknya jika mulai dari sekarang mencari tahu tren desain interior, warna cat, maupun furnitur dan dekorasi apa yang akan in. Berikut ulasan yang diambil dari beberapa sumber mengenai tren renovasi rumah 2018.

Tren renovasi rumah 2018

Tampilan Eksterior

Mengubah Fasad

Cobalah mengubah tampilan fasad agar tampil lebih simpel. Misalnya mengganti pintu utama dengan desain modern agar rumah tampak beda bahkan saat Anda belum masuk ke dalamnya.

Desain Interior

1. Memilih Konsep Back to Nature

Konsep back to nature diprediksi akan banyak meramaikan jagat interior rumah. Konsep ini biasanya menggunakan bahan-bahan alam seperti batu-batuan, kayu, ataupun bambu. Fokuskan untuk membangun kesan yang sederhana tanpa mengabaikan sisi keindahan saat memutuskan merenovasi rumah dengan gaya ini.

2. Modernisasi dengan Gaya Japandi (Japan + Scandi)

Hal ini dapat dimengerti karena dalam beberapa tahun ke depan, rumah kecil yang compact akan menjadi tren, seiring dengan menjamurnya pembelian lahan terbatas untuk rumah mungil yang simpel dan minim ornamen.

3. Kamar Mandi Bergaya Minimalis

Desain di area privat seperti kamar mandi juga akan lebih mengarah ke minimalis. Penggunaan bathtub dan bak mandi akan berkurang, sebagai gantinya shower akan menjadi inti dari desain ruang bersih-bersih ini.

DAPUR WARNA-WARNI4. Dan Dapur Warna-Warni

Menurut Mitchell Parker – Editor majalah Houzz, tahun depan orang mulai berani mencat warna-warni dapurnya agar lebih unik dan menonjol. Jika warna terang terlalu mencolok bagi Anda, Anda bisa menggantinya dengan mengecat kitchen set atau membeli perabot dapur warna-warni. Seru!

Furnitur

1. Menggunakan Furnitur Multifungsi

Hunian di kota besar yang akan semakin lama semakin sempit, juga mempengaruhi banyak orang untuk menggunkaan furnitur Multifungsi. Sofa yang dapat diubah menjadi tempat tidur adalah salah satunya.

KURSI JENGKI2. Memanfaatkan Lagi Furnitur Retro

Selain itu, penggunaan furnitur dengan gaya retro seperti kursi jengki, mango table, dan beragam furnitur bergaya shabby chic lainnya diprediksi akan marak diaplikasikan dan menjadi tren renovasi rumah 2018.

3. Bereksperimen dengan Sentuhan Material Logam

Sentuhan material logam pada furnitur rumah diperkirakan juga akan semakin umum. Bahan logam yang dimaksudkan adalah kuningan, stainless steel, dan besi. Sifat logam yang kuat dan kokoh membuat furnitur telihat kuat menahan beban. Material ini biasanya digunakan pada lemari kabinet atau rak penyimpanan peralatan rumah tangga. Cocok untuk Anda yang ingin merenovasi hunian menjadi bergaya industrial.

5. Menambahkan Wastafel Kekinian

Wastafel stainless steel atau keramik putih sudah ketinggalan zaman. Mitchell Parker menyarankan agar pemilik rumah mulai melirik wastafel yang terbuat dari batu, tembaga, atau granit, yang akan menjadi tren pada 2018.

Warna Acuan 2018

1. Biru, Sebagai Aksentuasi Kuat pada Eksterior

Sumber inspirasi utama didapat dari bumi. Fungsi kehadiran warna ini adalah menjadi daya pikat dan membuat area taman lebih berwarna, tidak melulu didominasi oleh warna hijau tumbuhan, cokelat tanah, atau kayu. Aplikasinya dapat dihadirkan pada daun pintu, kusen, jendela, terali, pagar, dinding penahan tanah, furnitur taman, cover sofa, cushion, pot, tanaman hias, mozaik, keramik, dan benda-benda hias taman kegemaran Anda.

2. Warna Hangat untuk Ruang Utama

Mitchell Parker mengatakan, warna-warna ini akan membuat ruangan di rumah terasa lebih ramah dan tidak mencolok. Inspirasi warna yang dapat Anda pilih adalah seperti abu-abu gelap, tobacco, brown-blacks, delicious red, dan burnt yellow.

3. Aksen Warna Kontras pada Salah Satu Dinding

Membuat pola tertentu seperti garis vertikal dan horisontal paling efektif untuk memberikan suasana baru pada dinding yang monoton tanpa mengeluarkan banyak usaha.

4. Warna Maskulin Sebagai Pengganti Warna Putih

Warna-warna seperti navy blue, hijau, dan berbagai gradasinya tetap bisa memberi efek menenangkan dan kesan maskulin untuk Anda.

Dekorasi

1. Wallpaper is Always a Popular Decorative Choice

Tahun ini, tren wallpaper bunga jadi lebih berani dan lebih besar dari sebelumnya. Jika ingin mendapatkan motif bunga yang tepat untuk rumah Anda di tahun 2018, pilihlah warna dengan kontras tinggi dan berbentuk besar, ujar Mitchell Parker lagi.

2. Fingerjoin, Susunan Kayu Bekas, Bahkan Papan Gypsum

Aplikasikan dimana saja Anda menginginkan renovasinya, seperti: dinding headboard kamar tidur, sisi dinding tempat meletakan televisi, maupun backsplash dapur. Caranya mudah sekali, cukup dengan membuat pola tertentu berdesain menarik tergantung pada selera, lalu di cat sebagai finishing. Motif yang acak pun pasti terlihat rapi.

Tertarik mengadopsi salah satu tren renovasi rumah 2018 ini untuk hunian Anda?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here