Wajib Tahu 11 Jenis Cheesecake Ini Agar Tidak Keliru

0
2043
Cheesecake

Tidak perlu diragukan lagi kalau cheesecake menjadi salah satu hidangan penutup yang populer karena lezat dan nikmat. Namun, pasti banyak dari kita yang belum tahu kalau jenis makanan yang terbuat dari perpaduan susu dan keju ini, memiliki variasi yang beraneka ragam. Apalagi, makanan satu ini juga berasal dari berbagai negara di dunia.

Ini Dia Jenis-jenis Cheesecake Terpopuler

Tahukah Anda kalau cheesecake terbuat dari berbagai keju, termasuk mascarpone, ricotta, krim keju, philadelphia cream cheese, dan masih banyak lagi? Jadi, tidak heran kue satu ini memiliki banyak variasi, seperti berikut ini.

New York Cheesecake

Cheesecake
Source: simplygluten-free

Dari semua jenis cheesecake yang ada, hidangan penutup bergaya New York menjadi salah satu kue favorit yang paling populer. Kue satu ini memiliki tekstur yang halus, lembut, dan kaya akan krim. Tidak heran banyak orang yang menyukainya.

Umumnya, untuk membuat kue satu ini Anda membutuhkan beberapa bahan utama utama, seperti gula, biskuit, dan mentega untuk membuat bagian dasar.

Sementara itu, sebagai isi dari kue ini, Anda memerlukan gula, kuning telur, krim keju, krim kental atau krim asam, dan telur utuh. Nah, bila ingin memberikan rasa segar, Anda bisa menambahkan sedikit lemon di dalam adonannya. 

Agar dapat menghasilkan New York Cheesecake yang lembut dan nikmat, Anda harus memanggangnya pada suhu tinggi sekitar 140 derajat selama 45 menit atau sampai matang.

Setelah matang, diamkan kue tersebut selama beberapa menit agar bagian dalam kue tetap lembut.

Philadelphia Style Cheesecake

Philadelphia Style Cheesecake

Kue satu ini memiliki nama lain “Philly Cheesecake” dan sudah ada sejak zaman Yunani kuno. Kemudian, pada abad pertengahan, kue ini mulai populer di Inggris dan Amerika.

Makanan penutup satu ini memiliki tekstur yang super ringan dan halus dibandingkan dengan New York Cheesecake.

Bahan utama untuk membuat Philly Cheesecake adalah krim keju dengan merk Philadelphia. Lalu, Anda perlu mengombinasikannya dengan mentega, biskuit, dan gula untuk membuat bagian dasarnya. 

Jadinya, kue ini terasa renyah pada bagian bawahnya dan gurih di atasnya. Kue keju ini bisa menjadi ‘teman’ yang nikmat saat Anda menyantapnya dengan teh pahit hangat.

Chicago Style Cheesecake

Chicago Style Cheesecake

Berbeda dengan dua jenis sebelumnya, cheesecake yang satu ini memiliki tekstur yang lebih fluffy, super lembut, moist, creamy, dan renyah pada bagian luar.

Baca Juga:   Resep Es Bunga Telang Lemon Madu, Segar dan Sehat!

Secara umum, bahan pembuatannya hampir sama dengan cheesecake lainnya, seperti krim keju, telur utuh, kuning telur, gula hingga krim asam.

Akan tetapi, untuk bagian luarnya dari kue ini, menggunakan perpaduan shortbread, yang dicampur dengan gula, mentega, garam, vanila, dan tepung serbaguna. 

Roman Style Cheesecake

Roman Style Cheesecake

Kue ini merupakan hidangan penutup bergaya Romawi yang resepnya ditemukan pada salah satu prosa De Agri Cultura karya Cato De Elder, seorang politisi Romawi, yang terkenal karena mencintai kehidupan pedesaan.

Kudapan dari keju ini memiliki nama lain “Savillum”.  Berbeda dengan varian sebelumnya, kue ini tidak memiliki kulit pada bagian bawah. Biasanya, kue ini memiliki isian yang terbuat dari madu, telur, tepung, dan keju ricotta.

Ciri khas lain dari makanan penutup ini adalah taburan ‘biji poppy’ atau kaskas, yang merupakan bahan utama dalam masakan Romawi.

Swedish Style Cheesecake

Swedish Style Cheesecake

Dari namanya pasti Ruppers tahu dong, kalau cheesecake ini berasal dari Swedia. Berbeda dari jenis cheescake lainnya, kue bergaya ala Swedia ini punya keunikannya tersendiri.   

Pasalnya, dessert yang memiliki rasa gurih ini, tidak punya lapisan, serta disajikan dengan whipped cream dan selai. Keunikan lainnya adalah keju rennet yang dicampurkan dengan susu bebas kasein, sebagai bahan utama dari kue ini.

Tenang saja, bila Anda sulit menemukan bahan susu bebas kasein,  Anda bisa menggunakan keju cottage untuk mendapatkan tekstur cheesecake yang sama.

Vegan Cheesecake

Cheesecake

Untuk para vegetarian yang tidak bisa mengonsumsi susu dan keju, Anda bisa mencoba vegan cheesecake. Umumnya, isi kue ini terbuat dari kacang mete yang sudah direndam dan kemudian dihancurkan bersama dengan santan.

Bahan alternatif lainnya dari pembuatan kudapan ini, yaitu tahu sutra yang menghasilkan tekstur lembut.

Anda bisa menambahkan sedikit jeruk untuk menambahkan kesegaran pada kue keju ini.  Sementara itu, untuk bagian kulitnya, Anda bisa menggunakan berbagai aneka biskuit dan kue yang bebas dari telur.

Japanese ‘Cotton’ Cheesecake

"Japanese

Sekilas, kue berwarna kuning ini terlihat seperti kue sponge. Tidak heran kalau banyak yang belum tahu kalau kudapan satu ini masuk dalam kategori cheesecake.

Dalam pembuatannya, kudapan yang terbuat dari putih telur ini, dikocok hingga kaku dan diaduk dengan teknik melipat.

Kue yang memiliki nama lain “Soufflé Cheesecake” di Jepang punya tekstur yang lembut dan ringan seperti kapas.

No-Bake Cheesecake

cheesecake

Buata Anda yang tidak memiliki oven di rumah, tenang, Anda tetap bisa membuat cheesecake. Seperti namanya, saat membuat jenis kue ini, Anda tidak perlu memanggangnya, tetapi Anda harus mendinginkannya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Baca Juga:   Resep Korean Strawberry Milk, Kesukaan Anak Muda Korea

Biasanya, kue ini memiliki tekstur lembut pada bagian tengah dan renyah pada bagian atasnya. Bahan utama dalam membuat kue ini adalah keju krim dan gelatin. Nah, agar terasa lebih lembut, Anda juga bisa mencampurkan susu kental dengan krim kocok.

Ricotta Cheesecake

cheesecake

Sejak dulu, keju sudah menjadi bagian dari masakan Italia. Nah, untuk membuat Ricotta Cheesecake, Anda harus menggunakan keju ricotta sebagai bahan dasarnya.

Kue yang memiliki nama lain “Pai Ricotta” ini punya tekstur lebih kering dan padat. Inilah yang membuat banyak orang Italia mencampur keju ricotta dengan susu untuk menghasilkan tekstur yang lebih lembut.

Namun, hal penting dalam pembuatan kue ini adalah gunakan keju ricotta yang masih segar agar menghasilkan tekstur dan rasa yang sangat lezat.

Classic Cheesecake

Ini adalah salah satu jenis cheesecake klasik yang Anda temukan di seluruh belahan dunia. Biasanya, kue ini menggunakan bahan dasar keju yang lebih banyak dibandingkan dengan krim kental.

Namun, tenang saja, Anda bisa membuat kue ini dengan mudah. Apalagi, bila Anda sudah perlengkapan membuat kue di rumah. Cukup ikuti resepnya dengan baik dan Anda bisa membuat kue keju yang lezat. 

Savory Cheesecake

Cheessecake tidak harus selalu menonjol dengan rasa manis, seperti hidangan penutup ala Prancis satu ini, yang punya rasa gurih.

Biasanya, Savory Cheesecake terbuat dari bahan utama berupa keju mascarpone, keju chevre, dan cream Neufchatel, yang dicampur dengan telur, keju krim, bawang putih, bawang karamel, jinten, dan paprika.

Dalam proses pembuatannya, Anda membutuhkan oven agar dapat menghasilkan tekstur cheesecake yang mengembang dan renyah.

Meski dibuat tanpa kulit, kue satu ini punya cita rasa yang sama nikmatnya dengan cake keju lainnya.

Itu dia beberapa jenis cheescake yang bisa Anda coba buat di rumah. Jadi, mana yang paling menarik untuk Anda?

Namun, untuk membuatnya, pastikan Anda memiliki perlengkapan membuat kue yang tepat seperti loyang anti lengket, oven, dan wadah untuk mengaduk adonan.

Nah, Anda bisa menemukan semua peralatan masak dan bikin kue, serta perlengkapan rumah tangg lainnya, hanya melalui satu platform belanja Ruparupa.

Situs e-commerce satu ini menyediakan berbagai furnitur dan produk rumah tangga unggulan dari brand terpercaya, seperti ACE, Informa, dan masih banyak lagi.