6 Cara Mudah Menidurkan Bayi dengan Nyenyak

0
2686
cara menidurkan bayi
Sumber: Pexels.com

Pada umumnya, bayi yang baru lahir memiliki pola tidur yang tidak teratur karena mereka belum mengenal pagi dan malam. Inilah yang membuat bayi sering terbangun pada malam hari. Untuk itu, kita perlu mengajarkan pada mereka pola tidur yang tepat.

Lalu, bagaimana cara menidurkan bayi di malam hari? Kami sudah merangkum beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bayi bisa tidur lebih nyenyak dan tidak mudah terbangun di malam hari.

Ruparupa Banner

Tips Menidurkan Bayi dengan Efektif

bayi tidur
Sumber: Unsplash.com

Untuk menciptakan pola tidur bayi yang baik, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti berikut ini.

1. Ciptakan Suasana Tidur untuk Bayi

Menurut Givan, Direktur Sleep Disorders Center di Riley Hospital for Children, Indianapolis, Amerika Serikat, bayi bisa menyadari kapan waktu tidurnya melalui lingkungan sekitar. Oleh karena itu, kamu perlu menciptakan suasana yang mendukung untuk tidur bayi. 

Kamu bisa meredupkan lampu setidaknya 30 menit sebelum bayi tertidur. Selain itu, kurangi suara bising agar ia bisa lebih mudah tidur dengan cepat.

Cara ini dapat membantu bayi untuk mampu mengasosiasikan gelap dan terang dengan waktu bangun dan tidur. 

2. Biarkan Bayi untuk Menenangkan Diri

Jika bayi terbangun dari tidurnya di tengah malam, mereka tidak dapat mengenali lingkungan sekitar. Untuk itu, lebih baik membiarkan bayi terjaga dan tertidur dengan sendirinya, alih-alih menenangkannya.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Mainan Baby Alive untuk Anak Usia 3 Tahun

Konsultan Tidur Anak, Heather Turgeon, mengatakan bahwa pada usia 5 bulan sebagian besar bayi sudah dapat tertidur sendiri. Jadi, orang tua bisa melatih mereka untuk melakukan hal tersebut.

Kamu bisa menunggu reaksi anak terlebih dahulu, setelah terbangun. Kalau ia memang tidak dapat menenangkan diri sendiri, baru kamu boleh membantunya.

3. Hindari Memberi Makan Bayi

Hindari membiasakan memberi mereka makanana agar tertidur. Hal ini justru bisa membuat bayi beradaptasi dengan kebiasaan tersebut.

Kamu bisa membantunya untuk kembali tidur dengan membacakan cerita. Selain itu, menyalakan musik yang menenangkan juga bisa membantu bayi tertidur pulas.

4. Ikuti Waktu Tidur Bayi

bayi mengantuk
Sumber: Unsplash.com

Cara paling mudah untuk mengajarkan bayi tidur adalah dengan memberikan waktu tidur khusus. Jadi, bila memang sudah saatnya bayi tidur, ikutilah waktu tersebut. Kalau tidak, bayi akan bersemangat dan lebih sulit untuk tertidur.

Menurut Heather Turgeon, kadar melatonin pada bayi berumur sekitar 8 minggu sudah meningkat. Itu tandanya bayi sudah siap untuk tidur ketika matahari terbenam. 

Bayi yang mulai mengantuk cenderung lebih tenang dan terlihat bosan. Nah, kamu bisa membaringkannya di tempat tidur dan mulai menciptakan suasana tidur untuknya saat waktu itu tiba.

Baca Juga:   5 Manfaat Bermain Pasir untuk Tumbuh Kembang Anak

5. Letakkan Boneka Kecil untuk Teman Tidur

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengana meletakkan boneka kecil untuk teman tidur bayi. Namun, hindari memberikan boneka berukuran besar karena dapat membuat bayi sulit bernapas.

Pilihlah boneka dengan bahan aman dan berkualitas agar tidur bayi semakin nyenyak, seperti berikut ini.

plush doll
Wowwee Boneka Pinkfong Baby Shark Beanies Plush 61130 beli di Ruparupa.com
Boneka material fabric lembut berukuran kecil yang dapat dibawa kemana saja.

Beli di sini

boneka squeaker
Tikiri Mainan Squeaker Karet Beruang beli di Ruparupa.com
Boneka beruang dengan bahan karet aman untuk bayi guna membantu tumbuh kembangnya.

Beli di sini

6. Biasakan Tidur Siang

Tidur siang juga merupakan hal yang penting bagi bayi. Bayi yang tidak tidur siang cenderung mengalami kelelahan dan dapat meningkatkan hormon stres.

Hormon stres ini akan membuat bayi terbangun ketika ia memasuki fase light sleep. Oleh karena itu, kamu bisa membiasakan bayi untuk tidur siang di dalam boks bayi yang nyaman untuk menjaga kualitas tidur, seperti berikut ini.

boks bayi
Vivienne Tempat Tidur Bayi – Putih beli di Ruparupa.com
Boks bayi ini dirancang aman dan nyaman bagi bayi dengan rail yang dapat diturunkan.

Beli di sini

tempat tidur bayi
Viggo Deux Tempat Tidur Bayi – Putih beli di Ruparupa.com
Boks bayi dengan bahan berkaulitas dilengkapi rail dan desain yang minimalis.

Beli di sini

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui bagaimana cara menidurkan bayi dengan mudah. Untuk membantu bayi tidur lebih nyenyak, kamu bisa menggunakan produk-produk dari Toys Kingdom hanya di Ruparupa.com, lho.

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai mainan dan perlengkapan bayi, yang berkualitas untuk membantu orang tua dalam menunjang pertumbuhan bayi.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, belanja sekarang!