Cara memasang wallpaper di dinding adalah keterampilan yang terlihat lebih sulit dari yang sebenarnya. Kalian dapat menguasai langkah-langkahnya dengan alat yang tepat, dan beberapa latihan. Seperti kerajinan apapun, pemula mungkin membuat kesalahan, tetapi jika  memilih jenis kertas dan pola yang tepat, kalian dapat memperbaiki atau menghindari kesalahan.

wallpaper
sumber: wallpaperuse.com

Sebaiknya kalian menghindari kertas cetakan tangan yang mahal, yang dapat ternodai dengan satu sentuhan air, mudah robek, dan lipatan terlihat secara permanen. Sebaliknya, sederhanakan pekerjaan kalian dengan memilih salah satu dari banyak kertas berlapis vinil murah. Mereka bisa dicuci, jika kalian menaruh kelebihan lem, kalian bisa seka dengan spons basah. Mereka juga bisa memanjang, untuk membantu meluruskan jahitan atau membiarkan kalian kelupas dan memasang kembali strip yang kurang pas.

Bahan-Bahan Untuk Memasang Wallpaper

Hal-hal penting yang kalian perlukan untuk memasang wallpaper adalah:

Wallpaper

wallpaper dinding
Arthome Wallpaper Diy 8 Layer 50 Cm – Krem

Untuk memastikan kalian membeli cukup wallpaper, ukur lebar dan tinggi semua dinding, lalu gunakan kalkulator wallpaper (yang dapat kalian temukan online atau unduh sebagai aplikasi.) Cukup Google ‘Kalkulator Wallpaper’ untuk menemukan sejumlah opsi dari situs yang kredibel.

Lem Wallpaper

Kuas aplikasi wallpaper

Pilih satu dengan pegangan di tengah sehingga lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam bak pasta yang sudah jadi.

Alat pengukur garis tegak lurus

Pisau pemotong kertas dinding dan gunting.

Menggunakan pisau lebih mudah, tetapi gunting lebih baik untuk potongan wallpaper yang tidak akan terpotong karena basah akibat lem. Anda juga membutuhkan gunting untuk memotong kertas dari gulungan.

Pita pengukur

Pensil

Kain bersih

Meja wallpapering

Bagi kalian yang ingin memasang wallpaper sendiri, yuk simak cara memasang wallpaper dinding berikut ini!

Merapikan Dinding

Pertama, pastikan dindingnya rata. Kalian harus perbaiki benjolan dan lubang yang ada di dinding. Lepas semua paku, kait atau sekrup dengan tang. Isi lubang besar dengan filler dan amplas lubang sebelum mengaplikasikan wallpaper sehingga tidak menimbulkan tonjolan di bawah strip.

Lalu, pastikan semua dinding bersih dan kering serta bebas dari kotoran dan sarang laba-laba. Jika ada ‘area bermasalah’ seperti lembab, pastikan masalah ini selesai sebelum memasang wallpaper.

Mengukur Wallpaper Dinding

mengukur wallpaper dinding
sumber: wallpaperuse.com

Pilih area dinding yang ‘mudah’ (yang tidak memiliki saklar) untuk memulai. Jika memungkinkan, mulailah di area yang mungkin tidak terlalu terlihat setelah selesai (jika ada perabot tertutup di depannya, misalnya). Dengan cara ini, jika satu atau dua strip wallpaper pertama mengalami beberapa kesalahan, tidak akan menjadi masalah.

Ukur panjang dinding yang perlu diberi kertas, kemudian tambahkan sekitar 20 cm sebagai pencegahan (di bagian atas dan bawah untuk memperhitungkan dinding yang miring atau pengukuran yang tidak tepat). Buka gulungan kertas di atas meja tempel, lalu gunakan pita pengukur dan pensil, buat tanda di bagian belakang kertas tempat kertas perlu dipotong. Lipat kertas dan pastikan sejajar di tepinya, lalu potong strip pertama.

Memasang Bagian Wallpaper di Dinding

memasang wallpaper dinding
sumber: wallpaperuse.com

Sekarang setelah memiliki potongan pertama yang telah dipotong, inilah saatnya untuk menempelkannya ke dinding. Beri dinding lapisan lem yang banyak (letakkan gulungan di dinding terlebih dahulu dan tandai seberapa jauh dinding yang perlu ditempel), lalu tempelkan selembar kertas kecil di sudut atas agar mudah dipasang terlebih dahulu.

Oleskan strip ke bagian atas dinding, lalu ratakan perlahan ke dinding dengan sapuan lembut menggunakan kain bersih. Ratakan dari tengah kertas ke tepi. Ingatlah untuk meratakan dengan lembut agar kertas tidak kusut. Setelah sudah terpasang dengan baik, gunakan kain untuk menghaluskan tepinya.

Lalu, gunakan kain untuk mendorong kertas sejauh mungkin masuk ke celah tempat kertas bertemu dengan langit-langit dan pinggiran, sehingga akan terbentuk garis tipis sebagai tanda di mana kalian akan memotong sisa kertas wallpaper lebih.

Memasang Wallpaper di Sudut Dinding

Trik dengan sudut adalah pertama-tama fokus pada dinding dahulu, kemudian fokus pada memindahkan bagian kedua dari kertas ke dinding berikutnya. Temui tepi dan pola seperti sebelumnya, lalu usap kain Anda dengan lembut ke sudut. Jangan terlalu menekan bagian atas dan bawah sudut agar kertas tidak kusut.

Setelah kertas memenuhi sudut, letakkan kertas di dinding kedua dengan hati-hati. Dengan menggunakan gunting, potong kertas di bagian atas sudut yang bertemu dengan langit-langit. Ini akan membantu kalian melipat kertas ke dinding kedua.

Buat potongan lagi di bagian bawah strip tempat kertas bertemu di sudut di pinggir, kemudian fokuskan untuk menghaluskan kertas ke dinding dari sudut ke arah luar ke tepi. Pastikan kertas tidak terlepas dari setrip sebelumnya. Jika demikian, angkat dengan hati-hati, pasang kembali, lalu ratakan kembali ke dinding.

Memasang Wallpaper di Area Dinding yang Sulit

memasang wallpaper di dinding yang sulit
sumber: wallpaperuse.com

Menempelkan wallpaper pada bagian dinding yang terdapat saklar dan soket lampu tidak semudah itu. Gantung wallpaper seperti sebelumnya, tetapi jangan merapikan strip terlalu banyak. Rasakan di mana soket atau sakelar berada di bawah kertas, lalu buat lubang kecil dengan gunting. Potong kertas dengan hati-hati, gerakkan dari bagian tengah soket ke arah tepi, sampai kalian dapat menekannya ke dinding dan soket atau saklar terbuka sepenuhnya.

Dengan menggunakan kain, ratakan kertas dengan lembut di sekitar tepi soket/saklar, kemudian buat potongan terakhir dengan gunting. Ratakan sisa strip ke bawah ke arah saklar/soket.

Itulah cara-cara memasang wallpaper di dinding. Kalian bisa menemukan berbagai macam wallpaper berkualitas di Ruparupa. Yuk segera beli sebelum kehabisan!