4 Hal Penting Memilih Wallpaper Dinding Kamar Tidur

0
1024
Sumber: Ruparupa.com

Bosan dengan dinding kamar tidur yang terlalu polos? Bila ya, kamu bisa memasang wallpaper agar terlihat lebih menawan. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih wallpaper kamar tidur.

Apalagi, fungsi wallpaper kamar tidur adalah untuk membuat ruangan terlihat lebih cantik dan rapi. Selain itu, wallpaper juga bisa menutupi area dinding yang berantakan, seperti cat dinding yang mengelupas.

Ruparupa Banner

Bagaimana Cara Memilih Wallpaper Kamar Tidur?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memasang wallpaper kamar tidur. Cek berikut ini, yuk.

1. Pilih Warna Sesuai Mood Ruangan

Pertama-tama, tentukan terlebih dahulu suasana apa yang ingin kamu hadirkan ke kamar, apakah hangat, modern, atau ingin menciptakan kesan alami.

Bila ingin membuat kamar tidur tampak lebih besar dan langit-langit jadi terlihat tinggi, pilih wallpaper dengan dominasi warna terang, seperti hijau muda atau biru muda.

Namun, bila kamu ingin menciptakan suasana kamar yang menenangan, kamu bisa memilih wallpaper dengan warna biru langit, merah muda, dan warna lembut lainnya.

Sementara itu, untuk menciptakan warna kamar yang hangat, pilih wallpaper bernuansa warna merah, oranye, atau kuning.

Nah, berikut ini rekomendasi wallpaper warna pastel, yang bisa membuat kamar tidur terasa lebih nyaman.

cara memilih wallpaper
Arthome Wallpaper Diy 8 Layer 50 Cm – Pink

Beli di sini

2. Pilih Desain yang Tepat

Desain wallpaper wajib dibuat serasi dengan gaya ruangan agar terlihat menyatu. Misalnya, untuk menciptakan ruangan yang formal dan serius, pilih wallpaper dengan desain damask atau klasik.

Baca Juga:   10 Ide Desain Wallpaper Ruang Tamu Kekinian

Namun, jika kamu mau kamar terasa lebih santai, gunakan wallpaper dengan motif bunga atau daun, yang bisa kamu kombinasikan dengan terkstur.

Nah, kalau mau menciptakan kamar yang tampak modern, gunakan pola geometris sederhana atau absrak dengan warna monokrom, seperti putih, abu-abu, atau hitam. Hal tersebut akan membuat kamar terlihat futuristik.

Berikut ini rekomendasi wallpaper 3D dengan warna monokrom yang bisa membuat kamar terlihat lebih mewah.

cara memilih wallpaper
Arthome Wallpaper 3d Soft Leather Matrix – Putih

Beli di sini

3. Pilih Pola yang tepat

Pemilihan pola wallpaper juga menjadi pertimbangan yang penting. Kamu bisa memilih ukuran pola wallpaper sesuai dengan luas ruangan.

Misalnya, untuk ruangan sempit, kamu bisa menggunakan wallpaper berpola besar agar terlihat lebih dramatis.

Sementara itu, pola wallpaper kecil di ruangan besar bisa menciptakan visual yang bagus dan unik. Tipsnya, gunakan wallpaper yang bisa menonjolkan warna dan tekstur yang mencolok.

cara memilih wallpaper
Arthome Wallpaper 3d Soft Leather Channel 60x60x1 Cm – Bronze

Beli di sini

4. Ketahui Jumlah Roll Wallpaper

Tips berikutnya adalah kita harus mengetahui berapa roll wallpaper yang dibutuhkan. Biasanya, bila kamu mengunjungi toko wallpaper, mereka akan menjadwalkan pengukuran tukang ke rumah kamu.

Namun, kamu juga bisa menghitungnya sendiri di rumah dengan cara seperti berikut ini.

  • Hitung luas dinding satu ruangan

Cara menghitung luas dinding satu ruangan adalah dengan rumus keliling ruangan x tinggi ruangan, lalu dikurang luas bidang jendela atau pintu.

Untuk itu, kitaperlu mengukur tinggi dinding dari lantai hingga ke langit-langit, serta panjang dinding secara horizontal. Jadinya, kita pun bisa lebih mudah mengetahui berapa gulungan wallpaper yang dibutuhkan.

  • Hitung luas plafon

Kalau kamu mau memasang wallpaper di langit-langit, maka kamu bisa mengukur panjang dan lebar lantai, lalu kalikan hasilnya.

  • Hitung Gulungan Wallpaper

Nah, setelah mengetahui luas ruangan dan luas plafon rumah, langkah berikutnya adalah menghitung luas gulungan wallpaper. Biasanya, ukuran wallpaper dinding memiliki panjang berkisar 5 meter, 10 meter, dan 17,5 meter.

Baca Juga:   24 Wallpaper Ruang Makan Impian

Untuk mengetahui jumlah gulungan wallpaper yang kamu perlukan, cukup menggunakan rumus dengan membagi luas dinding dan luas lembaran wallpaper.

Contohnya, untuk ruangan dengan luas 3 x 3 meter, wallpaper yang digunakan berukuran 0,5 meter x 10 meter.

Rumus pertama yang kamu gunakan adalah menghitung luas dinding terlebih dahulu, sebagai berikut panjang ditambah lebar dinding dikali 2 lalu dikali tinggi atau ((panjang + lebar dinding)x2) x tinggi.

Bila dimasukkan ke dalam rumus tersebut, hasilnya adalah 36 meter persegi.  Lalu, hitung rumus kebutuhan gulungan wallpaper, yaitu luas bidang dinding dibagi dengan luas bidang 1 roll.

Bila luas bidang 1 roll wallpaper adalah 5 meter persegi, maka kita cukup masukkan rumus 36 meter persegi dibagi 5 meter persegi. Hasilnya adalah 7,2, maka kita membutuhkan sekitar 8 roll wallpaper.

Itu dia cara memilih wallpaper kamar yang perlu kamu ketahui. Bila kamu sedang mencari wallpaper elegan, unik dan berkualitas, maka kamu bisa segera mengunjungi  Ruparupa.com.

Situs belanja online ini menyediakan berbagai kebutuhan dan perabot rumah tangga lain dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.