19 Warna Warna Pastel yang Bikin Ruangan Gemas

0
19390

Warna warna pastel hadir memberikan kesan yang nyaman dan lembut termasuk dalam desain interior. Setiap palet warna memiliki arti psikologis yang berbeda, sehingga Ruppers harus menyesuaikan penggunaannya dengan ruang yang tepat.

Apa itu warna pastel ?

Secara umum definisi warna pastel adalah skema palet muda, polos, juga cerah, namun tetap lembut saat dipandang mata.

Selain itu merupakan perpaduan dari dua jenis palet seperti pink, biru, hijau dengan warna dasar putih yang netral dan sudah ada sejak era Renaisans, namun penggunaanya mulai berkembang pesat pada abad ke-18. Saat ini keberadaannya telah menjadi populer dari waktu ke waktu.

Warna Warna Pastel Untuk Ruangan

Dapatkan semua furniture menggemaskan ini hanya di Ruparupa

Dari ragam skema yang ada, kali ini kami akan memberikan lebih banyak informasi tentang warna warna yang cocok untuk ruangan.

Pink Pastel

Warna Pastel pink
Source: Pixabay

Arti Warna: Melambangkan asmara, Pertemanan, Memberi, dan Kepedulian

Efek Psikologi: warna yang memberikan energi positif serta mengisyaratkan kehangatan dan kenyamanan. Karena alasan inilah, penggunaanya sebagai cat dinding mampu memberikan suasana yang menenangkan pada syaraf otak manusia dan biasanya warna pink pastel populer sebagai warna ruang tidur kaum hawa.

Hijau Muda

hijau muda
Source: Pixabay

Arti Warna: Kehidupan, Alam dan Energi

Efek Psikologi: Untuk menciptakan suasana yang seimbang warna peach menjadi pilihan yang sangat tepat, terutama untuk mengembalikan energi bagi Ruppers yang merasa lelah atau dalam tekanan.

Lebih dari itu warna hijau pastel memberikan kesan fresh pada ruangan setiap saat, sehingga sangat serasi sebagai cat dinding untuk kamar, ruang keluarga, hingga dapur.

Coklat Muda

Warna Coklat
Source: Pixabay

Arti Warna: Ketahanan, Ketergantungan, Keselamatan

Efek Psikologis: Skema ini menimbulkan perasaan senang, aman dan stabilitas bagi ruangan. Serta dapat memberikan suasana yang hangat dan lebih intim.

Pilihan warna coklat juga melambangkan sesuatu yang gelap seperti kopi, kue dan makanan manis; merupakan sentuhan yang tepat untuk area kerja, kamar tidur, hingga ruang tamu.

Biru Langit

Warna Biru muda
Source: Pixabay

Arti Warna: Kebijaksanaan, Ketenangan, Kesehatan dan Inspirasi

Efek Psikologis: selain memberikan ketenangan pada area ruangan, skema ini mampu membuat tekanan darah menjadi normal. Sangat cantik jika berpadu dengan furniture dengan skema hangat, dan cocok untuk area kamar tidur maupun kamar mandi.

Kuning Cerah

Kuning cerah
Source: Pixabay

Arti Warna: Optimisme, Kebahagiaan, dan Persahabatan

Efek Psikologis: Secerah mentari pagi begitu juga dengan sentuhan warna kuning pastel, yang mampu memberikan keceriaan. Namun jangan menggunakannya sebagai warna primer ya! Campurkan palet lainnya yang bersifat netral seperti warna putih, untuk menghindari timbulnya emosi negatif. Cocok untuk dapur, kamar mandi, maupun ruang makan.

Rosy brown

Rosy brown
Source: Interior design ideas

Arti Warna: kebaikan, anggun, kemanan, penyembuhan, stabilitas

Efek Psikologis: Menjadi salah satu palet yang memberikan kehangatan serta dapat memengaruhi pikiran dan tubuh, sehingga memberikan efek yang stabil, sehat serta mampu memberi kedamaian.

Ungu

Warna ungu
Source: Flickr

Arti Warna: Misterius, Kreative, Kekayaan

Efek Psikologis: Jika menyukai sesuatu yang mewah dan menarik mata, maka warna ungu adalah pilihan yang tepat. Mampu memberikan efek tenang dan rileks seperti biru. Selain itu skema warna ini mampu memberikan kesan romantis serta dramatis, yang cocok untuk kamar tidur.

Orange

warna orange
Source: Infroma

Arti Warna: Kehangatan, Antusias, Kreativitas, Determinasi, Keseimbangan

Efek Psikologis: warna cerah ini membawa semangat, dan membantu menyalurkan emosi secara positif saat melakukan aktivitas.

Saat menerapkannya pada dinding, kombinasikan dengan warna netral. Penggunaannya cocok untuk ruang olahraga dan bukan merupakan warna primer.

Beige

Warna Beige
Source: Pixabay

Arti Warna: Konservativ, Fleksibel, Tenang dan Netral

Efek Psikologis: Memberikan suasana tenang dan rileks khususnya untuk ruangan kerja, kamar hingga area lainnya secara umum. Beige tergolong sebagai warna netral dan menjadi salah satu skema primer.

Turkish

Warna Biru
Source: Pixabay

Arti Warna: Menyegarkan, Feminim, Sophisticated, Wisdom, Kreativitas.

Efek Psikologis: Memiliki nama lain aquamarine, serta merupakan kombinasi warna pastel biru dan hijau yang memberikan kesan cool hingga menenangkan.

Palet yang mampu memberikan suasana yang santai dan kesan berkelas khususnya pada ruangan kerja dan ruang tamu,serta menjauhkan seseorang dari energi negatif.

Peach

Warna peach
Source: MagicBricks

Arti Warna: Modis, Kejujuran, Polos dan Kehangatan.

Efek Psikologis: Jika Ruppers merasa sedih maka palet manis ini dapat mengembalikan keceriaan, semangat, ketenangan dan optimisme. Untuk hasil terbaik gunakan warna ini untuk kamar tidur, maupun ruang santai.

Hijau Sage 

green sage
Source: real home

Arti warna: keamanan, kesegaran, ambisi dan lingkungan

Efek Psikologis: warna yang kembali populer pada dunia interior belakangan ini adalah sage green. Jenis palet ini memiliki efek psikologis yang positif seperti memunculkan perasaan bebas seperti di alam, menghadirkan ketenangan dan menjaga kesehatan mental

Khaki

Warna  khaki

Arti Warna: Realistis, Pragmatic, Konvensional, Konservative.

Efek Psikologis: warna netral yang menciptakan suasana rileks, hangat terutama jika diaplikasikan pada ruang santai atau kamar tidur. Khaki cocok untuk Ruppers yang menyukai warna kalem yang menenangkan dan seimbang.

Hijau 

Warna hijau

Arti Warna: energi yang meluap, alam, warna kehidupam, harmoni dan kesuburan.

Efek Psikologis

Salah satu warna terbaik yang berdampak baik pada psikologi manusia. Pasalnya dapat memberikan efek yang menenangkan, rileks, meredakan stress hingga memotivasi semangat seseorang lebih baik.

Mint

Warna pastel Mint
Source: Peased.Onrender

Arti Warna: Tenang, Segar, Keseimbangan

Efek Psikologis: Perpaduan warna biru dan hijau, yang mampu menciptakan suasana tenang hingga menyeimbangkan emosi. Untuk penggunaannya sangat baik untuk kamar mandi dan dapur.

Salem

warna salem

Arti Warna: Ceria, tenang, jiwa petualang

Efek Psikologis: Sangat erat berkaitan dengan kelembutan, manis, dan memberikan ketenangan. Selain itu juga memberikan dampak positif pada mood yang akan memberikan rasa tenang. 

Warna Merah

Warna pastel merah muda
Source: Pixabay

Arti Warna: Berani, Energetik, dan Meningkatkan adrenalin.

Efek Psikologis: Skema warna yang mampu menghadirkan kebersamaan, kehangatan hingga percakapan yang intens. Warna yang ideal untuk ruang makan atau keluarga.Namun hindari menerapkan pada kamar tidur karena dapat membuat detak jantung lebih tinggi.

Abu-Abu

Warna pastel abu-abu
Source: Willow.style

Arti Warna: Netral, Seimbang, Dingin

Efek Psikologis: Jangan khawatir ruangan akan terkesan kusam karena menggunakan abu-abu. Alasannya adalah karena kamu dapat mengkombinasikannya dengan warna cerah seperti merah muda, kuning, maupun putih. Palet yang sangat cantik untuk ruang kerja, dan ruang tamu.

Warna salem

Warna pastel salem

Arti Warna: Ekspresif, Persahabatan, Kasih Sayang, Individualitas.

Efek Psikologis: Palet yang dapat meningkatkan kesan percaya diri, dan hampir serupa dengan oranye atau merah muda yang lebih cerah, naman tetap terkesan lembut. Menjadi warna yang memberikan harapan, hingga kebahagiaan.

Kombinasi Warna Pastel 

Dengan memadukan berbagai palet, Ruppers bisa mendapatkan hasil ruangan yang ciamik.

Laci Pink

Terbuat dari bahan metal berkualitas sehingga dapat berfungsi untuk waktu yang lama, tempat penyimpanan dua tingkat ini memiliki handel ergonomis dengan kisaran harga 700.000 ribu rupiah

Kabinet Hijau Mint

Memiliki banyak ruang yang terbagi dalam sekat sehingga memudahkan untuk menyimpan barang-barang, produk yang terbuat dari metal dan dilapisi coating berkualitas hadir di Ruparupa dengan desain modern dan warna yang lucu.

Kursi Kuning Macaron

Duh, lihat warnanya gemas banget ya Ruppers! Kursi dengan desain modern yang dapat diatur ketinggiannya, serta dilengkapi dengan roda sehingga mudah untuk dipindahkan ke area manapun. Mau punya sekarang? langsung aja ke Ruparupa

Lampu Meja

Pasti Ruppers bingung ya sama benda yang satu ini; terlihat seperti dekorasi tapi ternyata juga bisa menjadi penerang. Lampu lucu yang satu ini dihargai dari 300.000 ribu rupiah hingga 500.000 ribu rupiah.

Sofa Bed

Memiliki dua fungsi sekaligus yaitu sofa dan tempat tidur. Perabotan ini cocok untuk hunian terbatas yang ingin mempunyai dekorasi rumah yang lucu tanpa memakan tempat.

Gimana Ruppers lucu-lucu kan furniture di atas? Kalau ingin mendapatkannya, segera kunjungi Ruparupa yang menyediakan aneka furniture berwarna pastel dan aneka hiasan dinding yang menggemaskan.

Ruparupa merupakan gabungan dari berbagai brand dari Kawan Lama Group seperti ACE, Informa, Toys Kingdom yang memberikan penawaran eksklusif bagi pengguna online. Jadi daftarkan dirimu sekarang dan jangan sampai ketinggalan promonya ya!