6 Cara Ampuh Mengusir Tokek Membandel di Rumah

0
11397
https://unsplash.com/photos/imyYqxSgu4Q

Sebagian orang beranggapan bahwa kehadiran tokek di rumah memang cukup mengerikan. Apalagi, suara nyaringnya yang terkadang mengganggu konsentrasi. Lantas, bagaimana cara ampuh untuk mengusir tokek membandel di rumah?

Cara Jitu Mengusir Tokek di Rumah

Binatang melata yang satu ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada cicak. Belum lagi terkadang kotoran hewan yang mengotori area sudut rumah.

Ruparupa Banner

Meskipun terkadang kemunculan tokek sangat membantu untuk memangsa serangga dan laba-laba, tetapi tetap saja hama ini akan mengganggu area rumah.

Oleh karena itu, simak beberapa langkah untuk menyingkirkan tokek dari rumah berikut ini.

1. Gunakan ampas kopi

Selain terkenal sebagai penghilang rasa kantuk, ternyata kafein yang terdapat di dalam ampas kopi juga bisa bermanfaat sebagai pengusir tokek, loh.

Jadi, daripada ampas kopi terbuang begitu saja, lebih baik kamu membuat bulatan-bulatan kecil dan letakkan pada area sarang tokek.

Kamu juga bisa menambahkan campuran bubuk tembakau. Ketika tokek memakan gumpalan bola tersebut, dia bisa langsung mati.

Sumber: unsplash.com/@anastasiaeremina

2. Bawang

Bumbu dapur serbaguna ini rupanya sangat tidak disukai oleh tokek, loh. Layaknya manusia, aroma pada bawang bisa membuat mata terasa panas dan perih. Begitu pula pada tokek, aromanya yang menyengat akan membantu mengusir tokek dari hunianmu.

Caranya cukup mudah, kamu cukup mengiris bawang secara halus dan menaruhnya di area sarang tokek .Cara lainnya, kamu bisa membuat larutan bawang dan simpan ke dalam botol semprot.

Baca Juga:   16 Cara Membasmi Semut yang Paling Ampuh

Ketika kamu melihat ada tokek yang melintas, maka kamu bisa segera menyemprotkan larutan bawang ini. Kamu bisa menggunakan jenis bawang apapun, baik bawang putih, merah, ataupun bombay. Namun, penggunaan bawang merah lebih direkomendasikan.

Sumber: pixabay.com

3. Kapur barus

Selanjutnya adalah dengan menggunakan kapur barus. Meskipun tidak bisa membunuh tokek secara langsung, tetapi aroma kapur barus telah terjamin ampuh untuk mengusir tokek dari area rumah.

Kamu cukup menempatkan kapur barus pada sudut ruangan rumah, seperti kulkas, kompor, kamar mandi, dan area yang sering dilalui tokek.

Selain itu, kamu juga bisa menghaluskan kapur barus hingga bertekstur bubuk. Kemudian, kamu oleskan pada area sekitaran dinding rumah agar tokek enggan untuk melintasinya.

4. Larutan lada dan merica

Hayo, siapa yang kalau masak suka bersin-bersin dan kepedasan setelah menghirup lada atau merica? Jika iya, hal tersebut juga bisa dirasakan oleh tokek, loh.

Cukup larutkan lada dan merica ke dalam sebotol air, lalu semprotkan pada area sudut ruangan dan tempat bersarangnya tokek.

Sumber: pixabay.com

5. Kulit jeruk

Khas aroma masam dan segar pada kulit jeruk akan membuat tokek segera pergi dari rumahmu.

Baca Juga:   10 Cara Mengusir Ular di Dalam dan Pekarangan Rumah

Tidak hanya untuk tokek, bahkan serangga lain,  seperti nyamuk dan lalat juga akan perlahan pergi.

Kamu juga bisa menggunakan minyak aromaterapi sebagai pengganti kulit jeruk, loh.

Sumber: unsplash.com/@okeykat

6. Cangkang kulit telur

Jangan sia-siakan cangkang kulit telur ayam di rumah. Kamu bisa fungsikan kembali untuk mengusir tokek membandel di rumah. Cukup tempatkan cangkang putih telur di sarang atau tempat yang sering mereka lalui.

Agar tidak menimbulkan bau amis, kamu cukup menggantinya setiap 2 hari sekali. Dengan begitu, rumah tetap bersih dan terhindar dari serangga.

Sumber: unsplash.com/@caroline attwood

Nah, itu dia enam cara ampuh mengusir tokek yang membandel dari hunian kalian. Mengusir tokek memang tidak semudah mengusir cicak biasa.  Apalagi, seekor tokek bisa menempat pada satu tempat hingga berbulan-bulan. Wah, jangan sampai hal ini terjadi!

Oleh karena itu, pastikan kamu selalu menjaga kebersihan rumah agat terhindar dari serangan binatang dan serangga.

Jika mulai ada indikasi kehadiran serangga, seperti nyamuk, semut, lalat, hingga kecoak, maka sebaiknya segera kamu basmi dengan obat pembasmi serangga khusus. Dengan begitu akan membantu meminimalisir kehadiran binatang pemburu serangga tersebut.

Berikut rekomendasi obat pembasmi serangga ala Ruparupa.com.

Basmi semut dan serangga membandel lainnya hingga ke sarangnya dengan bantuan Conant pembasmi semut

Beli di sini

Tuntaskan nyamuk membandel dengan Bagus Maxi Mat. Tanpa bau !

Beli di sini

Gunakan Quickbayt untuk membasmi lalat di rumah kamu!

Beli di sini