6 Manfaat Kapur Barus yang Jarang Diketahui

0
2535
manfaat kapur barus
Sumber : pinterest.com

Kapur barus atau yang lebih dikenal dengan kamper ini merupakan benda padat berupa lilin berwarna putih yang sedikit transparan. Selain bisa menghilangkan bau, ternyata ada manfaat kapur barus lainnya yang jarang kita ketahui, loh.

Promo Furnifest

Benda padat yang memiliki ciri khas aroma kuat dan menyengat ini bisa kita gunakan untuk berbagai macam hal, mulai dari mengharumkan ruangan, mengusir serangga, serta mencegah jamuran pada lemari pakaian.

Fungsi Kamper di Rumah

Benda kecil berwarna putih yang terbuat dari jenis pohon laurel kamper (Cinnamomun Camphora), pohon besar yang banyak ditemukan di Asia, terutama Sumatra, Kalimanta, dan Taiwan ini, biasanya digunakan sebgai wewangian.

Tidak hanya itu, ada beberapa fungsi lain dari kapur barus, yang sangat bermanfaat buat di rumah. Apa saja itu?

1. Mengharumkan Kamar Mandi

Manfaat paling umum dari kapur barus adalah untuk mengharumkan ruangan, terutama kamar mandi atau WC.

Apalagi, ruangan satu ini merupakan tempat paling rawan untuk mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Nah, bila kamu meletakkan kamper di sudut kamar mandi, maka bisa menyerap bau tidak sedap tersebut.

Baca Juga:   5 Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap Dalam Mobil

Bagi kamu yang memiliki indra penciuman yang sensitif, kamu bisa memiliki kamper dengan wewangian yang lebih alami, seperti wangi mint atau lavender.

mengarumkan kamar mandi
Sumber : sedotwcprobolinggo.net

2. Mengurangi kelembaban lemari

Kamper juga bisa membatnu mengurangi kelembapan di dalam lemari pakaian. Biasanya, kamper diletakkan di dalam lemari untuk menghalau udara lembab, yang bisa menyebabkan bau tidak sedap atau apek pada pakaian kita.

Selain itu, penggunaan kapur barus bisa mengurangi munculnya serangga atau kutu kecil yang bisa masuk ke dalam lemari dan menempel pada kain pakaian, terutama yang berbahan wol tebal.

lemari pakaian
Sumber : closetandstorageconcepts.com

3. Mengusir kecoa dan cecak

Kehadiran kecoa dan cecak juga sangat mengganggu di rumah. Nah, salah satu cara yang efektif untuk mengusir kedua hewan ini adalah menggunakan kapur barus.

Umumnya, serangga sangat tidak menyukai wewangian kuat seperti yang dikeluarkan oleh kamper. Jadinya, mereka cenderung menghindari daerah yang terpapar aroma ini.

Kamu bisa meletakkan dan menggantung kapur barus di area yang sering didatangi oleh kecoa dan cicak.

4. Menghilangkan bau sepatu

Kapur barus juga ampuh untuk menghilangkan bau pada sepatu. Caranya dengan memasukkan kapur barus pada kotak sepatu dan rak sepatu. Apalagi, kamper juga bisa menghilangkan kelembaban pada sepatu, yang menjadi penyebab bau tidak sedap.

menghilangkan bau sepatu
Sumber : blog.kliknclean.com

5. Menyingkirkan kutu kasur

Kamu bisa menghilangkan kutu kasur menggunakan kapur barus, loh. Biasanya, kutu merupakan makhluk kecil yang sulit kita temukan menggunakan mata telanjang. Apalagi, kutu bisa menyebabkan ruam pada kulit.

Baca Juga:   5 Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap Dalam Mobil

Cara menggunakan kapur barus untuk menyingkirkan kutu di kasur cukup mudah. Pertama, kamu hanya perlu menumbuknya menjadi butiran kecil, lalu campurkan dengan minyak tanah.

Setelah tercampur, kamu bisa mengoleskannya pada sela-sela Kasur. Cara ini mampu menyingkirkan kutu bahkan membunuh telur-telur kutu yang menempel. Cukup mudah, bukan?

6. Merawat halaman rumah dan tanaman

Kapur barus dipercaya mampu menghalangi datangnya ngengat dan hewan pengerat, seperti tikus dan serangga. Nah, kamu hanya perlu meletakkan butiran kapur barus di halaman rumah karena hewan ini membenci aroma menyengat.

Selain itu, serangga juga tidak akan berani hinggap pada tanaman kesayangan kamu, jika terdapat aroma kamper.

halaman rumah
Sumber : pinterest.com

Walau kecil ternyata banyak manfaatnya, ya, bagi kehidupan. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan kamper di sudut rumah.

Nah, kamu bisa menemukan berbagai jenis dan bentuk kapur barus hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dari brand-brand terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Toys Kingdom, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi.

Kami juga punya beberapa rekomendasi produk kamper dan kapur barus, seperti di bawah ini.

kamper
Swallow 150 Gr Kamper Naphthalene – Temukan hanya di Ruparupa.com

Beli di sini

kamper pakaian
Sakura 160 Gr Kamper Gantung – Beli hanya di Ruparupa.com

Beli di sini