Apa perasaan Anda jika ada banyak lalat di rumah? Pasti akan sedikit terganggu, ya apalagi saat sedang makan. Memang, binatang yang satu ini kerap dibasmi karena juga berisiko dapat menyebarkan penyakit. Tapi jangan khawatir, lewat 10 cara mengusir lalat berikut ini, Anda dapat membasmi lalat dengan mudah. Yuk, simak artikel selengkapnya!

1. Menggunakan Plastik Berisi Air

kantung berisi air
Sumber : pexels.com

Cara yang pertama ini termasuk cara paling mudah karena Anda tinggal menyiapkan plastik dan air. Isilah plastik dengan air dan gantungkan pada tempat yang biasa dikerumuni lalat. Hal ini dapat dilakukan untuk mengelabui penglihatan dari lalat. Karena, dilansir dari liputan6.com, lalat memiliki 3000-6000 mata pada setiap bulatan matanya. Nah, plastik berisi air tersebut dapat membuat penglihatan lalat tidak fokus dan bisa membuatnya pergi, Ruppers! Anda bisa mempraktekkannya sebagai cara mengusir lalat di siang hari karena cara ini membutuhkan cahaya yang terang.

Promo hari ini

2. Cara Mengusir Lalat dengan Garam

cara mengusir lalat dengan garam
Sumber : pixabay.com

Selain dapat membuat makanan terasa lebih sedap, garam juga bisa Anda gunakan untuk mengusir lalat, lho. Caranya pun mudah. Anda bisa menaburkan garam pada area yang sering dihinggapi lalat. Misalnya seperti di sekitar tudung saji, tempat sampah, dan lain-lain.

3. Anda juga Bisa Menggunakan Cahaya Lilin

lilin

Tahukah Anda? Lalat ternyata juga tidak suka ruangan yang banyak asap. Maka dari itu, Anda bisa menyalakan lilin untuk mengusirnya. Tak heran, cara ini sudah sering dijadikan cara mengusir lalat di rumah makan. Anda pun juga bisa mempraktikkannya di rumah mulai sekarang.

4. Minyak Aromaterapi juga Efektif, Lho!

minyak aromaterapi

Lalat juga tidak suka dengan aroma wangi. Agar lebih praktis, Anda bisa menggunakan minyak aromaterapi untuk mengusir lalat. Jenis minyak yang tidak disukainya antara lain seperti lavender, cengkeh, peppermint, serai, dan basil. Caranya, isi botol semprot dengan air dan tambahkan minyak aromaterapi secukupnya. Semprotkan pada area yang sering didatangi lalat agar lalat pun pergi dan rumah Anda juga bebas dari bau tak sedap.

5. Cara Mengusir Lalat dengan Daun Pandan

cara mengusir lalat dengan daun pandan
Sumber : peakpx.com

Selain dapat digunakan untuk memasak, daun pandan juga dapat Anda gunakan sebagai sarana mengusir lalat. Karena ternyata, lalat juga tidak suka dengan aroma wangi yang dihasilkan daun pandan. Anda bisa mengiris daun pandan dan masukkannya pada wadah. Lalu tinggal ditempatkan pada area yang sering didatangi lalat, deh! Mudah, kan?

6. Bisa juga Menggunakan Timun

timun
Sumber : picserver.org

Timun juga tergolong ampuh untuk mengusir lalat. Potong-potonglah timun dan letakkan irisannya di tempat yang sering didatangi lalat. Anda bisa mempraktekkannya sebagai cara mengusir lalat di warung atau di dapur karena lalat tidak menyukai mentimun.

7. Gunakan juga Jahe

jahe
Sumber : unsplash.com

Selain minyak aromaterapi, Anda juga bisa memanfaatkan air jahe untuk disemprotkan agar dapat mengusir lalat. Caranya, campurkan satu sendok teh jahe bubuk dengan air dan pindahkan ke botol semprot. Lalu, semprotkanlah pada area yang sering didatangi lalat. Praktis sekali, ya?

8. Cara Mengusir Lalat dengan Bawang Putih

cara mengusir lalat dengan bawang putiih
Sumber : unsplash.com

Untuk menggunakan cara ini, Anda bisa mencampurkan bawang putih dengan kayu manis, bubuk cabai, dan air untuk dijadikan semprotan pengusir lalat. Haluskan ketiga bahan tersebut dan campurkan dengan air. Sebelum dituang ke botol semprot, pastikan Anda menyaringnya terlebih dahulu, ya.

9. Mulailah Beli Raket Setrum

raket nyamuk

Raket setrum ini juga dapat Anda gunakan untuk mengusir lalat selain untuk mengusir nyamuk. Karena, alat ini didukung oleh daya kejut listrik yang tinggi sehingga dapat membasmi lalat seketika. Sangat praktis untuk digunakan di rumah, nih.

10. Miliki juga Pembasmi Lalat

pembasmi lalat

Cara ampuh yang terakhir adalah dengan menggunakan pembasmi lalat, seperti pembasmi lalat dari QuickBayt ini, Ruppers. Pembasmi lalat ini merupakan insektisida racun perut berbentuk butiran halus berwarna putih kecoklatan yang digunakan untuk mengendalikan lalat Musca Domestica dengan cara peleburan.

Itu dia beberapa cara mengusir lalat dengan mudah, cepat, dan praktis. Dari kesepuluh cara tersebut, kira-kira yang mana yang akan Anda praktikkan? Tapi sebelumnya, yuk lengkapi dulu peralatan membasmi lalat dengan berbelanja di Ruparupa.com yang menjual berbagai produk berkualitas dengan promo-promo yang menarik!

Promo sepeda