Kamar mandi, bisa jadi area paling “menakutkan” atau paling menyenangkan di rumah, tergantung bagaimana Anda merawatnya. Akan jadi horor saat Anda membiarkan kamar mandi dipenuhi kerak. Satu-satunya cara untuk mengembalikannya menjadi area paling nyaman adalah dengan membersihkan kamar mandi Anda.

Kenakan sarung tangan lateks Anda dan mulailah membersihkan kamar mandi

Menghilangkan kerak di kamar mandi bisa dibilang susah-susah gampang, ada beberapa alat pembersih yang dapat Anda gunakan, seperti  spons, kain bekas, atau sikat, tergantung tingkat kesulitannya. Untuk celah sempit yang sulit dijangkau, Anda bisa manfaatkan sikat gigi bekas. Kawat pencuci piring juga bisa digunakan untuk mengangkat kerak membandel. cara membersihkan kamar mandi

Untuk cairan pembersih toilet paling ampuh, Anda bisa menggunakan pemutih, boraks, cuka, atau ammonia. Tidak perlu repot meramu itu semua karena cairan pembersih kamar mandi kini bisa Anda temukan dengan mudah. Jangan biarkan kondisi kerak sampai menahun sehingga tidak bisa dibersihkan dan Anda terpaksa harus mengganti keramik kamar mandi.

Kerak biasanya tumbuh di keramik kamar mandi serta celah-celahnya. Saat baru tumbuh, kerak di keramik dapat dengan mudah dibersihkan dengan menggosokkan spons kasar. Kerak di sela-sela keramik mungkin akan lebih sulit dibersihkan, mungkin Anda perlu menggunakan sikat kasar dan cairan pembersih. Sekali lagi, jangan biarkan kondisinya sampai menahun. Kerak yang mengendap dalam waktu lama akan lebih sulit dibersihkan.

Adalah hal yang wajar jika kerak “bermukim” di kamar mandi. Kerak dapat muncul dengan mudah dalam kondisi basah dan lembab. Air yang mengalir dari shower, keran, bathtub, atau wastafel menciptakan area basah yang akan meninggalkan kerak jika tidak cepat dikeringkan. Membersihkan kamar mandi bukanlah hal sulit jika dilakukan secara berkala dan dengan cara yang tepat.

Bagaimana meminimalisir timbulnya kerak di kamar mandi?

1. Gunakan tipe kamar mandi kering

Pertimbangkan untuk memiliki kamar mandi kering karena air dan kondisi lembab akan mempercepat munculnya kerak.

2. Segera perbaiki kebocoran

Hindari bocor, baik di tembok kamar mandi, pipa air, keran, maupun pancuran. Segera perbaiki jika Anda menemukannya.

3. Pastikan sirkulasi udara baik

Ventilasi kamar mandi yang baik juga akan membantu mengurangi kelembaban penyebab kerak. Buka jendela di siang hari serta tutup saat hujan untuk mengurangi kelembaban jika kamar mandi Anda tidak menggunakan exhaust fan.

4. Jaga kebersihan

Jaga kebersihan dengan tidak membiarkan baju kotor basah terlalu lama berada di kamar mandi. Kelembabannya akan menyebar di udara. Bersihkan sisa sabun atau shampoo yang tercecer di pancuran, wastafel, ataupun lantai karena lama kelamaan bisa menyebabkan kerak.

5. Pastikan saluran air dalam kondisi lancar

Pastikan air mengalir lancar dengan tidak membiarkan lubang pembuangan air di kamar mandi Anda tersumbat.

6. Simpan peralatan mandi dengan baik

Simpan peralatan mandi seperti botol shampoo, sabun, atau perawatan tubuh lainnya di tempat yang kering. Gunakan rak gantung agar peralatan mandi jadi lebih bersih dan rapi. Jangan lupa untuk segera membuang botol-botol bekas pakai.

 

Selain dari ke enam cara di atas, jangan lupa untuk melakukan dua hal di bawah ini juga

1. Keringkan area mandi

Membersihkan permukaan basah seperti kaca, lantai, atau dinding kamar mandi secara manual menggunakan kain setelah mandi juga akan mengurangi kelembaban.

2. Bersihkan secara berkala

Yang terakhir dan yang paling penting adalah rutin membersihkan kamar mandi Anda.

Selamat Tinggal Kerak!

Nah coba cek kondisi kamar mandi Anda. Jika ada genangan air atau kotoran yang mulai muncul, segera bersihkan sebelum mengerak. Ayo temukan berbagai peralatan dan cairan pembersih kerak kamar mandi dan toilet agar kamar mandi jadi lebih bersih, rapi dan sehat!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here