Buat Sendiri Aromaterapimu

0
19579
Cara Membuat Aromaterapi

Anda tentunya tahu, salah satu manfaat dari aromaterapi adalah untuk mengubah suasana atau mood. Baik itu suasana hati maupun suasana di sebuah ruangan. Selain itu efek aromaterapi yang diberikan sangat berbeda-beda tergantung dari kandungan yang dimiliki. Saat ini sudah ada berbagai macam jenis dan bentuk aromaterapi banyak ditawarkan di pasaran. Sehingga Anda perlu bijak saat memilihnya.

Cari tahu berbagai jenis aromaterapi di sini.

Ruparupa Banner

Jika ada pepatah harga menentukan kualitas, mungkin memang benar adanya. pasalnya kalimat ini tepat digunakan saat Anda memilih aromaterapi. Karena Pilihlah aromaterapi yang berkualitas rendah justru bisa menyebabkan polusi udara di rumah Anda. Karena terbuat dari material berbahaya.

Tahukah Anda bahwa Anda bisa membuat sendiri aromaterapi dari bahan-bahan natural yang bisa Anda temui di rumah? Cara membuat aromaterapi pun sebenarnya mudah. Bagaimana cara pembuatannya? Mari kita lihat langkahnya satu persatu.

Ayo buat sendiri aromaterapimu.

1. Aroma citrus dan kayu manis

Bahan yang dibutuhkan antara lain kayu manis, cengkeh dan irisan jeruk citrus. Cara pembuatannya sangat mudah, siapkan panci dan isi dengan 700 ml air, lalu masukkan kayu manis, cengkeh dan irisan jeruk citrus. Masak air hingga mendidih, lalu kecilkan api. Biarkan beberapa saat  hingga aromanya memenuhi ruangan.

Baca Juga:   5 Jenis Aromaterapi dengan Beragam Manfaat

cara membuat aromaterapi di rumah2. Aroma apel dan kayu manis

Siapkan kayu manis dan apel hijau. Cara pembuatannya sama dengan aromaterapi kayu manis. Siapkan panci dan isi dengan 700 ml air, lalu masukkan kayu manis dan apel hijau yang telah dipotong-potong. Masak hingga mendidih, lalu kecilkan api. Biarkan mendidih hingga beberapa saat dan biarkan aroma apel dan kayu manis ini memenuhi ruangan. Jangan buang air rebusannya, karena setelah didinginkan, Anda bisa menyimpannya dalam botol spray dan disemprotkan pada ruangan saat dibutuhkan.

3. Aroma vanila

Untuk aroma vanila ini, Anda membutuhkan air perasan jeruk lemon, daun rosemary, vanila bubuk dan sebuah botol spray. Kali ini Anda tidak perlu merebus bahan-bahan tersebut. Isi botol spray dengan air bersih, lalu masukkan vanila bubuk, daun rosemary dan air perasan jeruk lemon. Lalu kocok hingga merata dan semprotkan ke ruangan. Manisnya vanila dan segarnya lemon mampu memberikan suasana yang menyenangkan.

Baca Juga:   Ini Dia 4 Jenis Aromaterapi Terbaik untuk Relaksasi di Rumah

4. Aroma lemon

Cara paling praktis untuk mendapatkan aroma lemon adalah dengan memanggangnya. Anda hanya membutuhkan dua buah lemon segar yang diiris tipis. Lalu tata dalam pinggan tahan panas, dan panggang dalam oven selama 1 jam. Setelah 1 jam, matikan oven, dan buka pintu oven. Aroma lemon yang menyegarkan akan menyeruak ke seluruh rumah. Anda juga bisa menyimpan lemon dalam mangkuk dan diletakkan di sudut ruangan.

Cara membuat aromaterapi Anda sendiri memang sederhana dan mudah.

Namun jika Anda tidak memiliki waktu untuk meracik beberapa bahannya, Anda bisa juga membeli aromaterapi berkualitas koleksi dari Ruparupa.com di sini. Lebih praktis dan berkualitas.

Selamat mencoba!