Begini Cara Menyikat Gigi Bayi yang Benar

0
218
Sumber: Unsplash.com

Biasanya, gigi bayi tumbuh pada usia 6-10 bulan. Meski masih sedikit, gigi bayi tetap harus dibersihkan secara rutin dengan cara menyikat area mulut atau gusinya.

Gigi bayi atau yang dikenal sebagai gigi susu berfungsi untuk melatih si kecil dalam mengunyah dan berbicara. Mesk nantinya gigi susu ini akan tanggal dan digantikan dengan gigi permanen, perawatan gigi dan gusi harus dilakukan sejak kecil.

Ruparupa Banner

Pertumbuhan gigi ini bisa juga memengaruhi bentuk wajah dan penampilan bayi saat ia semakin besar. Bila tidak dirawat dengan baik, maka gigi bisa membusuk dan akan mengangggu pertumbuhan gigi permanennya.

Namun, bagaimana cara menyikat gigi bayi yang benar?

Memang, pertumbuhan gigi bayi terjadi usia 6-8 bulan, yang biasanya dimulai dengan 2 gigi di sisi depan. Namun, sebelum gigi mereka tumbuh, kita tetap perlu membersihkan mulut si kecil secara rutin.

Berikut langkah menyikat gigi dan mulut bayi yang benar.

1. Posisikan bayi dengan menghadap ke atas

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah menggendong atau membaringkan  si kecil menghadap kita. Kamu bisa membaringkan bayi sampai kepalanya berada di pangkuan .Jadinya, kita bisa lebih mudah melihat area mulut si kecil dengan jelas.

Baca Juga:   6 Rekomendasi Sepeda Anak Terbaik Umur 1-5 Tahun

2. Buka bibir bayi secara lembut

Bila sudah, buka bibir bayi secara perlahan. Sebelum gigi si kecil tumbuh, kita bisa membersihkan bagian gusinya dengan kain kasa yang dilembapkan atau menggunakan washlap basah hangat.

Kamu juga bisa menggunakan karet lembut yang khusus digunakan untuk membersihkan mulut bayi.

3. Buat gerakan melingkar

Setelah itu, lakukan gerakan memutar atau membuat lingkatan di permukaan gigi bagian depan, bagian belakang, atas dan bawa, serta disepanjang garis gusi.

Itu dia cara membersihkan gigi bayi. Pastikan kamu menyikat gigi si kecil setelah mereka menyusuinya dan sebelum tidur.

Nah, ketika gigi bayi sudah mulai tumbuh, kamu bisa memberikan sikat gigi khusus bay,i yang memiliki ukuran kepala sikat lebih kecil dan memiliki bulu yang lembut. Jadinya, sikat gigi ini bisa membersihkan ke sudut dan celah kecil mulut si kecil.

Selama masa pertumbuhan gigi si kecil, kamu bisa merangsangnya dengan memberikan teether bayiseperti berikut ini.

cara menyikat gigi bayi
Edison Mama Teether Kamikami Baby Edamame

Beli di sini

 

cara menyikat gigi bayi
Playgro-teether In My Garden Nature Cpl156

Beli di sini

Lalu, Bagaimana Cara Agar Si Kecil Tidak Menangis Saat Sikat Gigi?

Kegiatan menggosok gigi mungkin bukan merupakan hal yang menyenagkan untuk si kecil. Mungkin, mereka akan menolak menyikat gigi.

Saat ini terjadi, kamu bisa mencoba menggunakan beberapa trik berikut.

1. Nyanyikan sebuah lagu

Biasanya, perhatian bayi akan teralihkan ketika kita menyanyikan lagu yang disukainya. Nah, saat menyikat gigi, kamu bisa semabri menyanyika lagu tersebut.

Baca Juga:   50 Nama Bayi Laki-laki Anti-Mainstream dan Artinya

Pilih lagu dengan kata-kata yang berkaitan dengan gigi dan memiliki nada yang ceria agar si kecil merasa senang.

2. Berikan mainan untuknya

Si kecil mungkin akan tertarik dengan sikat gigi atau sikat jari yang kamu gunakan untuk membersihkan giginya. Nah, kamu bisa membiarkannya memegang sikat tersebut.

Lama kelamaan dia akan merasa penasaran dan akhirnya akan mencoba memasukkan sikat ke dalam mulut. Setelah itu, dia akan tertarik untuk mencoba menggosoknya sendiri.

3. Tunjukkan cara menyikat Gigi

Anak kecil suka mencontoh dan menirukan kelakukan orang tuanya. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memberikan contoh yang benar dalam menyikat gigi.

Selain itu, balita cenderung suka melakukan hal sendiri. Barkan si kecil menikmati waktunya bermain dan mengeksplorasi sendiri bagian wajahnya.

Sumber: Unsplash.com

Itu dia tips agar si kecil mau menyikat giginya sendiri. Nah, kalau kamu sedang mencari sikat gigi terbaik untuk si kecil, kamu bisa mengunjungi Ruparupa.

Selain menjaga kesehatan dan kebersihan gigi, penting juga untuk menjaga kebersihan tubuh si kecil. Jadi, pastikan kamu memiliki perlengkapan mandi buat si kecil  seperti di bawah ini.

cara menyikat gigi bayi
Babyloo Bak Mandi Bayi Dengan Indikator Suhu – Pink

Beli di sini

cara menyikat gigi bayi
Babyloo Bak Mandi Bayi – Kuning

Beli di sini

Babyloo Topi Keramas Bayi – Pink

Beli di sini

Situs belanja online ini juga menyediakan beragam perlengkapan dan perabot rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Yuk, ajak si kecil mencoba #AwalYangBaru untuk membersihkan gigi dan mulutnya.