Apa Itu Oksigen Konsentrator serta Manfaatnya

0
4062
Sowell Oksigen Konsentrator 3 Ltr

Dengan meningkatnya pasien COVID-19, kebutuhan akan oksigen pun meningkat. Semakin banyak orang yang memerlukan tabung oksigen, namun jumlah yang tersedia tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk mengatasi masalah ini, oksigen konsentrator dapat menjadi alternatif bagi orang-orang yang kekurangan oksigen.

Promo Furnifest

Apa itu oksigen konsentrator?

Sowell Oksigen Konsentrator 3 Ltr 230va
Sowell Oksigen Konsentrator 3 Ltr 230va

Oksigen konsentrator adalah alat medis yang berfungsi untuk memberikan oksigen dengan orang yang memiliki gangguan pernapasan. Orang dengan kadar oksigen dalam darahnya di bawah batas normal biasanya membutuhkan alat ini.

Udara mengandung nitrogen sekitar 78 persen, 21 persen oksigen, dan 1 persen gas lain. Oksigen konsentrator mengambil udara ini dan menyaring nitrogen melalui saringan. Lalu alat ini melepaskan nitrogen kembali ke udara dan memastikan pemakainya menghirup udara yang mengandung oksigen murni.

Siapa saja yang membutuhkan konsentrator oksigen?

Saat kadar oksigen berada di bawah 94%, itu bisa menandakan adanya gangguan pernapasan. Kondisi ini biasanya memerlukan perawatan di rumah sakit. Namun, peningkatan kasus COVID-19 yang pesat serta keterbatasan pasokan oksigen menyebabkan akses perawatan medis menjadi terbatas.

Oksigen konsentator bisa membantu meningkatkan oksigen pada orang yang memiliki kadar saturasi antara 88-92 persen jika tidak bisa mengakses layanan rumah sakit. Jika kadar oksigen lebih rendah, maka orang tersebut memerlukan perawatan yang lebih intensif. Namun, jika kadar oksigen lebih tinggi, maka orang tersebut tidak memerlukan alat tersebut.

Baca Juga:   Berapa Batas Gula, Garam, dan Lemak yang Aman?

Manfaat dari oksigen konsentrator

Selain meningkatkan kadar oksigen dalam darah, ini beberapa manfaat lain dari oksigen konsentrator:

Membantu Anda beraktifitas lebih baik

Banyaknya penyakit yang berhubungan dengan pernapasan membuat orang menjadi tidak dapat beraktifitas dengan maksimal. Namun, alat ini dapat membantu Anda mampu berolahraga lebih lama dan mengurangi masalah pernapasan.

Meningkatkan kualitas tidur

Pada orang yang memiliki sleep apnea atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), kurangnya tidur sudah menjadi gejala umum. Pada saat tidur, kadar oksigen cenderung menurun sehingga orang dengan gangguan pernapasan sulit untuk tidur nyenyak. Oksigen konsentrator dapat meningkatkan kadar oksigen sehingga orang dapat tidur lebih nyenyak.

Meningkatkan mood

Manfaat lain dari alat ini adalah orang-orang menunjukkan kinerja yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, mereka juga lebih optimis serta memiliki memori dan kognisi yang lebih baik.

Stamina lebih saat olahraga

Bagi orang yang memiliki masalah pernapasan, mereka sering merasa sulit untuk berolahraga. Dengan konsentrator oksigen, mereka dapat berolahraga lebih lama sehingga membantu meningkatkan kesehatan.

Lebih cekatan

Penggunaan oksigen konsentrator dapat membuat Anda lebih responsif dan waspada terhadap kondisi tubuh sendiri. Misalnya, ketika Anda merasa pernafasan kurang lega saat bangun tidur atau di siang hari, penggunaan alat ini dapat membantu melegakan dan mengalirkan oksigen dalam tubuh.

Mengurangi risiko hipoksemia

Hipoksemia adalah kondisi kekurangan oksigen dalam darah. Pada umumnya, orang dengan hipoksemia akan mengalami sesak napas, gejala asma, dan sedikit kebiruan pada kulit. Meskipun kondisi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, penggunaan alat konsentrator secara konsisten bisa mengurangi efek samping yang berbahaya.

Baca Juga:   Begini Cara Membaca Hasil Pemeriksaan Tekanan Darah

Konsultasi dengan dokter

Sebelum membeli alat ini, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter. Tanpa anjuran dari dokter, kemungkinan Anda dapat bisa menghirup oksigen yang terlalu banyak atau terlalu sedikit. Terlalu banyak oksigen dapat menyebabkan keracunan. Meskipun udara terdiri dari 21 persen oksigen, menghirup oksigen dengan konsentrasi yang tinggi bisa merusak paru-paru. Namun, oksigen yang terlalu sedikit dapat menyebabkan hipoksia yang bisa merusak otak, jantung, dan organ lainnya.

Maka dari itu, periksalah ke dokter untuk mencari tahu apakah Anda membutuhkan alat ini. Dokter akan menentukan berapa jumlah oksigen yang harus Anda ambil dan jangka waktu pemakaiannya. Mereka juga akan menunjukkan cara menggunakan konsentrator yang benar saat sedang bepergian atau di rumah.

Berikut ini rekomendasi oksigen konsentrator terbaik untuk kamu.

Sowell Oksigen Konsentrator 3 Ltr 150va Src3-650
Sowell Oksigen Konsentrator 3 Ltr 150va Src3-650

Beli di sini

Sowell Oksigen Konsentrator 3 Ltr 230va Src3-651
Sowell Oksigen Konsentrator 3 Ltr 230va Src3-651

Beli di sini

Itulah penjelasan mengenai oksigen konsentrator beserta manfaatnya. Anda bisa mendapatkan oksigen konsentrator milik Sowell di Ruparupa. Alat ini memiliki fitur pressure swing adsorption yang dapat memberikan 0.5-5 liter udara bersih ke tubuh per menitnya. Istirahat Anda tidak akan terganggu karena alat ini tidak mengeluarkan suara yang terlalu bising.

Sowell juga menjual alat kesehatan berkualitas lainnya seperti oximeter, alat cek tekanan darah, dan termometer. Dapatkan produk-produk Sowell di Ruparupa sekarang juga!