9 Alasan Alat Cek Gula Darah Tidak Akurat

0
2577
Alat cek gula darah

Ada beberapa alasan mengapa glukometer atau alat cek gula darah tidak memberikan hasil yang akurat. Selain salah dalam menggunakannya, bisa juga karena produk yang tidak berkualitas.  Tidak hanya itu, ada beberapa faktor lainnya perlu menjadi perhatian ketika Anda menggunakan alat tes gula darah. Apa saja itu?

Kenapa alat cek gula darah tidak akurat?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu mengetahui terlebih dahulu alat cek gula darah atau glukometer yang kita gunakan. Pastikan kita menggunakan alat kesehatan tersebut sesuai dengan petunjuknya agar bisa mendapatkan hasil yang akurat.

Alat cek gula darah

Beli di sini

Selain memperhatikan alat tes gula darah yang Anda gunakan, ada beberapa penyebab lainnya yang bisa membuat hasil gula darah tidak akurat. Simak beberapa faktor berikut, seperti yang telah dilansir dari beberapa sumber.   

1Strip uji sudah rusak

Beli di sini

Kesalahan yang paling sering terjadi saat memeriksa gula darah dengan glukometer adalah menggunakan kertas yang sudah kedaluwarsa atau expired. Jadi, pastikan Anda mengecek tanggal kedaluwarsa strip uji ini sebelum menggunakannya. 

Selain itu, strip uji ini juga bisa rusak karena dibiarkan terbuka terlalu lama. Untuk itu, pastikan Anda selalu menyimpan strip uji alat tes gula darah dalam kondisi tertutup, serta menjauhkannya dari lembab dan panas. 

Baca Juga:   9 Makanan Tinggi Kolesterol yang Perlu Kamu Perhatikan

2Glukometer terkontaminasi kotoran dan alkohol

Saat menggunakan alat tes gula darah, pastikan tangan harus dalam keadaan bersih dan kering. Hal ini bertujuan untuk menghindari hasil yang tidak akurat, akibat alat terkontaminasi kotoran yang menempel pada jari. 

Selain itu, pastikan Anda juga membersihkan alat tes gula darah setelah Anda gunakan agar terbebas dari sisa-sisa alkohol dan kotoran lainnya.

3Menyimpan glukometer pada suhu yang terlalu ekstrem 

Ternyata, suhu yang terlalu tinggi atau rendah juga dapat mempengaruhi keakuratan glukometer dan strip uji yang Anda gunakan.

Jadi, pastikan Anda menyimpan peralatan kesehatan ini di dalam suhu ruang dan menjauhkannya dari udara yang terlalu lembap.

4Tidak menggunakan glukometer sesuai petunjuk

Setiap glukometer memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Misalnya, ada yang harus memasukkan kode, yang biasanya terdapat pada wadah strip uji, terlebih dahulu sebelum pengoperasian.

Bila Anda memakai alat seperti ini, maka Anda harus memasukkan yang sesuai dengan perangkat terlebih dahulu.

Hal yang paling penting adalah pastikan Anda memakai glukometer sesuai petunjuk yang telah tersedia agar hasilnya pun lebih akurat.

5Sampel darah terlalu sedikit

Saat melakukan tes gula darah dengan glukometer memang membutuhkan sedikit sampel darah, biasanya setetes darah sudah cukup.

Namun, pastikan Anda memasukan sampel darah pada strip uji sesuai petunjuk agar hasil yang didapatkan akurat. 

7Sumber sampel darah yang tidak tepat

Alat cek gula darah ini memang menggunakan jarum, yang ditusukkan pada jari. Namun, pastikan Anda mengambil sampel darah dari bagian ujung jari agar hasilnya lebih akurat.

Selain itu, hindari mengambil sampel darah dari jari yang sama berulang kali karena justru bisa membuat rasa sakit dan cedera. Lebih baik gunakan jari yang lain untuk mengecek kadar gula darah.

8Kurang minum 

Permasalahan lainnya yang sering menyebabkan angka pengecekan tidak tepat adalah kurang minum atau dehidrasi. Jadi, pastikan Anda mencukupi asupan air putih dan menghindari alkohol.

9Salah Memilih Produk

Alih-alih ingin berhemat, banyak orang memilih untuk membeli produk alat cek gula darah yang dibandrol dengan harga murah. Inilah yang membuat hasil dari tes yang kita lakukan bisa jadi tidak akurat.

Untuk itu, sebaiknya pilih alat tes kesehatan, termasuk glukometer, yang berkualitas dari merek terpercaya, seperti Sowell.

Produk kesehatan milik Sowell sudah mendapatkan izin edar dan punya banyak fitur unggulan dalam satu produk.

Anda bisa mendapatkan produk Sowell resmi dan bergaransi hanya melalui Ruparupa.com. Situs belanja satu ini menghadirkan berbagai produk kesehatan, peralatan rumah tangga, serta furnitur terbaik dari berbagai brand milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, dan masih banyak lagi.