Saat ini lebih banyak yang memanfaatkan teras belakang rumah atau backyard atau patio, untuk ditata sedemikian rupa. Mengapa teras belakang? Karena posisinya terletak di bagian belakang rumah, maka Anda tidak perlu khawatir dengan privacy dan keamanan Anda dan anggota keluarga. Meski demikian tak banyak dari kita yang memiliki areal yang cukup luas untuk menghadirkan teras impian yang nyaman. Berikut 5 tips untuk wujudkan teras impian di belakang rumah.

5 Tips wujudkan teras impian

1. Ukur lahan yang Anda miliki

Pastikan Anda mengetahui secara pasti bentuk dan ukuran teras Anda, agar penataannya dapat lebih maksimal. Jika Anda memiliki area yang cukup luas, Anda bisa membaginya menjadi lantai kering dan rumput, namun jika tidak, Anda bebas memilih ingin memiliki teras berumput atau teras dengan lantai keramik, dengan berbagai pertimbangan. Jika Anda memilih dengan alas rumput, berarti Anda harus siap dengan perawatannya.

Baca juga: #AskRuparupacom: Small Backyard Idea

tips wujudkan taman impian di rumah2. Tentukan teras terbuka atau tertutup

Kedua jenis teras ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, untuk itu Anda harus memperhatikan kebiasaan dan banyaknya waktu yang Anda miliki untuk melakukan perawatan pada teras. Teras terbuka akan memberi kesan lebih dekat dengan alam, namun pastikan Anda memiliki sistem pembuangan air yang memadai agar jika hujan turun, airnya akan segera mengalir keluar.

3. Pilih furnitur yang sesuai

Furnitur yang dimaksud adalah furnitur yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan ukurannya sesuai dengan area lahan. Ada baiknya jika Anda menggunakan furnitur yang memang di desain untuk digunakan pada luar ruang, agar lebih kokoh dan tahan lama meski diterpa panas matahari dan hujan. Anda bisa memilih furnitur dengan material kayu agar lebih natural, atau plastik aneka warna agar lebih segar dan berenergi, atau material aluminium untuk memberi kesan simple dan minimalis. Model furnitur harus disesuaikan dengan ukuran area lahan, agar teras Anda tampak cantik dan tidak terlalu penuh dengan model furnitur bulky. Jika memungkinkan, sisakan area kosong untuk bermain.

tips wujudkan taman impian di rumah4. Tambahkan tanaman hijau

Agar lebih sejuk dan menginspirasi, tambahkan tanaman hijauan. Anda tidak perlu menanam tanaman berukuran besar, namun Anda bisa menambahkan beberapa tanaman hias agar suasana jadi lebih hijau menenangkan. Jika area lahan sempit, Anda bisa membuat taman vertikal pada dinding, atau menambahkan tanaman sukulen bahkan tanaman artifisial. Jika Anda memilih untuk menggunakan tanaman hias, pastikan Anda mampu menyisihkan waktu untuk merapikan tanamannya ya.

5. Lampu

Lampu menjadi hal yang sangat penting untuk sebuah taman. Selain sebagai penerangan, lampu bisa memberikan efek dramatik pada sebuah taman. Mainkan lampu sesuai dengan kebutuhan, misalnya menambahkan lampu sorot kecil pada bagian bawah tanaman, atau bahkan lampu temaram di sepanjang atap rumah diatas taman. Dengan tambahan lampu pada taman, maka Anda bisa menikmati suasana santai bersama keluarga di taman pada malam hari.

Keberadaan taman di dalam rumah mampu menghadirkan suasana santai, serta memberikan kesempatan dan ruang untuk berkumpulnya semua anggota keluarga. Agar seluruh anggota keluarga bisa bermain, berinteraksi dan menghabiskan waktu berkualitas bersama. Apakah Anda menginginkan sebuah taman yang nyaman untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga? Ruparupa.com menghadirkan berbagai pilihan produk berkualitas untuk wujudkan teras impian ke dalam rumah Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here