Memasuki akhir tahun, tentunya Anda sudah sibuk mencari hadiah bagi orang-orang terkasih. Bukan hanya hadiah Natal bagi yang merayakan, tapi juga hadiah tahun baru. Hadiah-hadiah ini dapat juga diberikan untuk para rekan kerja dan kolega sebagai salah satu cara mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah dilakukan sepanjang tahun.

Jadikan hadiah sebagai bentuk perhatian Anda

Namun memilih hadiah bukanlah hal yang mudah. Di satu sisi harus disesuaikan dengan karakter si Penerima dan di sisi lain disesuaikan dengan anggaran yang kita miliki. Meski sesungguhnya makna hadiah bukan hanya dilihat dari jumlah nominal, tapi perhatian yang Anda berikan kepada orang tersebut. Anda juga dapat menunjukkan seberapa jauh Anda mengenal mereka dan menunjukkan karakter Anda.

Berikut 5 tips memilih hadiah yang dapat Anda jadikan acuan.

1. Rencanakan daftar hadiah lebih cepat dari biasanya

tips memilih hadiah
Tentukan daftar hadiah lebih awal

Dengan merencanakan daftar penerima hadiah dan jenis hadiah lebih awal dari biasanya, maka Anda akan memiliki waktu lebih untuk menentukan hadiah dan anggaran yang dibutuhkan. Dan ini juga akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengumpulkan anggaran lebih lama. Dengan perencanaan lebih awal Anda juga berkesempatan untuk membeli hadiah saat promo, sehingga dapat menghemat anggaran belanja.

2. Beli hadiah sesuai dengan anggaran

Pastikan Anda membeli hadiah sesuai dengan anggaran awal. Jangan tergiur dengan banyak penawaran spesial akhir tahun yang tidak benar-benar Anda butuhkan. Beberapa produk menawarkan harga hemat dengan membeli dalam bentuk paket, tapi sebelum membeli paket tersebut, pastikan apakah hadiah tersebut sesuai dengan si Penerima.

3. Tambahkan satu atau dua hadiah tambahan

Pilih hadiah tambahan yang netral, sehingga dapat dijadikan cadangan jika ada nama yang terlewatkan atau ada barang yang dirasa kurang. Memilih hadiah yang netral mungkin akan sedikit membingungkan bagi Anda, untuk itu Anda dapat menyiapkan hadiah dalam bentuk voucher belanja. Saat ini hampir seluruh toko ternama menyediakan voucher dengan berbagai nominal.

4. Bungkus hadiah dengan cantik

tips memilih hadiah natal
Bungkus hadiah dengan rapi

Siapa yang tidak jatuh hati sat melihat hadiah terbungkus rapi? Ya, karena hadiah tidak harus selalu mahal. Kembangkan kreatifitas Anda untuk membungkus rapi hadiah-hadiah tersebut. Tambahkan pita atau hiasan bunga kering sebagai pemanis.

5. Hadiah menunjukkan perhatian

Dibalik harga yang Anda bayarkan untuk sebuah hadiah bagi orang terkasih terselip perhatian dan kasih sayang. Terkadang hadiah tidak lagi dinilai dari harga barang, tapi perhatian yang Anda berikan. Bahkan hadiah sederhana yang Anda berikan pada saat yang paling dibutuhkan dapat berubah menjadi hadiah yang luar biasa. Jadi tak ada salahnya jika Anda benar-benar selektif saat menentukan hadiah apa yang akan Anda berikan.

Selain kelima tips diatas, Anda juga perlu menyadari esensi dari memberi hadiah kepada orang lain akan menjadi sangat mendalam saat Anda berbagi dengan orang yang sungguh membutuhkan. Dan tidak ada kado yang lebih indah selain kebersamaan yang Anda lewatkan bersama orang-orang terkasih.

Selain memberikan hadiah, luangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga, dan buat setiap detik menjadi tak terlupakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here