5 Perlengkapan Tidur Bayi yang Wajib Orang Tua Miliki

0
3057
perlengkapan tidur bayi
Sumber: Freepik

Momen yang paling menyenangkan yang ditunggu para calon orang tua adalah hari kelahiran sang buah hati. Tentunya, kita akan berusaha maksimal dalam memenuhi kebutuhan si kecil saat datang ke dunia.

Namun, sebagai orang tua baru, kerap kali bingung dalam memilih perlengkapan anak pertama. Akhirnya, kita membeli semuanya, tanpa tahu apa kebutuhan dari barang tersebut. Inilah yang bisa menyebabkan tumpukan barang tidak terpakai.

Ruparupa Banner

Apa Saja Perlengkapan Tidur Bayi yang Wajib Ada?

Umumnya, kebutuhan bayi yang wajib kita siapkan adalah perlengkapan tidur, peralatan makan dan mandi, serta pakaian. Nah, kali ini kita akan membahas perlengkapan tidur bayi yang wajib untuk menjaga kenyamanan si kecil.

Tidak semua perlengkapan tidur bayi harus kita miliki. Apalagi, bayi yang baru lahir tidak boleh sembarangan diberikan bantal dan selimut. Nah, agar tidak salah, simak daftar perlengkapan tidur bayi yang wajib ada di rumah.

1. Tempat tidur atau box bayi

Tempat tidur atau box bayi merupakan perlengkapan tidur bayi yang wajib ada di rumah kamu. Mungkin banyak yang mengatakan bahwa bayi yang baru lahir harus tidur bersama orang tuanya. Namun, hal ini adalah suatu pemikiran yang keliru.

Menurut para ahli, bayi tidak boleh tidur bersama orang tua untuk menghindari risiko tertindih atau tertutup jalan napasnya oleh selimut, seprai, dan pakaian orang tua.

Baca Juga:   Belanja Perlengkapan Rumah Minimalis di ruparupa Sale, Ada Potongan Harga Sampai 70%

Maka dari itu, kita perlu menyiapkan tempat tidur khusus untuk si kecil. Tipsnya adalah pilihlah tempat tidur dengan permukaan rata yang padat untuk menjaga bentuk tubuh bayi.

Kami juga memiliki rekomendasi tempat tidur bayi yang nyaman, seperti produk berikut ini.

perlengkapan tidur bayi
Viggo Deux Tempat Tidur Bayi – Putih

Beli di sini

perlengkapan tidur bayi
Vivienne Tempat Tidur Bayi – Putih

Beli di sini

2. Seprai

Pemilihan seprai untuk tempat tidur si kecil juga tidak boleh sembarangan. Kamu perlu mencari seprai dengan bahan yang lembut dan tidak membuat kulit si kecil menjadi gatal atau iritasi.

Pastikan bahwa seprai tidak terlipat dan benar-benar pas dengan ukuran tempat tidur. Hal ini untuk mencegah terjadinya SIDS akibat jalan napas tertutup oleh lipatan seprai.

perlengkapan tidur bayi
Sumber: Freepik

3. Selimut

Selimut juga merupakan salah satu perlengkapan tidur bayi yang wajib disiapkan oleh orang tua. Fungsi selimut bayi adalah untuk menjaga suhu tubuh si kecil tetap hangat. Meskipun demikian, cukup gunakan selimut yang tipis saja.

Selain itu, kita hanya perlu memakaikan selimut cukup sampai menutupi bagian dada si kecil dan tidak mencapai bagian leher agar pernapasannya lebih nyaman.

Baca Juga:   4 Tips Memilih Mainan Anak Sesuai Umur

Nah, kami memiliki rekomendasi selimut lucu dengan karakter hiu untuk si kecil tidur berikut ini.

perlengkapan tidur bayi - selimut
Ataru 40×50 Cm Selimut Bayi Shark – Abu-abu

Beli di sini

4. Perlak atau alas ompol

Perlak atau alas ompol merupakan lapisan anti air yang diletakkan di atas tempat tidur bayi. Perlengkapan ini berfungsi untuk memastikan tempat tidur si kecil tidak basah akibat popok yang bocor di malam hari. Jadi, kamu tidak perlu  terlalu sering mengganti seprai.

perlengkapan tidur bayi
Sumber: Earth Thanks

5. Kelambu

Kelambu merupakan kain berpori yang bisa menangkal masuknya nyamuk untuk menggigit kulit sensitif si kecil. Namun, kamu harus pastikan kelambu tersebut aman dan tidak membuat si kecil kesulitan bernapas.

Nah, kami memiliki rekomendasi tempat tidur bayi yang sekaligus dilengkapi kelambu untuk menambah kenyaman tidur si kecil.

perlengkapan tidur bayi
Maja Tempat Tidur Dengan Kelambu – Putih

Beli di sini

kelambu
Kelambu 50 Cm Kanopi Poms – Pink

Beli di sini

Itu tadi beberapa rekomendasi perlengkapan tidur bayi untuk membuat si kecil tidur lebih lebih nyenyak.

Kamu bisa menemukan berbagai perlengkapan bayi lainnya, seperti perlengkapan mandi, peralatan makan, atau bermain hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini menyediakan berbagai kebutuhan home living dari brand-brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Toys Kingdom, dan masih banyak lagi. Yuk, siapkan tempat tidur yang nyaman buat si kecil.