20 Desain Kamar yang Bikin Rileks Abis

0
1362
Desain kamar

Percaya ga percaya, desain kamar yang menawan seperti memiliki kekuatan untuk menciptakan mood positif bagi penggunanya. Hmm masuk akal. Jika merasa nyaman, maka pikiran bisa memerintahkan tubuh untuk mengembalikan tenaga dengan lebih cepat. Jadi apa yang kamu tunggu? Wujudkan tidur nyenyak setiap hari, yuk atur desain kamarmu lagi.

Beberapa orang merasa kesejahteraan emosional mereka terjaga karena dipengaruhi oleh suasana kamar yang mereka sukai.

-Journal of the Association for Psychological Science 2015-

Cara Mudah Punya Desain Kamar yang Bikin Rileks

Bersiaplah untuk melakukan transformasi pada ruang pribadi Anda. Tak peduli apakah cukup luas atau berdiri di area terbatas, menyelaraskan desain kamar dengan preferensi Anda selalu jadi hal yang benar untuk dilakukan. Ketika membarui suasana kamar, empat patokan dasar ini bisa mempermudah mewujudkan kamar impian versi Anda.

1. Pastikan desain yang diimplementasikan adalah yang Anda sukai
2. Lengkapi dengan material tekstil atau bedding dalam warna dan corak favorit
3. Berikan penerangan yang terbaik
4. Maksimalkan luas ruangan

Top 20 Desain Kamar Impian

1. Eklektik

Sumber: Google

Memadankan desain klasik dan kontemporer untuk berbagai furnitur dan elemen dalam kamar bisa menjadi salah satu cara menarik untuk mengekspresikan diri Anda. Semua terkurasi oleh dan untuk Anda. Gunakan beberapa warna netral untuk menyatukan kedua konsep beda zaman ini, dan semuanya menjadi sempurna.

2. Gaya Eropa

Sumber: Home Stratosphere

Ciptakan kesan permanen dan tak lekang waktu saat mengadopsi gaya kamar tidur Eropa yang antik dan mewah. Kuncinya yaitu ada pada permainan kaya warna dari karpet lantai dengan furnitur megah. Sangat memesona dan tentunya nyaman.

3. Gaya Amerika

Sumber: Home Design Lover

Berkebalikan dari gaya Eropa, gaya Amerika cenderung klasik namun playful. Warna kombinasi merah-putih-biru menjadi acuannya. Padankan ketiga warna ini dalam bedding, pasti memanjakan mata.

4. Chinoiserie

Sumber: Google

Jika ingin yang unik dan belum banyak dilirik orang lain, tema etnis seperti Chinoiserie adalah salah satunya. Tema ini merupakan interpretasi orang akan negeri China secara artistik, dekoratif, dan berseni. Desainnya didapat dari penggunaan elemen berwarna merah terang atau keramik china biru-putih. Bisa juga dengan ornamen bernuansa khas negeri tirai bambu, seperti motif naga, pagoda dll. Alternatif warna merah terang adalah aksen merah oxblood yang lebih netral.

5. Hollywood Glam

Sumber: Google

Ganti tekstil linen kamarmu dengan tekstil beludru atau bulu-bulu (Atau gabungkan keduanya). Tambahkan lampu kristal dan night stand dengan aksen metalik. Desain kamar hollywood glam langsung Anda peroleh seketika.

6. Bohemian

Desain kamar
Sumber: Design Ideas Guide

Tidak suka yang repot-repot? Suka dengan kebebasan? Mungkin desain kamar bohemian yang paling cocok buat Anda. Desain ini seakan mengatakan, tidak perlu terpaku pada formula penyesuaian sana-sini untuk membuat kamar tampak nyaman. Semua bisa digunakan, mulai dari ayunan anyam, hingga hamparan lampu bulb. Bahkan situs House Beautiful menyebut desain kamar bohemian sebagai pattern on pattern.

7. Art Deco

Sumber: HGTV / Pinterest

Nah bagi yang terinspirasi film The Great Gatsby, boleh juga mendekorasi kamar dengan tema art deco. Tema ini berbicara semua tentang sisi glamor, penuh dengan hiasan, dan warna-warna berani, juga finishing metalik. Pokoknya serba gemerlap!

8. Kontemporer

Desain kamar
Sumber: HGTV

Desain kamar kontemporer terkadang tercampur pengertiannya dengan desain kamar modern. Tak perlu pusing membedakannya, karena fokus utama desain kamar seperti ini terletak pada clean lines dan basic shape furniture. Hasilnya, kamar Anda akan terlihat menarik secara visual dan juga seimbang.

9. Modern

Desain kamar
Sumber: Of Design

Untuk desain kamar modern, Anda perlu menambahkan elemen-elemen arsitektur modern (custom). Misalnya headboard futuristik. Anda dapat menambahkan fitur pencahayaan LED strip pada dinding belakangnya. Sesuatu yang tidak ditemui pada desain kamar lainnya.

10. Country

Tema country pada kamar ternyata bukan cuma milik generasi sebelum kita. Anda pun dapat memgaplikasikan tema ini dengan sentuhan kekinian. Pilih yang mana Anda suka dari dua gaya country berikut ini:

French Country

Sumber: The Spruce

Penuhi kamar dengan segala sesuatu berwarna kuning ceria, hijau sage, dan terracotta lembut. Untuk warna netralnya dapat menggunakan cokelat pucat, dan putih susu. Jangan lupa hamparkan toile sebagai pemanis tempat tidur dalam gradasi warna yang sama.

English Country

Sumber: House & Garden UK

ak ingin berlaku terlalu berani dengan warna terang? Pilih gaya english country yang menggunakan lebih banyak warna netralnya ketimbang warna cerah. Warna cerah seperti hijau sage hanya digunakan sebagai aksen. Motif toile pun dapat dipilih yang lebih netral.

11. Shabby Chic

Desain kamar
Sumber: Decoist

Ah, desain kamar shabby chic adalah salah satu kegemaran kami. Ultra feminin dengan motif bunga-bunga, renda (frill), vanity berdesain vintage, serta quilt yang nyaman. Lihat pembahasan lebih jauh mengenai tema shabby chic dalam artikel Shabby Chic Style.

12. Farmhouse

Sumber: HGTV

Pada dasarnya, desain kamar farmhouse adalah tentang menggabungkan tema industrial dan rustic dalam satu tempat. Jika menggunakan rangka tempat tidur besi untuk sisi industrial, sandingkan dengan pemakaian laci kamar dari kayu untuk mengakomodasi sisi rustic. Desain kayunya pilih yang menonjolkan urat-urat ya.

13. Cottage

Sumber: HGTV / Pinterest

Wujudkan kamar seperti di resort favorit dengan desain cottage. Mudah sekali caranya, semudah mengganti gorden kamar dengan window blind bermaterial rotan atau bambu. Opsi lain, ganti chandelier dengan lampu kipas gantung. Juga hamparkan banyak bantal. Maksud kami, sangat banyak untuk kesan ready-to-relax bed.

14. Scandinavian

Desain kamar
Sumber: HGTV

Konsep yang kental dengan unsur natural dan minimalis ini merupakan salah satu yang paling banyak dicari dan digemari beberapa tahun belakangan. Kata kunci gaya scandinavian adalah sederhana, cahaya alami, warna netral, dan kayu. Contek saja halaman inspirasi Scandinavian Livng jika masih bingung.

15. Coastal

Kamar ternyaman = kamar di destinasi liburan? Pakai desain kamar coastal. Pilih sendiri di sini mana yang paling mencerminkan gaya Anda:

American Coastal

Mengedepankan warna putih dan biru tua pada furnitur utama. Motifnya bisa garis-garis, bisa juga warna bold. Jangan lupa untuk mengekspos banyak cahaya matahari dalam pengaturan Anda.

Tropical Island Coastal

Sesuai namanya, tropical island coastal dapat dengan mudah Anda implementasikan hanya dengan menambah motif-motif bertema tropis seperti dedaunan, buah, dan flamingo. Takut terlalu ramai dan malah jadi pusing? Tone down hanya dengan menggunakan warna-warna seri tropis yang ceria. Warna coral, turquoise, biru, dan kuning, contohnya.

Mediterranean Coastal

Ciptakan kesan adem seperti di rumah daerah Mediterania, melalui desain kamar berwarna putih-coral-biru. Furniturnya sudah pasti berwarna bumi, cokelat tua, cokelat muda, hitam. Bila menginginkan lebih, Anda bisa membongkar lantai kamar dan menggantinya dengan kayu parquet yang hangat.

Asian Coastal

Tipe asian coastal sangat memperhatikan detail. Contohnya adalah penggunaan rangka tempat tidur ukir dan kursi malas rotan. Ukuran dan anyaman rotan sudah mewakili sisi detail ini. Lengkapi dengan dekorasi batik. So asian, so lovely!

16. Minimalist

Desain kamar
Sumber: Elle Decor

Selain tema Scandinavia, desain kamar minimalis juga sedang digandrungi akhir-akhir ini. Hanya furnitur esensial yang akan ada di dalamnya. Penyimpanan pun jika ada harus multifungsi, sehingga tidak meninggalkan kesan bulky. Hasilnya mudah ditebak, ruangan tampak lebih lega.

17. Maxsimalist

Sumber: HGTV / Pinterest

Yup! Ini adalah lawan desain kamar minimalis dengan moto the more the merrier. Warna berani, pola pada tekstil, bergabung dengan tekstur pada dinding misalnya, dan masih banyak lagi yang bisa Anda mainkan. Dramatis!

18. Rustic

Sumber: Apartment Therapy

Tak hanya cocok untuk dekorasi pesta outdoor, tema rustic nyaman juga untuk Anda bawa ke dalam rumah. Desain kamar rustic biasanya menggunakan elemen batuan alam atau kayu (Ranting-ranting juga bisa) untuk menciptakan kesan hangat dan membumi. Selebihnya, Anda dapat berkreasi bebas pada pemilihan furnitur serta dekorasi yang cocok.

19. Romantic

Sumber: Great Idea Hub

Tema yang satu ini wajib Anda coba. Hadirkan warna-warna pastel lembut di seluruh kamar untuk momen terbaik Anda bersama pasangan. Ganti cat kamar dengan warna putih hangat atau putih gading agar semakin serasi. Terakhir jika mau tambah lilin aromaterapi boleh-boleh saja.

20. Monochrome

Desain kamar
Sumber: Elle Decor

Serba hitam/putih, menciptakan suasana grown-up. Kini tak ada lagi aturan tak boleh menggunakan warna hitam pada desain kamar, karena monokrom menggambarkan keindahan modern zaman ini. Alternatif warna monokrom lainnya antara lain, serba abu-abu dan serba walnut.

Ayo coba sekarang, bedroom makeover simpel dengan desain kamar pilihanmu.