Pernah terpikir untuk mentransformasi hunian Anda menjadi rumah bergaya pantai untuk menggantikan rencana liburan terpaksa ditunda? Pas sekali! Mumpung momen tengah tahun, libur sekolah anak-anak, dan Furniture Festival, dimana Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli kebutuhan membangun coastal living impian. Baca ulasannya di sini, dan temukan berbagai tips menerapkan ide ini dalam rumah perkotaan seperti milik Anda.

Coastal Design

Rumah bergaya pantai adalah tema desain interior yang terinspirasi dari furnitur yang seakan dimakan cuaca dan aksen-aksen bahari (nautical), yang biasanya menjadi ciri utama rumah pantai. Coastal design menggabungkan furnitur berwarna pucat (warna netral), bernuansa biru, beserta elemen dekorasi maritim. Seakan berada di daerah pesisir, coastal home juga mengekspos keindahan batu alam. Tujuannya tak lain dan tak bukan, membuat imajinasi Anda berpindah menjadi lebih rileks dan santai seperti menikmati liburan di pinggir pantai.

Promo hari ini

Coastal Living

Tinggal di rumah bergaya pantai terasa sangat menyenangkan. Apalagi bagi Anda yang memang gemar berlibur ke daerah pesisir. Namun Anda pasti menyadari bahwa beda pantai, beda juga tipe coastal living yang ada sebagai tempat Anda bernaung di sana. Tipe mana yang jadi favorit Anda?

American Coastal

Sumber: The Spruce

Tipe American Coastal sangat mengedepankan warna putih dan biru tua pada furnitur utama. Tujuan utamanya adalah membuat hunian yang nyaman dan adem, walau terkena paparan cahaya matahari sepanjang hari. Elemen penting lainnya untuk membangun American Coastal, antara lain:

1. Sisipkan sisi modern diantara ruang-ruang utama rumah Anda

Misalnya di dapur dan ruang makan, yang menjadi center point tersendiri. Saat semua anggota keluarga suka makan, makan pagi, makan siang, camilan sore, makan malam, hingga supper, tak ada ruang yang paling tepat untuk Anda biarkan tetap modern ditengah-tengah desain natural lainnya. Siapkan berbagai kemudahan, seperti mesin kopi, pembuat pancake, lemari pendingin super besar, dll.

2. Ekspos Pemandangan di Luar Rumah

Maksimalkan pemandangan indah yang ada di luar jendela Anda. Jika tidak bisa menghadirkan pantai secara natural, setidaknya ekspos paparan sinar mentari pagi melalui berbagai jendela dan bukaan. Pasti berbeda rasanya kali ini membiarkan kebaikan sinar ultraviolet menyinari ruang-ruang dalam hunian.

Tropical Island Coastal

Sumber: ruparupa.com

Sesuai namanya, tipe Tropical Island Coastal dapat dengan mudah dikenali dari dominasi dekorasi bertema tropis di seluruh ruangan. Mulai hiasan dinding, bantal sofa, juga perlengkapan makan. Sehingga secara umum, Tropical Island Coastal lebih mudah diaplikasikan bagi Anda yang cenderung suka menggonta-ganti tema hunian dalam berbagai kesempatan. Jika sudah bosan atau ingin mengganti dengan tema lain, tinggal copot dan simpan dekorasi tropis Anda. Ikuti tips para profesional untuk mendekor dengan tema ini di rumah Anda:

1. Go Maximalist

Jangan batasi warna dan jenis dedaunan yang akan Anda pakai sebagai dekorasi. Bisa gunakan palem, kuping gajah, pakis, kaktus, bonsai, aneka bunga, dll. Palem yang digabungkan dengan dekorasi flaminggo juga sedang happening akhir-akhir ini. Anda dapat langsung mencontek berbagai gayanya.

2. Accent a Minimalist Look

Imbangi dengan lampu berdesain minimalis, dan furnitur pendukung bertema clean yang elegan. Hasilnya adalah Tropical Island Coastal yang sangat bergaya dan sesuai dengan jiwa muda Anda

3. Be Playful

Tropical Island Coastal sangat senang bermain-main dengan aksen. Lengkapi juga meja makan Anda dengan aneka makanan dan minuman berwarna-warni, So tropical, so instagramable!

Mediterranean Coastal

Sumber: The Spruce

Tipe Mediterranean Coastal kental dengan warna-warna matahari, seperti: terra cotta, cokelat tua, besi hitam, juga metal. Cocok untuk Anda yang tidak begitu suka warna terang sebagai warna desain interior. Lebih lanjut jika Anda tertarik mengaplikasikan tipe coastal living ini, Anda dapat mengombinasikannya dengan furnitur bertema rustic dan furnitur luar ruang. Wah, menarik!

1. Rustic Furniture

Mediterranean Coastal yang mengambil inspirasi dari gaya rumah-rumah di Yunani, Ilatia, dan Spanyol, menghasilkan desain interior yang sangat bergaya bila Anda memadukannya dengan furnitur bertema rustic. Misalnya memasangkan rangka tempat tidur besi tempa hitam dengan lantai kayu cokelat. Bila menginginkan lebih, bongkar sebagian lantai Anda dan ganti dengan marmer berwarna cokelat pudar, sebagai opsi home imporovement singkat. Pokoknya, sah-sah saja menggabungkan elemen-elemen pedesaan ini menjadi satu

2. Painted Tableware

Punya koleksi tableware warna-warni yang hanya Anda pakai pada momen spesial? Inilah saat yang tepat untuk Anda keluarkan dan pakai kembali. Alasi meja makan dengan table runner putih untuk menghasilkan gastronomic adventure di rumah

3. Outdoor Furniture

Meditarranean Coastal seringkali juga dilengkapi dengan patio untuk acara bersantap di area terbuka. Anda dapat menconteknya dengan menempatkan furnitur luar ruang di halaman belakang. Lengkapi dengan pot-pot cantik. Tak harus baru, pot tua pun bisa terlihat menawan saat Anda menempatkan tanaman yang dipangkas rapi di sana.

Asian Coastal

Sumber: HGTV

Tipe Asian Coastal sangat memperhatikan detil. Contohnya adalah penggunaan furnitur ukiran kayu atau rotan yang rumit namun cantik. Sandingkan dengan penggunaan hiasan dinding batik. So asian, so lovely!

1. Aksen Cat Warna Aqua

Pasti tak asing di mata kita, bahwa cat-cat di rumah pantai Indonesia seringkali didominasi warna biru aqua. Itulah yang menjadi warna khas dari Asian Coastal. Unik dan menjadi poin tersendiri dalam penataan rumah bergaya pantai.

2. Gunakan Furnitur Kayu Berukir

Yup! Mudah ditebak jika fokus utama Asian Coastal adalah furnitur kayu berukirnya. Bisa berupa meja konsol, bale daybed, kursi santai, bahkan rangka tempat tidur. Sedikit lebih mahal memang, tapi investasi furnitur yang akan bertahan lama hingga dapat menjadi warisan keluarga.

Inspirasi Mewujudkan Santai di Rumah Bergaya Pantai

Ruang Tamu / Keluarga

Ruang Makan

Dapur

Kamar Tidur

Gallery Wall

Promo sepeda