Tips Memilih Selimut Agar Tidur Nyenyak dan Berkualitas

0
1620
memilih selimut

Salah satu hal yang dapat meningkatkan kenyamanan dan kualitas tidur Anda adalah dari jenis dan memilih selimut yang Anda gunakan. Tidak dapat dipungkiri bahwa selimut merupakan salah satu faktor penunjang kenyamanan Anda sewaktu tidur. Ketika Anda tidur di daerah yang beriklim tropis seperti di Indonesia, penggunaan selimut tidak harus yang tebal dan terbuat dari bahan yang panas karena malah akan membuat Anda tidak nyaman karena kegerahan.

Selimut yang tipis dan terbuat dari bahan yang mendinginkan akan cocok bagi Anda yang tinggal di daerah dengan suhu yang cukup tinggi, apalagi tanpa adanya pendingin ruangan. Sementara bagi Anda yang tidur di ruangan ber-AC atau di tempat yang bersuhu lebih rendah, penggunaan selimut tebal dan terbuat dari bahan yang hangat pasti akan membuat tidur Anda pulas dan nyenyak.

Ruparupa Banner

Tips Memilih Selimut Agar Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Berikut ini adalah beberapa tips memilih selimut yang tepat supaya tidur Anda menjadi semakin nyenyak, nyaman dan menghasilkan tidur yang berkualitas. Yuk kita simak hingga akhir artikelnya!

1. Mengenal Bahan Selimut

Selimut 125×152 Cm Glowing Starry – Biru

Tips yang pertama adalah Anda harus mengenal lebih dulu jenis bahan dari selimut yang Anda gunakan. Apakah itu bahan wol, katun, bulu, kain sintetis atau fleece. Masing-masing bahan tentunya memiliki karakteristik yang berbeda dan menghasilkan kehangatan yang berbeda-beda pula. Masalah nyaman atau tidak, pastinya itu kembali ke penilaian Anda.

Bahan pertama yang akan dibahas yaitu wol. Bahan wol sudah sejak lama sekali dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat selimut. Bahan wol yang terbuat dari bulu domba ini dapat memberikan kehangatan bagi penggunanya terutama saat memasuki musim dingin ataupun musim hujan dimana suhu lingkungan menurun cukup drastis.

Baca Juga:   7 Tips Membuat Ruangan Multifungsi di Apartemen Studio

Kedua adalah selimut katun. Bahan katun juga banyak digemari sebagai bahan pembuat selimut yang utama, ini karena karakternya yang lembut, halus serta awet digunakan dalam jangkawaktu Panjang. Selimut katun dapat memberikan kenyamanan dan kehangatan tersendiri bagi yang tidur menggunakan selimut berbahan ini. kelemahannya adalah selimut katun dapat menyusut jika terlalu sering dicuci, sehingga rekomendasi pencucian selimut katun pun minimal sebulan sekali.

Selanjutnya adalah selimut bulu. Efek yang ditimbulkan Ketika Anda tidur dengan selimut bulu di cuaca yang dingin adalah kenyamanan dan kehangatan dari ketebalan bulu selimut tersebut. Memang selimut bulu terkenal memiliki volume yang cukup tebal, namun biasanya tidak terlalu berat. Jika Anda tertarik untuk menggunakan selimut bulu, pastikan Anda membeli barang yang berkualitas agar komponen bulu penyusun selimut tersebut tidak mudah lepas dan beterbangan.

Kemudian ada juga selimut yang terbuat dari bahan kain sintetis, dimana memiliki harga yang cukup murah, perawatannya pun mudah serta dapat memberikan kenyamanan dan kelembutan pada saat digunakan untuk menghangatkan tubuh ketika Anda tidur. Selimut berbahan kain sintetis pun cukup awet dan tahan lama namun yang perlu diperhatikan adalah warna dari kain selimut kain sintetis ini akan memudar jika terlalu sering dicuci. Jadi, mencucinya cukup 1 sampai 2 kali saja dalam sebulan.

Selimut yang terbuat dari bahan fleece memiliki harga yang sangat terjangkau dan bahannya sangat ringan karena terbuat dari bahan sintetis. Akan tetapi, penggunaannya kurang disukai karena bahan fleece ini mudah luntur saat dicuci.

Baca Juga:   6 Aturan Feng Shui untuk Keberuntungan Kamar Tidur

2. Memperhatikan Berat Selimut

Selimut 125×152 Cm Glowing Moonel – Pink

Selimut yang membuat tidur Anda nyenyak, nyaman serta berkualitas tentunya selimut yang membuat Anda tetap leluasa bergerak. Jika Anda adalah tipe orang yang tidak bisa diam di satu posisi saat tidur, maka pilihlah selimut yang tidak terlalu berat dan tebal sehingga Anda tidak rishi saat harus berpindah posisi ketika tidur.

Namun, apabila Anda termasuk orang yang sering mengalami gangguan kecemasan dan gangguan tidur, ternyata ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa penggunaan selimut yang lebih tebal dan berat dapat mengurangi stress dan pikiran cemas yang Anda alami. Selimut yang berukuran tebal dan lebih berat akan memberikan efek rileks pada tubuh Anda.

Tentunya, berat ataupun ringannya selimut yang Anda pilih harus disesuaikan dengan kenyamanan dan pastinya cuaca yang ada pada saat Anda tidur. Jangan sampai Anda memilih selimut terlalu tebal di cuaca yang panas dan memilih selimut yang tipis di udara lingkungan yang dingin.

Terakhir adalah membeli selimut di toko yang hanya menjual selimut dengan kualitas yang terbaik, seperti ruparupa.com. Ruparupa memiliki beragam jenis selimut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Harga yang ditawarkan oleh ruparupa pun bervariasi sehingga Anda tinggal menyesuaikan dengan budget yang Anda siapkan.

Percayakan kenyamanan tidur Anda dengan membeli selimut di ruparupa karena semua produk yang dijual di sana merupakan produk berkualitas dan terjamin mutunya.

Selamat memilih selimut dan menikmati tidur nyaman Anda.