10 Tips Memilih Kasur Terbaik Untuk Tidur Nyenyak di Malam Hari

0
2483
kasur yang tepat untuk tidur nyenyak

Tidur malam yang berkualitas sangat bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah memilih kasur yang nyaman. Nah, kali ini, kami akan membahas tips memilih kasur yang terbaik untuk tidur berkualitas.

Apalagi, setiap harinya kita harus memiliki waktu tidur setidaknya 7-8 jam untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar.  Nah, dalam memilih kasur yang nyaman, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan.

Ruparupa Banner

Tidak hanya melihat dari model dan ukuran kasur, tetapi juga bahan yang digunakan. Apalagi, kasur yang tepat harus bisa menyangga tubuh kita dengan baik, terutama pada bagian punggung belakang.

Lalu, Bagaimana Cara Memilih Kasur yang Tepat?

Untuk menjawag kebingungan kamu, kami sudah membuat daftar hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli kasur, seperti berikut ini.

1. Mempertimbangkan posisi tidur

Tips Memilih Kasur yang tepat untuk posisi tidur
Source: Newsroom.uhc

Setiap orang memiliki posisi tidur yang berbeda-beda. Nah, kebiasaan kita tidur ini bisa memengaruhi jenis kasur yang harus kita gunakan.

–  Tidur telentang

Dalam posisi terlentang, berat tubuh berada pada tulang punggung bagian belakang sehingga membutuhkan sandaran punggung yang tepat.

Bila kasur terlalu keras, maka bisa mengakibatkan ketegangan pada bahu dan punggung bagian bawah. Namun, jika kasur terlalu lembut, maka pinggul dapat tenggelam dan tidak sejajar dengan bahu. Hal ini bisa mengakibatkan nyeri pada tulang belakang.

Jadi, kalau kamu suka tidur dengan posisi tidur terlentang, maka ada baiknya menggunakan kasur dengan kekerasan dalam tingkat sedan atau jenis kasur firm. Selain itu, tambahkan bantal dibelakang leher agar lebih nyaman.

– Tidur posisi menyamping

Bila kamu suka tidur dengan posisi menyamping, maka membutuhkan penopang pada bahu dan pinggul.

Jadi, kamu perlu memakai kasur dengat tingkat kekerasan lembut atau medium soft, serta dapat mengikuti bentuk tubuh untuk memberikan rasa nyaman di malam hari.

Kasur ini dapat membantu mengurangi nyeri bahu dan pinggul yang mungkin saja muncul saat tidur dalam waktu lama.

– Tidur posisi tengkurap

Bila kamu suka tidur dengan posisi tengkurap, maka kamu membutuhkan kasur dengan tingkat kelembuatan medium dan firm.

Jenis kasur ini dapat membantu kamu lebih mudah mengangkat pinggul dan bahu agar tetap sejajar saat tidur tengkurap.

Baca Juga:   6 Bahan Bantal Terbaik yang Agar Leher Tidak Sakit

2. Menyesuaikan jenis bahan kasur dengan kebutuhan

Tips memilih kasur berikutnya adalah melihat dari bahan kasur yang digunakan.  Saat ini, ada beberapa jenis alas tidur yang bisa kita pilih, seperti memory foam, lateks, dan spring bed. Tentu, ketiganya memiliki kelebihan yang berbeda-beda, seperti berikut.

  • Memory foam merupakan kasur yang terbuat dari susunan lapisan busa yang padat dan bervariasi.  Jadi, kasur ini dapat menyesuaikan kontur tubuh dan membuat posisi tidur lebih baik.
  • Lateks terbuat dari material alami dan mirip dengan memory foam. Bedanya, bahan kasur lateks lebih kokoh dan bisa untuk mengatasi masalah pada bagian punggung.
  • Spring bed adalah jenis alas tidur yang tersusun dari rangkaian baja pegas berbentuk spiral.  Biasanya, bahan kasur ini memiliki lapisan busa tebal pada bagian atas dan cukup nyaman untuk menopang tubuh bagian belakang.

Berikut rekomendasi kasur spring bed yang bisa jadi pilihan buat kamu.

matras tidur
Informa Sleep 180×200 Cm Cusco Kasur Roll Packed Dengan Bantal & Guling
Tidur lebih nyaman dengan kasur berikut ini.

Beli di sini

kasur
Informa Sleep 90×200 Cm Axton Kasur
Kasur yang empuk dan nyaman cocok untuk hunian minimalis.

Beli di sini

3. Menyesuaikan kelembutan kasur

Indikator kelembutan kasur juga bisa menjadi pertimbangan utama. Biasanya, kriteria kasur sesuai tingkat kelembutan disesuaikan dengan kebiasaan tidur dan berat badan, seperti berikut ini.

  • Soft. Matras soft atau empuk biasanya cocok untuk orang dengan posisi tidur menyamping dan berat badan di atas 58 kg.
  • MediumMatras medium punya kelembutan yang berada di tengah-tengah. Jadi, cocok untuk orang yang suka tidur terlentang dan tengkurang, dengan berat badan kurang dari 100 kg.
  • FirmTingkat kelembutan matras yang permukaannya paling keras. Kasur ini cocok untuk orang yang suka tidur tengkuran dan terlentang dengan berat badan setidaknya 58 kg.

tips memilih kasur adalah tingkat kekerasan kasurSource: mattresshq.

4. Hitung luas kamar terlebih dahulu

Tips memilih kasur berikutnya adalah pastikan ukuran kasur tidak lebih besar daripada luas kamar. Soalnya, kasur yang terlalu besar bisa membuat ruangan tampak sumpek, sempit, dan membuat kita sulit untuk lalu-lalang.

Belum lagi, jika kamu tinggal ruangan minimalis yang dikelilingi dengan berbagai perabotan lainnya. Namun, jika kamu memang menginginkan kasur yang lebar, kamu bisa menggunakan dipan ranjang dengan laci atau yang bisa dilipat menjadi lemari.

Ukur kasur sebelum membeli
Source: Pixabay

5. Pilih ukuran kasur yang nyaman

Setelah mengetahui luas ruang kamar tidur, kamu bisa memilih ukuran kasur yang tepat. Bila kamu hanya tidur sendirian, kamu bisa memilih  kasur single bed dengan ukuran 90×200 cm.

Namun, bila kamu tidur berdua atau lebih, pilih kasur queen bed atau king size yang berukuran 160×200 cm atau 180×200 cm. Ukuran kasur yang nyaman dapat menjaga tulang dari risiko nyeri sendi.

pilih kasur nyaman
Serene Set Kamar Tidur King
Set kamar tidur terdiri dari ranjang, lemari, nakas, dan meja rias.

Beli di sini

6. Perhatikan kasur yang cocok dengan riwayat kesehatan

Kutu kasur
Source: Pixabay

Setiap orang memiliki riwayat kesehatan yang berbeda-beda. Misalnya, ada yang alergi terhadap debu dan kutu kusur. Bila ini yang kamu alami, lebih baik pilih alas terbuat dari bahan anti allergen.

Baca Juga:   12 Model Lemari Pakaian Terbaik untuk Kamu Pilih

Sedangkan bila kamu memiliki riwayat sakit punggung, terutama di bagian bawah, pastikan kamu memilih kasur hybrid dengan tingkat kelembutan yang medium atau firm. 

Tipsnya, sebelum membeli kasur, kamu bisa mencoba tiduran di atas jenis kasur tersebut. Jadi, kamu bisa mengetahui mana kasur yang nyaman buat kamu.

set kasur
Sare 120x200x20 Cm Kasur Spring Pocket
Kasur dengan tingkat keempukan yang pas dan mampu menopang tubuh secara optimal.

Beli di sini

7. Sesuaikan tinggi kasur dengan tinggi badan

Berikutnya, pilih kasur sesuai dengan tinggi badan kita. Idealnya, tinggi rata-rata tempat tidur adalah 63 cm dari tinggi lantai. Biasanya, ukuran ini dihitung dari kaki dipan, ketebalan dipan, dan tebal kasur yang digunakan.

Bila tinggi badan kamu kurang dari 160 cm, maka ukuran ranjang dengan tinggi sekitar 45-60 cm bisa jadi pilihan. Sedangkan jika tinggi badan kamu lebih dari 160 cm, maka pastikan tinggi ranjang sekitar 63-91 cm.

Ukuran kasur sesuai tinggi badan
Source: i.pinimg

8. Perhatikan suhu lingkungan

Jenis bahan kasur memang merupakan hal yang penting. Namun, pastikan juga kamu memilih kasur yang sesuai dengan suhu lingkungan tempat tinggal.

Apalagi, kita tinggal di Indonesia, yang merupakan negara tropis dengan cuaca cukup panas. Tentu, kamu membutuhkan kasur yang bisa memberikan kesejukan saat tidur, seperti kasur berikut ini.

Tips memilih kasur yang nyaman
Informa Sleep 160x200x31 Cm Neo Shell Core Kasur dengan lapisan gel memory foam untuk memberikan kesejukan.

Beli di sini

cara memilih kasur
Informa Sleep 200x200x31 Cm Neo Shell Core Kasur dengan bahan lapisan memory foam yang memberikan kesejukan.

Beli  di sini

9. Perhatikan bujet beli kasur yang kamu miliki

Salah satu cara untuk menghindari membeli perabot terlalu mahal adalah dengan membuat anggaran, termasuk saat beli kasur. Hindari membeli kasur dengan harga murah, tanpa mengetahui fitur dan spesifikasi bahan yang digunakan.

Apalagi, kasur merupakan salah satu bentuk investasi perabot dalam jangka panjang. Pastikan kamu membuat bujet terlebih dahulu, lalu pilih kasur sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan saat tidur.

Tips memilih kasur adalah memperhatikan Harga kasur
Source: Pixabay

10. Perhatikan Kualitas

Kasur yang berkualitas memang lebih mahal. Karena matras adalah investasi jangka panjang, jadi tidak ada salahnya memilih kualitas yang terbaik.  Apalagi, ranjang berkualitas biasanya sudah dilengkapi dengan fitur yang bsia sesuai kebutuhan.

Misalnya, kamu memiliki masalah sakit punggung, maka kamu bisa memilih ranjang yang memang khusus untuk mengatasi masalah tersebut.

Tips memilh kasur dari Bed size

 

Itu dia beberapa tips memilih kasur yang tepat buat di rumah. Bila kamu sedang mencari kasur yang berkualitas terbaik, maka kamu bisa mengunjungi ruparupa.com.

Temukan kasur berkualitas dengan harga terjangkau yang bisa hemat hingga 70% dengan klik di sini

Situs belanja online ini menghadirkan perlengkapan tidur terbaik dari brand terpercaya milik  Kawan Lama Group, seperti Informa, Selma, Cooper, Magniflex, dan Ashley. Dapatkan juga promo menarik setiap bulannya di sini. 

Karena #BerawalDariRumah yang nyaman, kita pun jadi lebih produktif menjalani hari.