9 Tips Memilih Kasur Terbaik Untuk Tidur Nyenyak di Malam Hari

0
312
kasur yang tepat untuk tidur nyenyak

Memiliki tidur yang berkualitas setiap malam adalah salah satu impian banyak orang, serta cara untuk menjaga atau meningkatkan kesehatan secara optimal. Untuk mewujudkannya ada beberapa faktor penting yang harus kamu ketahui, salah satunya adalah mengetahui tips memilih kasur yang nyaman

Faktor kenyamanan ini sangat penting untuk dipertimbangkan karena umumnya orang-orang menghabiskan 8 jam dalam sehari waktunya untuk tidur.

Selain itu perhatikan juga kualitas alas tidur yang akan kamu pilih, karena nantinya dapat mempengaruhi kesehatan maupun bentuk punggung bagian belakang. Permukaan tempat tidur tidak sesuai dapat menyebabkan otot tegang dan tidur menjadi terganggu.

Setelah mengetahui hal ini maka tidak ada salahnya kita menggali informasi lebih jauh bagaimana cara memilih alas tidur yang tepat.

Tips memilih kasur yang tepat untuk mendapatkan tidur yang berkualitas

fURNITURE FESTIVAL

Saat ingin membeli alas tidur yang baru, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. Alasannya karena setiap orang memiliki kebutuhan dan selera yang berbeda.

Tapi jangan khawatir karena dengan panduan praktis ini kamu akan bisa memilih kasur yang tepat dan yang paling cocok untuk gaya tidur

Mempertimbangkan posisi tidur

Tips Memilih Kasur yang tepat untuk posisi tidur
Source: Newsroom.uhc

Setiap orang memiliki posisi tidur favorit yang berbeda-beda, Terkait Hal inilah setiap orang harus mengerti cara memilih kasur yang sesuai dengan kebutuhan

Telentang

Dalam posisi ini berat tubuh berada pada tulang punggung bagian belakang. Sehingga membutuhkan sandaran punggung yang tepat. Terlalu keras akan mengakibatkan ketegangan pada bahu dan punggung bagian bawah. Sementara itu jika terlalu lembut maka pinggul dapat tenggelam dan tidak sejajar dengan bahu sehingga mengakibatkan nyeri pada tulang belakang.

Dari Hal inilah orang yang memiliki posisi tidur terlentang ada baiknya menggunakan kasur dengan kekerasan dalam tingkat sedang atau berada pada point 5 sampai 7.  Alasannya sendiri karena dapat membantu dalam posisi Netral.

Tidur Samping

Orang yang tidur dengan posisi menyamping, membutuhkan penopang pada bahu dan pinggul. Ini berarti bahwa menggunakan kasur yang lebih memiliki tingkat kekerasan lembut hingga sedang, serta dapat mengikuti bentuk tubuh bisa memberikan rasa nyaman di malam hari.

Dengan memilih tempat tidur yang tepat maka dapat membuat tidur lebih baik, serta mengurangi nyeri bahu dan pinggul yang mungkin saja muncul setelah digunakan untuk waktu yang lama.

Tidur tengkurap

Untuk mereka yang menyukai posisi tidur dengan gaya tengkurap, sangat membutuhkan kasur dengan tingkat kekerasan kencang yang berfungsi untuk mengangkat pinggul dan bahu agar tetap sejajar.

Sementara itu untuk mereka yang memiliki posisi tidur dari jenis di atas, maka alas tidur medium firm menjadi rekomendasi yang tepat.

Menyesuaikan tipe kasur dengan Kebutuhan

Tips memilih Kasur busa memory foam
                                                                                    Beli disini

Saat ini ada beberapa tipe alas tidur yang tersedia di pasaran seperti memory foam (kasur busa), latex dan springbed. Dari ketiganya memiliki kelebihan dan kenyamanan yang berbeda-beda

  • Memory foam: kasur yang terbuat dari susunan lapisan busa yang padat dan bervariasi. Sehingga dapat menyesuaikan kontur tubuh dan membuat posisi tidur lebih baik.
  • Lateks terbuat dari material alami dan mirip dengan memory foam. Namun perbedaan keduanya adalah lateks lebih kokoh dan cocok untuk kamu yang memiliki masalah pada bagian punggung.
  • Spring bed, jenis alas tidur yang tersusun dari rangkaian baja pegas berbentuk spiral. Memiliki lapisan busa tebal pada bagian atas, serta memiliki harga yang paling terjangkau dan cukup nyaman untuk menopang tubuh bagian belakang

Menyesuaikan kelembutan kasur

tips memilih kasur adalah tingkat kekerasan kasur
Source: mattresshq.

Indikator kelembutan kasur tidak pernah menjadi tanda sepenuhnya yang menunjukan baik buruknya kasur tersebut. Perlu mengetahui lebih lanjut apa yang kamu butuhkan. Misalnya untuk orang yang berbobot berat alas tidur yang terlalu lembut tidak dapat menunjang berat tubuh secara optimal, dan hanya menyebabkan otot-otot menjadi tegang dan tidak dapat beristirahat.

Pilih kasur yang nyaman 

Tips memlih kasur untuk Set kamar tidur
                                      Beli set kasur ternyaman untuk kualitas tidur yang lebih baik

Karena kenyamanan adalah hal yang penting maka hal ini tidak boleh terlupakan. Akan tetapi jika bicara lebih lanjut maka rasa nyaman itu sendiri berbeda-beda. Sehingga ada baiknya cobalah untuk mencoba sebelum membelinya. Selain itu pastikan juga untuk memilih ukuran kasur yang dapat menjaga tulang dari risiko nyeri sendi.

Perhatikan kasur yang cocok dengan riwayat kesehatan

Kutu kasur
Source: Pixabay

Setiap orang memiliki riwayat kesehatan yang beragam. Misalnya ada yang alergi terhadap debu, maupun kutu kasur. Karena itulah bagi mereka yang memiliki alergi tertentu tidak dapat sembarangan memilih kasur.

Cobalah untuk memilih alas tidur yang terbuat dari bahan anti allergen yang terbuat dari bahan alami atau bahan yang tahan terhadap tungau, debu, juga pertumbuhan jamur.

Sesuaikan dengan tinggi badan

Ukuran kasur sesuai tinggi badan
Source: i.pinimg

Bagi kamu yang ingin membeli kasur untuk diri sendiri bukan berarti harus membeli ukuran single loh!  Sebagai alternatifnya pilih ukuran kasur double yang memiliki permukaan luas untuk menambah kenyamanan tidur.

Selain itu perhatikan juga tinggi kasur dan lebarnya.  Ukuran yang ideal sendiri adalah harus lebih tinggi 10 sampai 15 cm dari tinggi badan pemiliknya.Dari Hal inilah kamu sudah bisa mulai menentukan jenis kasur apa yang ingin kamu beli.

Saat ini sendiri ada beberapa istilah kasur berdasarkan dengan ukurannya seperti King Queen double King single atau single.

Ukur kamar terlebih dahulu

Ukur kasur sebelum membeli
Source: Pixabay

Tips memilih kasur yang tepat lainnya adalah jangan lupa untuk mengukur dengan ukuran kamar yang kamu miliki. Cara ini adalah langkah terbaik untuk menghindari kesan sumpek atau menghambat mobilitas penghuni ruangan tersebut.

Belum lagi jika kamu tinggal ruangan minimalis, yang dikelilingi dengan berbagai perabotan lainnya yang cukup memakan tempat.

Pastikan untuk menyisakan ruang yang cukup agar tetap nyaman saat beraktifitas. Jangan sampai karena hanya ingin memiliki kasur yang besar, justru menutupi seluruh akses saat ingin menggunakan barang lainnya.

Jika kamu memang menginginkan kasur yang lebar namun tidak memiliki cukup ruang untuk menyimpan barang, ambil langkah cerdas dengan menggunakan kasur lipat yang mudah disimpah setelah penggunaan.

Perhatikan harga barang

Tips memilih kasur adalah memperhatikan Harga kasur
Source: Pixabay

Jangan tergiur karena harga yang murah lalu kamu cepat-cepat membelinya. Ada baiknya perhatikan dulu produsen dan bahan materialnya sehingga nantinya tidak akan ada penyesalan saat membelinya.

Jika perlu tanyakan kepada orang yang profesional untuk membantu kamu memilih kasur yang tepat. Terlebih lagi saat ini sudah banyak pilihan yang dapat kamu temukan dengan mudah melalui berbagai platform salah satunya adalah Ruparupa.

Tips memilih kasur adalah memperhatikan kualitasnya

Tips memilh kasur dari Bed size

Karena kualitas dan ketahanan kasur juga menjadi faktor pertimbangan saat membeli alas tidur, maka tips memilih kasur yang tepat berikutnya adalah hindari membeli produk yang belum terjamin kenyamanannya. Dalam hal ini indikator nyaman setiap orang sangat berbeda-beda, namun pastikan bahwa kamu dapat bangun tidur tanpa rasa sakit pada bagian punggung, serta memiliki kualitas tidur yang baik.

Memang  menemukan yang tepat mungkin agak membingungkan untuk sebagian orang. Namun sudah ada Ruparupa yang mennghadirkan brand terpercaya seperti Informa, Selma, Cooper, Magniflex, Ashley hingga Silent partner yang siap memenuhi kebutuhan kamu.

Melalui platform belanja yang mengedepankan keamanan dan kenyamanan, kamu dapat membandingkan harga kasur terbaik yang sesuai dengan budget, bahan dan ukuran. Terlebih lagi saat ini ada furniture festival yang memberikan kesempatan untuk berbelanja dengan harga hemat.