Urutan Nonton Film Star Wars yang Tepat Buat Pemula

0
40524
urutan nonton film star wars
Sumber: imdb.com

Star Wars merupakan film fiksi ilmiah yang mengisahkan kehidupan manusia dan spesies lainnya di galaksi yang luas. Sejak produksi pertamanya pada tahun 1977, film Star Wars berhasil menjadi salah satu film terpopuler di dunia.

Nah, sambil menanti tayangnya serial spin off Star Wars di Disney, sepertinya kurang pas jika kita tidak mengikuti alur cerita film Star Wars dari awal hingga akhir. Apalagi, bila kamu baru pertama kali menonton film Star Wars universe. 

Ruparupa Banner

Sampai saat ini, terdapat 11 film Star Wars yang sudah dirilis. Namun, film Star Wars memang tidak mempunyai latar cerita yang urut. 

Urutan Nonton Film Star Wars

Nah, buat kamu yang baru saja mulai nonton Star Wars, kali ini kami punya daftar urutan nonton film Star Wars yang tepat berdasarkan latar cerita. Yuk, simak!

1. Star Wars Episode I: The Phantom Menace (1999)

Film Star Wars Episode I: The Phantom Menace menjadi pembuka dari trilogi asli film Star Wars. Berfokus pada perjalanan Jedi Master, Qui-Gon Jinn (Liam Neeson) bersama dengan muridnya Obi-Wan Kenobi (Ewan McGregor).

Dalam film satu ini, keduanya berusaha untuk menyelesaikan konflik antara Federasi Perdagangan dan Planet Naboo.

star wars the phantom menace
Sumber: imdb.com

2. Episode II: Attack of the Clones (2002)

Film Star Wars Episode II: Attack of the Clones mengambil latar 10 tahun setelah peristiwa pada Episode I dan mengisahkan keadaan Republik Galaktik yang semakin hancur.

Hal ini membuat mantan Ratu Naboo, Senator Padme (Natalie Portman), memutuskan untuk pergi ke Coruscant. Ia pun dikawal oleh murid Jedi, Anakin Skywalker (Hayden Christensen) dan gurunya, Obi-Wan (Ewan McGregor).

star wars attack of the clones
Sumber: imdb.com

3. Star Wars: The Clone Wars (2008)

Serial Star Wars: The Clone Wars terbagi menjadi 7 season. Tentunya, kamu akan menemukan banyak karakter familiar, seperti Anakin Skywalker, Obi-Wan Kenobi, dan Padme Amidala.

Serial ini berfokus pada konflik antara Republik Galaktik dan kelompok separatis. Rupanya, konflik ini dimanipulasi oleh Darth Sidious sebagai bagian dari rencana utamanya untuk melenyapkan Jedi dan menciptakan pemerintahan baru di bawah kuasanya.

4. Episode III: Revenge of the Sith (2005)

Film Star Wars Episode III: Revenge of the Sith mengambil latar 3 tahun setelah Episode II.

Kali ini, Obi-Wan (Ewan McGregor) dan Anakin (Hayden Christensen) akan melakukan misi penyelamatan Kanselir Palpatine (Ian McDiarmid) yang ditangkap oleh Jenderal Grievous (Matthew Woods).

star wars revenge of the sith
Sumber: imdb.com

5. Solo: A Star Wars Story (2018)

Berbeda dari sebelumnya, film Star Wars satu ini berfokus pada petualangan salah satu karakternya, yaitu Han Solo (Alden Ehrenreich).

Kisah dimulai ketika Han Solo berusaha melarikan diri dari Planet Correllia bersama dengan gadis yang disukainya, Qi’ra (Emilia Clarke). Sayangnya, mereka berdua terpisah saat dalam pelarian.

Di sini, Solo juga akan bertemu dengan co-pilot sejatinya, yaitu Chewbacca (Joonas Suotamo).

star wars han solo
Sumber: imdb.com

6. Obi-Wan Kenobi (2022)

Serial ini mengambil latar belakang 10 tahun setelah peristiwa dramatis Obi-Wan di dalam film Star Wars Episode III. Star Wars: Obi-Wan Kenobi mengisahkan perjalanan Obi-Wan setelah kekalahannya dari Anakin Skywalker (Hayden Christensen).

Mantan Jedi Master ini harus menghadapi Anakin Skywalker, yang beralih ke sisi gelap dan menjadi Darth Vader.

7. Star Wars Rebels (2014)

Masih berhubungan dengan Star Wars Episode III: Revenge of the Sith, serial Rebels mengambil latar 14 tahun setelah runtuhnya Republik Galaktik.

Di sini, kamu akan melihat perjalanan Ezra Bridger (Taylor Gray) yang awalnya menolak bergabung dalam pihak pemberontak. Namun, lambat laun ia pun tergerak untuk menjadi anggota dan bagian dari perlawanan.

8. Andor (2022)

Mengambil latar 5 tahun sebelum peristiwa Rogue One: Star Wars Story, serial Andor menceritakan bagaimana perjalanan Cassian Andor (Diego Luna) di masa lalu ketika memimpin manusia lain di galaksi untuk bersatu melawan kekejaman empire.

serial star wars andor
Sumber: imdb.com

9. Rogue One: A Star Wars Story (2016)

Kemudian, kamu bisa lanjut nonton film Rogue One, yang berfokus pada prajurit Jyn Erso (Felicity Jones) dalam menjalankan tugas dari Mon Mothma (Genevieve O’Reilly) untuk mencuri rancangan senjata mematikan, Death Star.

Baca Juga:   8 Ide Kado Ulang Tahun Anak di Bawah Rp300 Ribu

Di sini, ia akan mendapatkan bantuan dari kubu pemberontak, seorang ahli pedang, dan pasukan lainnya dalam mengemban misi besar.

film star wars rogue one
Sumber: imdb.com

10. Episode IV: A New Hope (1977)

Urutan film Star Wars berikutnya adalah Episode IV: A New Hope. Dalam film ini, kamu akan menyaksikan Galaksi yang tengah dilanda perang saudara.

Putri Leia (Carrie Fisher) dari Aliansi Pemberontak berhasil mencuri rancangan Death Star. Sayangnya, kapal yang ditumpanginya pun tertangkap oleh Darth Vader (David Prowse).

Di sini, Luke Skywalker (Mark Hamill), Obi-Wan (Alec Guinness), dan Han Solo (Harrison Ford) akan bekerja sama untuk menyelamatkan Leia.

film star wars a new hope
Sumber: imdb.com

11. Episode V: The Empire Strikes Back (1980)

Setelah menghancurkan Death Star, Aliansi Pemberontak harus mencari markas lain. Sebab, markas mereka yang sebelumnya telah diketahui Darth Vader (David Prowse).

Para pemberontak, seperti Luke Skywalker (Mark Hamill) dan Han Solo (Harrison Ford), berhasil menemukan markas baru di Planet Hoth. Namun, Kerajaan Galaktik kembali menemukan mereka dan menyerang Planet Hoth.

star wars the empires back
Sumber: imdb.com

12. Episode VI: Return of the Jedi (1983)

Dalam Episode VI: Return of the Jedi, pertarungan terakhir para pemberontak melawan Kerajaan Galaktik dimulai. Luke Skywalker (Mark Hamill) berusaha menyelamatkan Leia (Carrie Fisher) dan Han Solo (Harrison Ford) yang disekap oleh Jabba the Hutt. 

Namun, Luke harus berhadapan dengan takdirnya untuk melawan sang ayah, Anakin Skywalker, yang telah menjadi Darth Vader. 

urutan film star wars the return of the jedi
Sumber: imdb.com

13. The Mandalorian (2019)

Serial ini menceritakan lima tahun setelah peristiwa Return of The Jedi. Di sini, kamu akan melihat kisah petualangan seorang Bounty Hunter tunggal bernama Din Djarin (Pedro Pascal).

Menariknya, Djarin juga merupakan seorang Mando atau Mandalorian yang tinggal di planet Mandalore.

14. The Book of Boba Fett (2021)

Nah, serial spin off satu ini menceritakan tentang seorang pemburu hadiah, yaitu Boba Fett (Temuera Morrison) dan seorang pembunuh bayaran bernama Fennec Shand (Ming-Na Wen).

Dalam The Book of Boba Fett, mereka akan pergi ke dunia bawah untuk kembali ke padang pasir Tatooine. Keduanya bertujuan untuk mengambil alih kekuasaan jahat milik Jabba the Hutt.

15. Episode VII: The Force Awakens (2015)

Tiga puluh tahun setelah perang Galaktik, Luke Skywalker (Mark Hamill) menghilang. Di saat yang bersamaan, organisasi First Order kembali bangkit dan berencana untuk membunuh Luke.

Leia (Carrie Fisher) sebagai pemimpin dari kelompok pemberontak tentu menentang rencana tersebut. Untuk mengendalikan keadaan, misi perjalanan buat mencari Luke pun dimulai.

nonton film star wars the force awakens
Sumber: imdb.com

16. Episode VIII: The Last Jedi (2017)

Pasukan pemberontak yang dipimpin oleh Leia berhasil melarikan diri dari kepungan Organisasi First Order. Namun, First Order berhasil melacak mereka dan menyerang beberapa kapal milik pasukan pemberontak.

Di sisi lain, Rey (Daisy Ridley) berhasil menemukan Jedi terakhir, Luke Skywalker. Sayangnya, kegagalan Luke dalam membimbing Kylo Ren (Adam Driver) menjadi seorang Jedi membuatnya enggan membantu Rey. Sampai akhirnya, ia bertemu dengan roh Yoda.

nonton film star wars the last jedi
Sumber: imdb.com

17. Episode IX: The Rise of Skywalker (2019)

Episode IX: The Rise of Skywalker akan menjadi film Star Wars di urutan terakhir. Di sini, pertempuran antara pasukan pemberontak dan First Order masih berlanjut. Hanya saja, kondisi pasukan pemberontak tengah diambang kehancuran.

Untuk terakhir kalinya juga, kamu akan menyaksikan pertarungan antara Rey (Daisy Ridley) dengan Kylo Ren (Adam Driver), pemimpin First Order sekaligus Jedi yang jatuh ke dalam dark side.

nonton film star wars the rise of skywalker
Sumber: imdb.com

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui urutan nonton film Star Wars yang benar.

Buat kamu para penggemar Star Wars, lengkapi koleksi figur, mainan, dan berbagai jenis LEGO Star Wars berikut ini, yuk!

mainan starwars mission
Starwars Mission Flt Ig11 N Child F1645

Beli di sini

lego star wars tatooine
LEGO® Star Wars Trouble On Tatooine 75299

Beli di sini

mainan star wars lighsaber
Star Wars Lightsaber Rp Lv1 E3120

Beli di sini

figur star wars
Mainan Star Wars Figur Fleet Mando N Blurrg F1646

Beli di sini

Tentu, mainan-mainan Star Wars di atas bisa kamu dapatkan dengan mudah hanya melalui toko resmi online Toys Kingdom melalui ruparupa.

Dapatkan koleksi figur dan mainan bertema Star Wars favorit dengan klik di sini

Situs belanja ini juga menyediakan perabot dan peralatan rumah tangga lengkap dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, SELMA, ATARU, Krisbow, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi. Selamat menonton!

Baca Juga:   5 Rekomendasi Film Disney+ Terbaru yang Wajib Ditonton

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.

Top Kategori Furnitur

Sofa | Rak Besi | Kursi Kantor | Kursi Kerja | Meja Kerja | Meja Kantor | Rak | Sofa Bed | Lemari Pakaian | Kitchen Set | Meja | Tempat Sampah Stainless | Kursi Belajar | Meja Makan | Stool | Kursi Kafe | Furniture | Meja Belajar | Sofa Recliner | Meja Anak | Meja Rias | Meja Komputer | Meja Sekolah | Meja Direktur | Meja Rapat | Meja Sisi | Sofa 1 Dudukan | Sofa 2 Dudukan | Kursi Staff | Lemari Kantor | Kursi Sekolah | Meja Sekolah | Kabinet Kantor Kursi Outdoor | Lemari Arsip | Sofa Ruang Tamu

Top Kategori Rak & Penyimpanan

Rak Buku | Lemari Buku | Rak Gantung | Rak Dinding | Rak Susun | Rak Kawat | Rak Tingkat | Rak Troli | Rak Multifungsi | Rak Serbaguna | Rak Kayu | Rak Piring | Rak Dapur | Rak Sepatu | Rak Sepatu Gantung | Rak Sepatu Kaca | Rak Sepatu Minimalis | Brankas Besi | Tempat Penyimpanan | Brankas | Laci Pakaian

Top Kategori Elektronik & Gadget

Informa Electronics | Tv Led | Televisi | Toko Elektronik | Air Purifier | Lampu Led | Lampu Outdoor | Lampu Indoor | Elektronik Rumah Tangga | Lampu Dinding | Lampu Dinding Outdoor | Lampu Sorot Dan Downlight | Kulkas | Air Conditioner (Ac) | Lampu Gantung | Lampu Taman Outdoor | Lampu Led Krisbow | Krisbow Sync Smarthome

Top Kategori Perlengkapan Rumah Tangga

Peralatan Rumah Tangga | Jemuran Baju | Vacuum Cleaner | Blower | Kipas Angin | Kipas Angin Berdiri | Kipas Angin Gantung | Kipas Angin Meja | Kipas Angin Portable | Vacuum Cleaner | Pompa Booster | Selimut | Sprei | Karpet | Permadani | Hiasan Dinding | Hiasan Rumah | Dekorasi Dinding | Dekorasi Rumah | Gorden | Tirai | Tirai Pintu | Tangga | Wallpaper Dinding | Kotak Penyimpanan Barang | Kotak Makan | Tempat Tisu | Tempat Lilin | Ember Pel | Koper | Lili | Cermin Dinding | Bean Bag | Treadmill | Troli | Alat Penghisap Debu | Bor Listrik | Perlengkapan Fitness | Tungku Aromaterapi Elektrik | Hanger Besi | Hanger Stand | Gantungan Baju Berdiri | Gantungan Baju Besi | Gantungan Baju Dinding Unik | Gantungan Baju Kayu | Gantungan Kayu | Hanger Plastik | Hanger Kayu | Hanger Plastik | Meja Laptop | Meja Laptop Portable | Meja Tamu | Meja Setrika | Meja Cafe | Meja Gaming | Meja Tv | Meja Lipat | Meja Taman | Meja Teras | Tangga Lipat | Aksesoris Rumah | Jam Dinding

Top Kategori Perlengkapan Kamar & Mandi

Tempat Tidur | Matras | Kasur | Spring Bed | Bed Cover | Bantal | Bantal Alas Duduk | Sprei | Karpet | Permadani | Kursi Teras | Kursi Santai | Kursi Taman | Aksesoris Kamar Mandi | Dipan | Keran Air | Shower

Top Kategori Dapur

Kitchen Set | Kabinet Dapur | Wajan | Blender | Rice Cooker | Teko Listrik | Panci | Kompor Gas | Kotak Makan | Toples | Alat Masak | Alat Pemanggang | Tempat Sampah Stainless | Peralatan Minum | Lemari Dapur

Top Kategori Peralatan Kesehatan

Alat Pijat | Peralatan Diagnosa | Alat Penopang Tubuh | Kebutuhan Pasien | Perlengkapan Rumah Sakit | Kursi Roda