6 Tips Memilih Mainan Makeup Anak yang Aman

0
278
Make It Real Kosmetik Unicorn Makeover mainan makeup anak

Anak perempuan pasti suka mengikuti kebiasaan ibunya yang suka dandan. Tidak heran bila peralatan make up di rumah kerap menjadi mainan buat mereka. Namun, kini kamu tidak perlu takut lagi alat merias wajah jadi acak-acakan dan rusak.

Kamu bisa memberikan mainan riasan wajah khusus untuk si kecil, lho. Mainan ini bisa digunakan oleh anak usia 8 tahun ke atas. Namun, pastikan kamu memberikan mainan riasan wajah yang tepat buat si kecil.

Ruparupa Banner
tips memilih mainan makeup anak
Sumber: unsplash.com

Lalu, Bagaimana Cara Memilih Mainan Makeup Anak?

Nah, agar tidak salah memberikan mainan merias wajah untuk si kecil, kamu bisa memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.

1. Perhatikan kualitas dari mainan makeup

Anak-anak masih memiliki kulit yang sensitif. Untuk itu, hindari memberikan mainan makeup yang mengandung bahan-bahan berbahaya karena bisa memicu munculnya alergi pada si kecil.

Jadi, pastikan produk makeup yang kamu berikan kepada anak sudah melalui proses uji coba yang aman bagi si kecil. 

2. Periksa kandungan dari mainan riasan wajah tersebut

Terkadang, ada mainan riasan wajah yang mengandung bahan berbahaya seperti riasan wajah orang dewasa. Untuk itu, kita perlu memerhatikan dengan baik kandungan dari alat rias tersebut.  Apalagi, bahan makeup yang terlalu keras bisa merusak kulit si kecil yang masih sensitif.

Baca Juga:   6 Cara Mudah Mengenalkan Nama Hewan pada Anak

Lebih baik berikan alat make up yang sudah terdaftar di BPOM agar keamanannya terjamin, seperti mainan berikut ini.

mainan makeup
Make It Real Kosmetik Mega Mermaid Makeover

3. Pastikan mainan makeup mudah dibersihkan 

Pernahkah kamu melihat alat makeup yang menyatakan bahwa produknya tahan air? Biasanya, alat makeup seperti ini akan menggunakan bahan kimia dan sulit dihilangkan. 

Padahal, anak-anak tidak perlu menggunakan makeup sepanjang hari karena akan membuat wajah mereka terasa berat dan pori-porinya tertutup. Jadi, lebih baik berikan mainan makeup yang mudah dibersihkan. 

4. Periksa tanggal kadaluarsa

Sama seperti alat makeup dewasa, mainan riasan wajah untuk anak-anak juga memiliki tanggal kadaluarsa sekitar satu setengah tahun. Sedangkan kalau produk sudah dibuka, mainan riasan wajah tersebut bisa bertahan selama 6 bulan. 

mainan riasan wajah anak
Make It Real Kosmetik Unicorn Makeover

5. Berikan sedikit demi sedikit

Melansir dari Clevel And Clinic, Dr. Kubiczek-Love menyarankan untuk memberikan alat makeup sedikit demi sedikit. Kamu bisa memberikannya mulai dari lip gloss terlebih dahulu.

Seiring bertambahnya usia, kamu bisa memberikan alas bedak dan produk lainnya. Hindari langsung memberikan lipstik yang tebal dan eyeliner. 

6. Pehatikan reaksi dari makeup tersebut

Reaksi dari alat rias yang tidak cocok bisa terlihat dari kulit kemerahan. Bila sudah parah, maka bisa menimbulkan gatal-gatal dan bengkak. Jika hal tersebut terjadi pada kulit si kecil, kamu bisa segera menghentikan pemakaian alat makeup tersebut.

Baca Juga:   Ini Dia Tips dan Trik Aman Bermain Trampolin untuk Anak

Dr. Kubiczek-Love mengatakan bahwa reaksi alergi yang muncul di wajah bisa menyebar ke saluran udaranya. Dalam kondisi yang sangat parah, mereka bisa mengalami sakit perut dan muntah. Bila hal itu terjadi, kamu perlu segera membawanya ke dokter.

mainan makeup anak

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memberikan makeup untuk si kecil. Agar kulit si kecil tetap sehat, ajarkan mereka untuk rutin mencuci wajah memakai pembersih ringan.

Hindari memberikan sabun antibakteri dan produk eksfoliasi, serta produk yang keras karena bisa merusak kulit wajahnya dan menimbulkan jerawat. Jadi, pastikan selalu memeriksa bahan makeup yang digunakan.

Temukan alat makeup anak yang berkualitas dari Make It Real hanya di ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai mainan anak lainnya, perabot kekinian, serta perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Toys Kingdom, Pet Kingdom, Chatime, dan lain-lainnya.

Kami juga punya beberapa rekomendasi mainan riasan wajah yang bisa kamu berikan buat si kecil, seperti berikut ini.

Make It Real Kosmetik Mega Mermaid
Make It Real Kosmetik Mega Mermaid

Beli di sini

Make It Real Kosmetik Unicorn Makeover
Make It Real Kosmetik Unicorn Makeover

Beli di sini

Make It Real Mainan Kosmetik Girl On The Go
Make It Real Mainan Kosmetik Girl On The Go

Beli di sini

Mainan Kosmetik anak
Make It Real Mainan Kosmetik Cosmetic Studio

Beli di sini