4 Tips Memilih Mainan Anak Sesuai Umur

0
1216
memilih mainan anak sesuai umur

Mainan anak sesuai kategori umur ternyata bisa menjadi alternatif untuk memberikan rangsangan kepada pertumbuhan anak, baik secara motorik maupun sensorik.

Bila digunakan dengan baik, mainan anak juga dapat meningkatkan kreativitas, kepekaan indera, hingga kecerdasan berpikir anak.

Ruparupa Banner

Rekomendasi Mainan yang Sesuai Umur Anak

Namun, tidak semua mainan anak itu bisa digunakan untuk semua usia. Untuk itulah, kita harus memilih mainan anak yang memang sesuai dengan kebutuhan dan umurnya.

Lalu, bagaimana cara memilih mainan yang tepat untuk si buah hati? Simak berikut ini.

1. Bayi di bawah 1 tahun

Mainan untuk bayi  di bawah 1 tahun, biasanya dibagi menjadi dua kelompok. Pertama, golongan usia 0-6 bulan yang pada usia ini, indera pendengaran dan penglihatan bayi mulai berkembang.

Untuk mengasah fungsi indera tersebut, kamu bisa memilih mainan yang berwarna cerah dan mengeluarkan bunyi, seperti menggunakan gantungan warna-warna di atas kursi bayi.

Nah, berikut ini kami punya rekomendasi kursi bayi dengan mainan yang lucu.

mainan kursi bayi
Fisher Price Sanrio Baby Infant To Toddler Rocker Gxl73
Kursi bayi dengan mainan yang mampu menambah keceriaan anak.

Beli di sini

Sedangkan untuk kelompok kedua, biasanya termasuk dalam kategori usia 7-12 bulan. Di usia ini, bayi sudah mulai aktif bergerak, mulai dari berguling, duduk, merangkak, hingga berdiri.

Gerakan dasar motorik anak pun sudah mulai berkembang. Jadi, kamu bisa memberikan memberikan mainan yang melatih motorik, seperti bola, boneka, hingga balok susun.

Baca Juga:   8 Ide Kado untuk Bayi Baru Lahir yang Bermanfaat

Hindari memberi mainan berukuran kecil. Soalnya, di tahap ini anak selalu penasaran dengan benda-benda yang dipegangnya. Bisa-bisa, benda tersebut masuk ke dalam mulutnya.

mainan anak sesuai umur
Sumber: freepik.com

2. Anak Usia 1-3 tahun

Saat bayi berusia 1 tahun, mereka cenderung sudah lebih aktif untuk jalan dan lari-lari. Tidak jarang juga mereka mulai bisa berkomunikasi, meski ucapannya masih belum jelas.

Nah, pada usia ini kamu bisa memberikan mainan, seperti mobil-mobilan, talking toy, hingga blok alfabet. Tujuannya adalah untuk merangsang motorik dan kreativitas anak. Kenalkan juga berbagai nama benda kepada mereka.

Berikut ini rekomendasi mainan anak untuk usia 1-3 tahun yang bisa kamu berikan.

mainan anak umur 1-3 tahun
The Learning Journey Rocket Sharp Sorter
Mampu melatih senosrik, pengenalan bentuk, dan warna pada anak.

Beli di sini

Ketika anak memasuki usia yang sedikit lebih besar dan lebih aktif, sekitar usia 2-3 tahun, kamu bisa memberikan mainan yang sesuai keinginannya.

Pada usia ini, biasanya anak juga sudah bisa membicarakan apa yang menjadi keinginannya dengan bahasa sederhana. Kamu juga bisa memberikannya mainan puzzle hingga pesawat.

mainan anak sesuai umur
Sumber: freepik.com

3. Anak usia 3-6 tahun

Saat anak mulai memasuki usia 3 tahun, rasa ingin tahu mereka cenderung tinggi. Tidak heran bila mereka akan menyakan banyak hal kepada orang tuanya.

Untuk itulah, kamu perlu memberikan mainan yang bisa meningkatkan keterampilan dan mengasah otaknya. Selain itu, berikan mainan edukasi yang dapat menambah pengetahuan mereka, seperti buku cerita, buku mewarnai, puzzle, dan lain-lain.

mainan anak sesuai umur
Sumer: freepik.com

Selain melatih kreativitas, kamu juga perlu memberikan mainan yang mampu mengasah imajinasi dan kreativitasnya, seperti rekomendasi produk di bawah ini.

4. Anak usia 6 tahun ke atas

Untuk anak yang sudah berusia 6 tahun ke atas, biasanya mereka sudah bisa masuk sekolah dan harus melakukan sosialisasi dengan lingkungan luar.

Pada usia ini, anak bisa menerima berbagai pembelajaran baru dalam satu waktu. Namun, kamu tetap harus menyesuaikannya dengan kemampuan si anak, baik dalam segi fisik atau mental.

Untuk melatih fisik anak, kamu sudah bisa memberikannya sepeda roda 2. Kenalkan juga kepada mereka berbagai alat mewarnai dan alat musik, seperti piano, biola, dan gitar.

mainan anak sesuai umur
Sumber: freepik.com

Selain itu, kamu juga bisa mengajarkan permainan yang mengasah otak dan strategi, seperti kartu, board game, atau monopoli.

Berikut rekomendasi mainan untuk anak usia 6 tahun ke atas yang bisa kamu beli.

mainan bernyanyi sesuai usia anak
My Little Pony Mainan Movie Singing Star F1796
Mainan yang dapat bersuara untuk menghibur anak sehari-hari.

Beli di sini

lego untuk anak umur 7 tahun
LEGO® Creator Off Road Buggy 31123
Terdiri dari 160 pcs cocok untuk anak usia 7 tahun ke atas.

Beli di sini

Nah, itu tadi beberapa tips memilih mainan anak sesuai umur. Jadi, pastikan kamu memberikan mainan yang tepat, ya.

Selain itu, berikan mainan yang  menggunakan bahan aman dan tidak berbahaya demi keselamatan si kecil

Buat kamu yang sedang mencari mainan anak yang berkualitas, kamu bisa menemukannya hanya di Toys Kingdom melalui situs belanja ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini juga menyediakan produk rumah tangga dan perabot terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi. Yuk, berikan mainan terbaik buat si kecil.