6 Fakta Menarik Tanaman Hias Bonsai Serut

0
191

Tidak hanya tanaman hias jenis monstera yang sedang digemari masyarkat Indonesia, rupanya bonsai serut kini juga sedang populer, loh. Berbeda dengan tanaman hias konvensional, bonsai serut hadir dengan daun batang yang unik dan bisa membuat taman hunian tampak semakin apik.

Fakta Tanaman Hias Bonsai Serut

Faktanya, bonsai serut termasuk salah satu jenis tanaman hias yang dapat menggugurkan daunnya saat musim kemarau tiba. Eitts.. Tidak hanya itu, masih ada banyak fakta menarik tentang tanaman hias bonsai serut yang wajib Anda ketahui. Penasaran bukan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1.  Gugur saat musim kemarau

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, daun bonsai serut rupanya dapat gugur saat musim kemarau tiba. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena setelah satu minggu, semua daun akan kembali tumbuh berbunga seperti semula. Pasalnya, daun yang berguguran bertujuan untuk menghemat cadangan air pada musim kemarau.

2. Mudah dibentuk

Jika Anda sadari, bonsai serut memiliki bentuk melengkung yang unik dan cantik. Rupanya, tanaman ini memiliki tunas yang sangat mudah dibentuk sesuai selera. Apalagi, tampilannya akan semakin cantik saat mulai berbunga.

3. Umur yang lama

Tidak hanya pohon beringin, bonsai serut juga dikenal sebagai salah satu tanaman yang mampu hidup dalam waktu yang lama bahkan sampai ratusan tahun, loh. Maka dari itu, bonsai serut kerap dipatok dengan harga yang sangat tinggi.

4. Sejarah mistis

Bonsai serut juga memiliki sejarah yang mistis sebagai tanaman beraura dingin. Dahulu, tanaman ini bermanfaat untuk menangkal santet atau teluh. Jadi, jangan heran bila tanaman bonsai yang sudah tua dianggap sebagai pohon angker atau tempat makhluk gaib oleh masyarakat sekitar.

5. Pecinta matahari

Kebanyakan jenis tanaman hias tidak akan bertumbuh baik apabila terkena paparan sinar matahari secara terus menerus. Namun, hal tersebut sedikit berbeda dengan bonsai serut. Tanaman ini memiliki daya tampung air yang cukup banyak sehingga bisa tetap tumbuh maksimal, walau terkena matahari secara langsung.

Baca Juga:   Home Decorations Dibawah 100 Ribu!

6. Berasal dari alam

Bakalan bonsai serut memiliki habitat dari alam bebas. Umumnya, manusia akan melestarikan tanaman ini untuk mengembangbiakannya secara massal. Namun, membutuhkan jangka waktu yang sangat panjang ,bahkan hingga puluhan tahun agar tampilan bonsai serut dapat terlihat cantik sempurna. Tidak heran bila harga bonsai serut asli cukup mahal sehingga Anda harus merawatnya dengan baik.

Nah, itu dia beberapa fakta menarik seputar bonsai serut. Meski memiliki bentuk yang cantik serta ketahanan yang kokoh, tentu saja bonsai serut membutuhkan perawatan khusus agar tampilan dan kesehatannya tetap terjaga dengan baik. Untuk itu, simak tips dan trik merawat tanamas hias unik bonsai serut di bawah ini.

Tips Merawat Bonsai Serut

Jika Ruppers ingin menjadikan bonsai serut sebagai salah satu tanaman hias di rumah, ini beberapa tips merawat bonsai serut yang dapat Anda coba.

1. Siram tanaman secara rutin

Layaknya tanaman pada umumnya, bonsai serut juga membutuhkan asupan air setidaknya sekali sehari. Pastikan tanaman selalu pada kondisi lembap, tidak terlalu basah ataupun terlalu kering.

2. Beri asupan pupuk

Selain cairan, bonsai serut juga membutuhkan asupan nutrisi dari pupuk. Namun, Anda harus melakukan penakaran terlebih dahulu karena tanaman ini sangat sensitif dengan nutrisi yang berlebihan.

3. Berikan pancahayaan yang cukup

Bonsai serut membutuhkan sinar matahari agar bisa berfotosintesis dengan maksimal. Namun, pada proses awal penanaman, sebaiknya Anda menghindari cahaya sinar matahari secara langsung. Sedangkan untuk bonsai serut yang sudah cukup dewasa, Anda boleh meletakkannya langsung di bawah sinar matahari.

4. Rutin memangkas daun

Bonsai serut merupakan tanaman hias yang memang dikhususkan untuk mempercantik tampilan ruangan. Maka dari itu, Anda harus rutin memangkas daun untuk mempertahankan keapikannya, serta untuk merangsang tumbuhnya daun baru agar semakin rimbun.

5. Lindungi dari hama tanaman

Meski tanaman hias, bonsai serut juga dapat terserang hama dan penyakit. Biasanya, kutu daun merupakan hama yang paling sering mengganggu tanaman yang satu ini. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda bisa menggunakan semprotan peptisida, insektisida, dan fungisida secara berkala.

Baca Juga:   Lasts Forever, Blue is the Color of the Year

Nah, itu dia sejumlah tips dan trik merawat bonsai serut yang dapat Anda coba. Namun, mengingat harga bonsai serut yang tidak murah, Anda bisa mempertimbangkan opsi tanaman hias artifisial di rumah. Selain memiliki bentuk yang cantik, tanaman bonsai artifisal juga tidak membutuhkan perawatan khusus untuk mempertahankan keawetannya. Kami punya beberapa rekomendasinya seperti berikut ini.

bonsai serut

Beli di sini

Untuk Anda yang ingin membuat suasana hunian terlihat asri tanpa perlu melakukan perawatan yang merepotkan, ini dia solusi terbaik untuk Anda. Tanaman artifisial bonsai serut persembangan dari Arthome terbuat dari material plastik premium dengan detail yang menyerupai bentuk tanaman asli. Selain itu, tanaman ini juga dilengkapi dengan wadah pot unik yang sangat cocok untuk diletakkan di pekarangan ataupun di dalam ruangan.

Beli di sini

Tidak hanya bonsai serut, Ruparupa juga menyediakan tanaman artifisial bonsai ficus microcarpa atau bonsai kimeng yang telah dilengkapi dengan pot bawaan yang cantik. Tanaman ini menyerupai tanaman asli dan dapat bertahan lama tanpa memerlukan perawatan khusus. Bentuknya yang unik ini sangat cocok untuk menghiasi ruang tamu ataupun ruang keluarga di rumah Anda.

Beli di sini

Nah, Anda juga bisa mencoba menghiasi ruangan di rumah dengan tanaman artifisial bonsai berwarna persembahan dari Kris Garden. Aksen dekorasi ini menggunakan gradasi warna yang membuatnya terlihat lebih alami dan natural. Dimensinya yang tidak terlalu besar juga mempermudah penempatannya di segala sisi.

Tunggu apalagi? Yuk, segera dapatkan tanaman bonsai artifisial premium hanya di Ruparupa.com. Eitss.. Tidak hanya itu saja, Ruparupa.com juga menyediakan beragam kebutuhan rumah tangga hanya dengan material kualitas terbaik. Mari segera kunjungi Ruparupa.com dan dapatkan beragam penawaran menarik lainnya.