Rumah Tetap Bersih Saat Asisten Mudik

0
421
membersihkan rumah saat pembantu mudik

Momen Idul Fitri merupakan waktu untuk bersilaturahmi dengan sanak keluarga. Setelah selama satu tahun sibuk dengan pekerjaan masing-masing sehingga kadang tidak sempat bersua bahkan dengan saudara-saudara terdekat, Idul Fitri menjadi ajang untuk kembali merekatkan tali silaturahmi. Terminal, bandara, serta stasiun yang padat menjadi bukti bagaimana keinginan besar untuk berkumpul kembali dengan keluarga menjadi sesuatu yang penting di kala itu. Jarak yang harus ditempuh serta biaya yang perlu dikeluarkan menjadi poin urutan kesekian.

Masalahnya, ini berlaku untuk semua.

Termasuk para asisten rumah tangga yang biasa menjadi ujung tombak untuk mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga. Saat Idul Fitri, mereka juga ingin bersilaturahmi dengan anggota keluarga sekaligus rehat sejenak dari rutinitas pekerjaan mereka. Asisten yang sedianya hanya bertugas membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang tak terpegang oleh si empunya rumah, pada kenyataannya adalah mereka yang membereskan semua pekerjaan rumah tangga. Tak heran jika saat mereka mudik Lebaran, sang majikan kerap kewalahan.

Bagaimana menjaga rumah tetap bersih dan rapi saat mereka mudik?

Solusi paling gampang adalah tinggal di hotel sehingga Anda dan keluarga bisa sekalian berlibur dan tidak perlu pusing memikirkan repotnya membersihkan rumah, namun tentunya harus mempersiapkan ekstra bujet. Opsi lainnya, dengan mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga tersebut bersama seluruh anggota keluara. Membersihkan rumah menjadi sesuatu yang menyenangkan jika dilakukan bersama seluruh anggota keluarga dengan cara yang seru.

Sebelum asisten rumah tangga mudik, Anda sudah mulai bisa mendiskusikan pembagian tugas bersama seluruh anggota keluarga sehingga tidak ada yang merasa terpaksa mengerjakan tugasnya. Sesuaikan tugas dengan kemampuan dan kesukaan masing-masing. Misalnya anak laki-laki bisa diminta untuk mencuci mobil, ayah menyapu dan mengepel rumah, ibu mencuci dan memasak, sementara si kecil bisa diminta membantu menyiram tanaman. Selain pekerjaan menjadi lebih ringan, pembagian tugas ini dapat mengajarkan anak-anak agar lebih mandiri.

Agar acara membersihkan rumah bersama terasa lebih menyenangkan, tak ada salahnya jika Anda berbelanja barang-barang kebutuhan bersih-bersih yang baru. Alat pembersih lantai, kain pel, karet pembersih jendela, sapu, atau pengki dalam warna dan bentuk menarik sekarang banyak ditawarkan. Dengan perlengkapan baru dan menarik, setiap anggota keluarga dijamin lebih semangat untuk mengerjakan tugasnya.

Jangan lupakan juga aspek fungsional dari alat-alat yang dibeli.

Sekarang banyak toko yang jual alat pembersih lantai atau pel yang sangat memudahkan. Kita tak perlu lagi memeras kain pel sambil berjongkok layaknya proses mengepel konvensional. Tinggal injak panel, kain pel kering, dan siap digunakan. Praktis dan mudah tanpa sakit punggung.

Membersihkan rumah bersama-sama, membuat pekerjaan jadi lebih cepat dan terasa ringan.

Kedekatan antara anggota keluarga pun makin terasa, terlebih jika Anda pasangan suami-istri yang bekerja. Anak-anak bisa berinteraksi lebih akrab dengan orang tuanya sekaligus belajar mandiri dengan tanggung jawab yang diberikan dan rumah pun tetap terjaga kebersihannya. Di akhir hari, sebagai hadiah ibu bisa menyajikan makanan kesukaan seluruh anggota keluarga untuk dinikmati bersama.

Ada beberapa pilihan peralatan bersih-bersih rumah yang bisa membantu Anda secara maksimal.

Semangat bersih-bersih rumah, ya!