5 Cara Menggunakan Panci Presto Dengan Mudah

0
7370

Panci presto atau pressure cooker merupakan alat masak yang cukup lazim digunakan sejak lama. Biasanya, alat ini akan digunakan ketika ingin membuat tekstur daging sapi dan ayam agar menjadi lebih lunak.

Panci presto memanfaatkan uap air bertekanan tinggi untuk membuat seluruh bahan makanan yang dimasak terasa empuk, lembut, dan bumbu jadi lebih meresap. Tidak perlu khawatir, karena alat ini tidak akan mengurangi kandungan nutrisi dari daging.

Ruparupa Banner

Makanan yang dihasilkannya pun akan sama nikmatnya ketika Anda memasak dengan slow cooker. Namun, dengan menggunakan panci presto, waktu memasak Anda bisa berkurang hingga lebih dari 50 persen. Selain itu, memasak dengan panci presto juga akan lebih hemat karena menggunakan bahan bakar gas.

Cara Menggunakan Panci Presto

Memasak dengan panci presto ternyata tidak sulit dan praktis. Apalagi, presto sudah hadir dalam bentuk yang lebih modern dan mudah digunakan. Namun, tentu saja bagi Anda yang masih pemula, Anda perlu memahami tata cara menggunakan panci presto dengan tepat.

Agar tidak salah, simak tips penting dan tata cara memasak menggunakan panci presto dengan mudah berikut ini.

Baca Juga:   25+ Peralatan Rumah Tangga Untuk Pasangan Baru

1. Periksa panci presto yang akan Anda gunakan

Sebelum menggunakan panci presto, pastikan tidak terdapat penyok ataupun retak pada seluruh bagian panci. Soalnya, panci presto bekerja dengan menggunakan tekanan yang tinggi. Jadi, Anda harus periksa bagian penutup agar dapat benar-benar terkunci rapat.

2. Sesuaikan jumlah takaran

Hindari mengisi panci presto melebihi 2/3 ukurannya. Pastikan ada ruang untuk uap dan makanan yang akan mengembang. Pengisian yang berlebih justru bisa membuat makanan mudah tumpah dan keluar dari panci presto.

Hal ini juga membuat masakan menjadi kurang matang dan bisa mengurangi cita rasa makanan tersebut. Jadi, pastikan Anda bisa mengisi air hingga 1/2 takaran panci presto saja, ya.

3. Mengatur lama waktu memasak

Untuk mendapatkan hasil masakan yang lezat, pastikan Anda mengatur waktu masak dengan tepat. Umumnya, memasak daging membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan sayuran dan ikan.

Oleh karena itu, Anda bisa memotong daging dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar bisa matang secara merata. Selain itu, pastikan Anda memasukkan daginu terlebih dahulu sebelum sayuran dan bahan makanan lainnya.

4. Atur suhu memasak

Ketika uap mulai keluar dari tutup ventilasi, maka Anda harus mulai mengecilkan api kompor. Teknik ini membantu agar tekanan di dalam panci tidak terlalu kuat karena masakan bisa terbakar.

Baca Juga:   9 Alat Masak yang Praktis dan Fungsional

Umumnya, ketika suhu terlalu panas, maka katup panci akan bersiul. Ini tandanya Anda harus segera menurunkan suhu kompor.

5. Jangan buka panci selama memasak!

Ketika masakan mulai matang, Anda tidak boleh terburu-buru membuka tutup panci presto. Anda juga tidak diperkenankan untuk memeriksa, mencicipi, ataupun mengatur kadar rasa selama proses berlangsung.

Cara melepas tekanan dengan benar adalah Anda harus mematikan api dan membiarkan uap ataupun tekanan dari dalam panci keluar.

Jika ingin menghemat waktu, Anda juga bisa memutar perlahan katup pelepas tekanan secara perlahan dengan menggunakan sarung tangan antipanas.

Itu dia lima cara yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan panci presto. Bagaimana, Ruppers? Tidak begitu sulit, kan?

Nah, bagi Anda yang ingin membeli panci presto, Anda bisa mengunjungi situs belanja online Ruparupa. Berikut beberapa rekomendasi panci presto ala Ruparupa.

Panci Presto Cooking Color terbuat dari material stainless steel berkualitas
Ukuran 22cm dengan takaran penampungan hingga 4 Ltr

Beli di sini

Panci Presto rilisan Culinart dengan ukuran 20cm dan kapasitas 5.5 Ltr

Beli di sini

Memasak lebih cepat dengan kapasitas 7 Ltr rilisan dari Sitram

Beli di sini

Lebih murah dan praktis dengan set panci casserol dan presto rilisan Sitram

Beli di sini

Hanya di Ruparupa Anda bisa memperoleh berbagai alat kebutuhan masak berkualitas premium. Tidak hanya itu, Ruparupa juga menyediakan beragam kebutuhan rumah tangga hingga furnitur dengan kualitas bahan terbaik. Menarik bukan? Tunggu apalagi? Yuk, segera kunjungi Ruparupa.com dan dapatkan puluhan promo menarik sekarang juga!