Resep Sayur Tumis Brokoli Termudah dan Terenak

0
562

Menumis adalah cara yang bagus untuk memasak daging dan sayuran potongan kecil dengan cepat, tanpa memerlukan banyak minyak. Yuk, pelajari resep sayur tumis brokoli termudah dan terenak ini!

Resep ini bisa dibuat dengan wajan antilengket, tetapi pertimbangkan untuk membeli wajan wok stainless steel. Karena, mereka mempunyai penyebaran panas merata dan bisa tahan karat. Sehingga, awet untuk dipakai dalam waktu jangka panjang.

Fissler 35 Cm Original Profi Wajan Dengan Tutup

Dan juga, bentuk cekung dari wajannya mampu membuat Anda menumis masakan dengan lebih mudah dan cepat. Tanpa memerlukan minyak yang banyak, akan ideal digunakan untuk proses memasak low-fat stir-fry.

Tutup kaca membantu untuk waktu masak yang lebih hemat energi. Lalu, mampu menghasilkan makanan yang panas merata dan memudahkan Anda ketika Anda ingin melihat tingkat kematangan masakan Anda.

Fissler 35 Cm Original Profi Wajan Dengan Tutup

Ini adalah resep brokoli yang bisa Anda masak dengan cepat dan mudah. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda butuhkan dan instruksi cara memasaknya:

Bahan-bahan

  • 500 gr. brokoli
  • 5 biji jamur shitake, rendam air garam dan iris tipis
  • 1 sdm. kuah kaldu ayam atau air
  • 2 sdm. saus tiram
  • 1/2 sdt. kanji dari tepung jagung
  • 2 sdt. minyak wijen
  • 2 sdm. minyak sayur
  • 4 siung bawang putih, iris
  • Jahe segar berukuran 1 inci, kupas, potong menjadi ukuran seperempat koin, dan geprek dengan sisi pisau
  • 1 cabai merah segar, iris tipis (opsional)

Instruksi

Pisahkan kuntum brokoli dari batangnya. Potong batang secara diagonal dengan pisau menjadi irisan 1/4 inci. Potong kuntum menjadi kuntum yang lebih kecil (lebar 1 inci) dan belah dua jika masih terlalu besar.

Dalam mangkuk kecil, aduk kuah kaldu ayam atau air dan tepung maizena hingga larut. Tambahkan saus tiram dan minyak wijen, lalu aduk rata.

Panaskan wajan dengan api besar. Saat wajan sudah panas, tuangkan minyak dan tumis hingga melapisi semua permukaan wajan. Saat minyak sudah panas, tambahkan bawang putih, jahe, dan cabai (jika Anda ingin) dan tumis selama 15 detik untuk mengeluarkan aroma bawang putih.

Tambahkan batang brokoli, kuntum dan jamur shitake lalu tumis sampai empuk, selama sekitar 3 menit, tambahkan air, 1 sampai 2 sendok makan jika Anda perlukan. Tambahkan campuran saus tiram dan tumis selama sekitar 30 detik agar tepung maizena mengental. Terakhir, segera pindahkan ke piring dan sajikan hidangan ini dengan nasi panas untuk menyerap sausnya.

sayur tumis brokoli
Sumber: piqsels.com

Tips

Potongan brokoli harus berukuran kecil agar cepat matang, tetapi jangan terlalu kecil sehingga berisiko menjadi terlalu matang.

Saat menumis bawang putih, hati-hati jangan terlalu lama atau tidak bisa gosong dan dapat merusak rasa dari hidangan Anda.

Saus tiram Lee Kum Kee memiliki rasa yang lebih kaya dibanding saus tiram merek lain.

Jika Anda memiliki kecap ikan, tambahkan sedikit ke dalam saus. Ini akan membuat hidangan sayur brokoli yang lezat dan sederhana.

Nah, sekarang Anda sudah pelajari resep dan cara membuat sayur tumis brokoli termudah dan terenak ini. Yuk, jangan lupa untuk mencobanya dalam dapur Anda!

Produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!