Resep kopi susu – kopi susu menjadi minuman populer belakangan ini, apalagi untuk pecinta kopi tentunya tidak asing dengan rasa kopi susu. Eits, bukan hanya kopi susu, Anda dapat menambahkan gula aren sebagai teman dari kopi susu ini loh. Dijamin enak dan kekinian banget deh. Siap – siap ngiler yah Ruppers.

Lalu apa yah resep kopi susu kekinian yang mudah dan pastinya enak, simak yuk berikut ini.

Siapkan Bahan dan Alat – Alat

Siapkan bahan – bahan untuk membuat kopi susu seperti gula aren, es batu, garam, gula pasir, susu cair, panci, gelas, sendok.

Cairkan Gula Aren

Potong – potong gula aren sedikit demi sedikit, lalu campurkan dengan gula pasir sedikit, dan garam sedikit agar memberi rasa gurih pada gula aren. Lalu, gula aren di potong – potong agar mempercepat proses pencairan. Masukan semua bahan yang disebutkan kedalam panci lalu masak hingga semuanya larut.

Buat kopi

Sambil menunggu gula aren cair, Anda dapat membuat kopi nya terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan kopi merk apa saja asalkan tanpa ampas. Untuk Anda yang mempunya mesin kopi, Anda dapat membuatnya dalam mesin kopi. Jika tidak mempunyai mesin kopi, Anda dapat membuat kopi secara manual kok Ruppers.

Dinginkan Kopi

Jika kopi atau espresso sudah jadi, biarkan kopi dalam suhu ruangan sampai kopi tidak lagi terasa panas.

Siapkan Gelas

Siapkan gelas, es batu, sendok, dan susu cair. Anda dapat menggunakan susu cair apa saja yang terpenting adalah rasanya yang plain atau tawar. Anda dapat menggunakan susu dengan keadaan dingin atau suhu ruangan.

Tuangkan Kopi dan Gula Aren

Masukan es batu kedalam gelas yang disediakan, lalu tuangkan cairan gula aren 4 sendok makan atau sesuai selera, lalu masukan kopi 3/4 gelas dan sebagai tahap terakhir yaitu tuang susu cair pada gelas tersebut. Saat kopi bercampur dengan cairan susu, Warna yang akan dihasilkan sangat cantik dan tentunya membuat Anda ngiler deh.

Berbicara mengenai kopi, Anda dapat menggunakan beberapa barang dari Ruparupa sebagai pelengkap kopi susu Anda loh. Simak yuk berikut ini.

Gelas Es Kopi

Menikmati kopi semakin lengkap dengan gelas khusus dari Ruparupa. Gelas ini cocok dipakai saat menyajikan kopi dengan topping seperti whip cream ataupun es krim untuk keluarga ataupun kerabat yang berkumpul di rumah Anda.

Penutup Gelas

Berbicara mengenai kopi, tentu Ruppers wajib punya benda yang satu ini nih. Yaps, penutup gelas. Benda yang satu ini berguna banget loh agar minuman tidak kemasukan binatang atau pun debu alias menjaga minuman agar tetap bersih.

Tatakan Gelas

Gunakan tatakan gelas untuk menghindari meja Anda terkena cairan. Tatakan ini terbuat dari material silikon yang elastis sehingga tatakan dapat ditekuk dan berubah fungsi menjadi sarung gelas. Fungsi tatakan cocok digunakan pada minuman dingin, sedangkan fungsi sarung cocok digunakan pada minuman panas. 

Mesin Kopi

Anda suka meracik kopi sendiri di rumah? Mesin kopi yang satu ini cocok sekali untuk Anda. Kopi yang dihasilkan dengan Syphon ini dipastikan memiliki rasa dan kualitas yang sangat baik. Alat ini dapat mengendalikan suhu pemanasan sehingga kopi yang dihasilkan memiliki rasa yang murni dan tidak pahit.

Biji Kopi

Hadirkan kopi bercita rasa tinggi khas Indonesia dengan biji kopi spesial dari Ruparupa. Biji kopi ini memiliki karakter medium to dark dengan pilihan rasa yang lebih kuat atau heavy. Anda dapat mencoba rasa kopi lainnya dengan penawaran menarik dari Ruparupa loh.