8 Manfaat Minyak Atsiri, Salah Satunya Mengatasi Stres

0
4697
manfaat minyak atsiri
Sumber: Freepik

Minyak atsiri atau minyak esensial merupakan bahan dasar untuk membuat aromaterapi. Aromanya yang menenangkan, membuatnya sangat populer. Apalagi, minyak esensial memiliki banyak aroma, seperti lavender, peppermint, mawar, dan tea tree.

Selain berfungsi untuk mengharumkan ruangan dan sebagai aromaterapi, minyak atsiri punya manfaat lain untuk kehidupan, termasuk buat kesehatan tubuh..

Ruparupa Banner

Apalagi, minyak asli hasil ekstraksi berbagai bagian tumbuhan, mulai dari akar, bunga, barang, biji, buah, dan bagian lainnya. Bagian tumbuhan inilah yang biasanya memiliki banyak kandungan alami untuk kesehatan tubuh.

Keuntungan Pakai Minyak Atsiri

Lalu, apa saja manfaat minyak atsiri bagi kesehatan? Berikut ini telah kami rangkum berbagai manfaat minyak esensial tersebut.

1. Bahan dasar produk perawatan tubuh dan rambut

Minyak atsiri bisa kamu jadikan sebagai produk perawatan tubuh, seperti lotion dan sabun. Menggunakan produk perawatan tubuh dengan mengandung bahan atsiri bisa membuatn kulit menjadi lebih halus dan rileks.

Selain untuk tubuh, minyak atsiri juga banyak dijadikan produk perawatan rambut. Biasanya, dikemas dalam bentuk sampo dan minyak rambut. Minyak atsiri ini dapat mengatasi permasalahan rambut, seperti rambut kasar, kerontokan, hingga ketombe.

Bahan populer sebagai dasar minyak atsiri yang sering orang gunakan, antara lain jeruk, mawar, tea tree, dan masih banyak lagi.

2. Bahan Produk Kecantikan

Minyak atsiri  juga sering digunakan sebagai bahan produk kecantikan, seperti face oil dankrim wajah. Campuran minyak atsiri ini diyakini bisa merelaksasi wajah dan membuat aliran darah lebih lancar, serta bisa memperlambat penuaan dini.

Selain itu, banyak yang percaya kalau minyak atsiri dari kelopak daun mawar, bisa memudarkan bekas jerawat dan bintik-bintik hitam.

Baca Juga:   Ini Dia 4 Jenis Aromaterapi Terbaik untuk Relaksasi di Rumah
manfaat minyak atsiri
Sumber: Freepik

3. Mengatasi gangguan tidur atau insomnia

Memiliki gangguan tidur tentunya membuat kita lebih mudah gelisah, yang juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik maupun penelitian. Nah, menghirup aroma dari minyak esensial ternyata bisa mengatasi gangguan tersebut, lho.

Dikenal dengan aroma yang menenangkan, minyak atsiri terbukti bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi insomnia. Bahkan, seringkaili minyak atsiri  menjadi alternatif yang baik daripada konsumsi obat-obat kimia yang berbahaya.

4. Minyak pijat dan terapi

Selain bisa mengatasi kualitas tidur, minya astiri juga bisa menjadi minyak pijat dan terapi, loh. Contohnya, minyak atsiri dari kelapa, yang banyak digunakan sebagai minyak pijat untuk mengatasi badan pegal, terutama setelah bekerja.

Bahkan, tidak jarang minyak atsiri menjadi pengobatan tradisional, terutama yang mengalami cedera.

manfaat minyak atsiri
Sumber: Freepik

5. Obat masuk angin

Manfaat minyak atsiri berikutnya adalah sebagai obat masuk angin. Salah satunya minyak atsiri yang sering digunakan biasanya terbuat dari kayu putih.

Segala gelaja masuk angin, mulai dari demam, flu, sakit kepala, hingga mual, bisa membaik dengan mengoleskan minyak kayu putih pada area tubuh yang kurang enak.

Selain mengurangi gejala tersebut, minyak ini juga bisaa memberikan rasa hangat yang nyaman bagi tubuh.

6. Mengatasi stres dan depresi

Minyak esensial juga dipercaya bisa menjadi terapi untuk mengurangi stres dan depresi, lho. Apalagi, aroma yang dihasilkan dari minyak ini, kerap dapat membuat tubuh lebih rileks dan menjernihkan pikiran.

Umumnya, minyak atsiri bisa merangsang bagian otak dalam mengontrol alam bawah sadar, detak jantung, hingga mengatur pernapasan.

Baca Juga:   Ini Dia 4 Jenis Aromaterapi Terbaik untuk Relaksasi di Rumah

Hal inilah yang membuat minyak astiri kerap digunakan untuk terapi mental. Kamu bisa menggunakan minyak astiri saat melakukan yoga dengan menghirup aromanya.

7. Mengurangi inflamasi

Minyak astiri mengandung antibiotik dan antioksidan, yang bisa mengurangi inflamasi. Biasanya, inflamasi terjadi akibat peradangan akibat infeksi virus, bakteri, atau jamur.

Tidak heran bila minyak ini dapat meredakan peradangan yang terjadi, serta mencega kerusakan sel akibat radikal bebas.

manfaat minyak atsiri
Sumber: Unsplash

8. Meningkatkan daya ingat

Aroma minyak astiri ternyata bisa langsung memberikan rangsangan pada sebuah sistem di dalam otak.

Sistem ini merupakan bagian yang penting dalam membentuk daya ingat. Hal ini terbukti dengan hasil sebuah penelitian yang membahas bahwa aroma bisa memicu daya ingat dan emosi.

manfaat minyak atsiri
Sumber: Freepik

Itu dia beberapa manfaat minyak atsiri yang bisa kamu dapatkan. Meski bisa mengurangi berbagai permasalahan kesehatan baik fisik dan mental, kamu tidak boleh terlalu bergantung pada minyak, ya.

Kamu juga harus tetap memiliki pikiran positif, yang datang dari diri sendiri, dengan melakukan aktivitas menyenangkan dan berolahraga.

Nah, kamu bisa menemukan berbagai jenis minyak aromaterapi, air diffuser, serta alat-alat yang bisa memaksimalkan fungsi minyak atsiri hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini menyediakan berbagai produk home living dari brand terkenal dari Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, dan masih banyak lagi.

Kami juga punya beberapa rekomendasi aromaterapi yang bisa kamu gunakan di rumah, seperti berikut ini.

air diffuser
Cocodor 200 Ml Refreshing Air Diffuser New Flower

Beli di sini

diffuser
Ataru Diffuser Aromaterapi Rabbit – Hijau

Beli di sini

minyak aromaterapi
O’scential 10 Ml Minyak Aromaterapi Peppermint

Beli di sini

tungku aromaterapi
Arthome 13 Cm Tungku Aromaterapi Stone – Abu-abu Biru

Beli di sini