5 Manfaat Bermain Pasir untuk Tumbuh Kembang Anak

0
6513
manfaat bermain pasir Kinetic Sand Beach Day Fun Set

Bermain pasir memang menjadi kegiatan yang menyenangkan buat anak-anak. Tidak hanya menghibur, bermain pasir juga memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang si kecil.

Tenang saja, tidak harus ke pantai atau taman bermain untuk bermain pasir. Kita bisa memberikan mainan anak berbentuk pasir sintetis, yaitu kinetic sand dari Play-doh.

Ruparupa Banner

Mainan kinetic sand adalah jenis pasir yang memiliki sifat yang terasa lembut di tangan dan tidak menggumpal saat dibentuk. Tidak heran kalau banyak anak yang suka bermain dengan pasir dari Play-Doh ini.

Lantas, Apa Saja Manfaat Bermain Pasir?

Berikut beberapa manfaat bermain pasir yang bisa didapatkan oleh si kecil.

1.  Membantu mengembangkan motorik halus

Saat bermain pasir, si kecil akanmengenggam dan melakukan gerakan-gerakan kecil dalam membentuk sesuatu. Mereka juga akan lebih banyak belajar berdiri dan  berjalan untuk memainkan pasir.

Aktivitas inilah yang dapat membantu mengembangkan kemampuan motorik halus mereka.

2. Meningkatkan imajinasi dan kreativitas

Bermain pasir dapat merangsang si kecil untuk menggunakan imajinasinya dalam membentuk sesuatu. Selain itu, si kecil juga bisa bercerita tentang berbagai hal di sekitarnya. 

Baca Juga:   5 Jenis Mainan Puzzle untuk Tingkatkan Kecerdasan Anak

Nah, kalau sedang berlibur ke pantai, kamu juga bisa mengajak mereka membuat istana pasir yang menawan, lho. Menarik sekali, bukan?

Berikut ini rekomendasi mainan pasir pantai yang bisa kamu beli. 

manfaat bermain pasir Paso Set 14 Pcs Mainan Pasir Pantai
Paso Set 14 Pcs Mainan Pasir Pantai

Beli di sini

Paso Mainan Pasir Pantai Anak Sand And Fishing Table
Paso Mainan Pasir Pantai Sand And Fishing Table

Beli di sini

 

3. Meningkatkan kemampuan sosial dan emosional

Tahukah kamu kalau ternyata bermain pasir juga bisa membantu anak dalam belajar berkomunikasi dan bekerja sama dengan teman-temannya. Si kecil bisa mengajak temannya untuk membangun istana pasir bersama.

Tentunya, permainan ini juga dapat melatih emosi anak. Misalnya, saat ia berusaha membangun suatu bentuk, tapi gagal, si kecil harus bisa bersabar dan tidak marah.

4. Menjadi mainan terapi  

Si kecil juga bisa mengalami stres atau masalah pada emosinya, lho. Salah satu cara untuk menanganinya adalah dengan memberikan mainan terapi buat si kecil, seperti permainan pasir.

Soalnya, bermain pasir bisa membantu anak merasa lebih rileks dan tenang. Perlahan-lahan, mereka bisa mengatasi masalah emosional atau stresnya dengan baik. 

manfaat bermain pasir Kinetic Sands Beach Kingdom 71460
Kinetic Sands Beach Kingdom 71460

5. Meningkatkan kemampuan matematis

Ternyata, bermain pasir juga bisa meningkatkan kemampuan matematis si kecil karena mereka bisa belajar tentang berbagai konsep matematis, mulai dari mengenal ukuran, jumlah, dan bentuk. 

Baca Juga:   Find the Fun Within Ya'

Caranya dengan meminta mereka membuat beberapa menara menggunakan pasir dengan ukuran berbeda, lalu menghitungnya bersama. Wah, seru sekali, bukan? 

Nah, itulah beberapa manfaat bermain pasir yang bisa membantu tumbuh kembang anak tercinta. Ternyata, banyak sekali ya manfaat menariknya yang berguna bagi si kecil. Yuk, mulai ajak anak kamu bermain pasir bersama!

Kamu bisa membeli berbagai mainan pasir anak berkualitas, mulai dari kinetic sand hingga alat bermain pasir pantai hanya di dari Toys Kingdom hanya di ruparupa.

Selain itu, di sini kamu juga membeli mainan anak dari merek-merek ternama, seperti Hot Wheels, Barbie, Nerf, hingga LEGO, lho.

Situs belanja ruparupa juga menyediakan perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari ACE, Informa, Krisbow, Pendopo, dan Ataru.

Tenang, kami  juga punya beberapa rekomendasi mainan pasir dari Play-Doh yang bisa kamu beli.

manfaat bermain pasir Play Doh Sand Variety Pack Pasir Lilin Mainan F0103
Play Doh Sand Variety Pack Pasir Lilin Mainan F0103

Beli di sini

Play-doh Sand Single Can E9073
Play-doh Sand Single Can E9073

Beli di sini

Play Doh Sand Shimmer Stretch F0102
Play Doh Sand Shimmer Stretch F0102

Beli di sini

Kinetic Sand Mainan Pasir Playset Sand Whirlz
Kinetic Sand Mainan Pasir Playset Sand Whirlz

Beli di sini

Mainan Pasir Kinetic Sand Rainbow Unicorn Castle
Mainan Pasir Kinetic Sand Rainbow Unicorn Castle

Beli di sini

Kinetic Sand Mainan Pasir Box 8 Oz
Kinetic Sand Mainan Pasir Box 8 Oz

Beli di sini