10 Ide Kerajinan Natal yang Unik dari Barang Bekas

0
1006
kerajinan natal
Sumber : dillards.com

Hari Natal sudah semakin dekat. Tidak heran bila banyak orang yang mulai sibuk menghias rumahnya. Dengan dekorasi natal, pasti rumah Anda akan terlihat lebih ceria dan menarik. Nah, salah satu cara membuat hiasan natal jadi unik adalah dengan membuat kerajinan natal dari barang bekas. 

Cara ini juga bisa membantu Anda menghemat lebih banyak pengeluaran saat membeli aksesoris natal. Yuk, simak beberapa ide kerajinan natal dari barang bekas berikut ini!

1. Pohon natal dari bekas tisu roll

Gantungan pohon natal dari kain bekas
Sumber : pinterest @rikigroundstroem

Punya banyak sisa gulungan kertas dari tisu roll? Bila ya, jangan langsung membuangnya, Ruppers!

Anda dapat mengkreasikannya menjadi sebuah pohon natal cantik dan unik. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan menyusun gulungan kertas tisu roll sesuai dengan ukuran pohon natal yang ingin Anda buat. Lalu, warnai gulungan tersebut menggunakan cat berwarna putih atau coklat dan hijau

Kemudian, susunlah dari paling bawah menggunakan gulungan berwarna warna putih atau coklat. Lanjutkan, menggunakan gulungan warna hijau membentuk segitiga.

Jangan lupa gunakan lem dengan daya rekat yang kuat agar pohon natal Anda tidak mudah rusak. Untuk mempercantik hiasan, tambahkan pita dan bola natal yang indah pada pohon natal tersebut. 

2. Pigura bentuk mobil dari stik es krim

Pigura bentuk mobil dari stik es krim
Sumber : funlovingfamilies.com

Jangan langsung membuang stik bekas makan es krim! Anda dapat mengubah stik bekas tersebut menjadi kerajinan natal yang sangat cantik, loh!

Pertama-tama, warnai stik es krim menggunakan cat atau spidol berwarna merah. Setelah itu, potong stik es sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan.

Kemudian, Anda bisa menyusun stik membentuk mobil. Tempel foto kenangan Anda bersama keluarga dan tambahkan kancing untuk menjadi roda. Berikan hiasan natal yang lucu agar terlihat semakin cantik

3. Pembatas buku boneka salju dari potongan kertas bekas

Pembatas buku boneka salju
Sumber : sowelustudio.com

Anda juga bisa mengkreasikan koran dan keratas bekas menjadi pembatas buku unik  berbentuk boneka salju yang lucu.

Baca Juga:   Intip 10 Dekorasi Dapur Kekinian Dengan Tema Natal

Pertama-tama, gunting kertas bekas menjadi bentuk dua atau tiga bulatan seperti boneka salju. Anda juga dapat menggunting kertas lain berwarna kontras untuk menjadi syal. Lalu, tempelkan hiasan tersebut pada leher boneka salju.

Gunakan manik-manik sebagai mata, hidung, dan kancing boneka salju. Terakhir, tambahkan tali gantungan untuk mempermudah Anda saat menggunakannya sebagai pembatas buku. Ide kerajinan natal yang kreatif sekali, bukan?

4. Gantungan pohon natal dari stik es krim

kerajinan Gantungan pohon natal dari stik es krim
Sumber : thecraftpatchblog.com

Kerajinan natal lainnya yang menggunakan stik es krim adalah gantungan pohon natal cantik satu ini.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecat stik es krim sesuai dengan warna pohon natal, yaitu hijau untuk daunnya dan batangnya dapat menggunakan warna sesuai keinginan Anda.

Potonglah stik es krim dari ukuran yang pendek sampai panjang membentuk pohon natal. Setelah itu, Anda  dapat menghiasnya dengan manik-manik cantik. Tambahkan  hiasan bintang natal pada puncak pohon agar terlihat semakin menawan.  

5. Boneka salju dari kaos kaki 

Boneka salju dari kaos kaki
Sumber : makelifelovely.com

Punya kaos kaki putih yang sudah tidak terpakai? Bila ya, Anda bisa menjadikannya sebagai boneka salju mini yang imut untuk menghiasi rumah Anda saat natal!

Isilah bagian dalam kaos kaki dengan kapas dakron, tetapi jangan membuatnya terlalu padat. Setelah terisi, buatlah menjadi dua bulatan dan ikat bagian tengahnya menggunakan karet atau tali.

Ikat juga bagian atas boneka salju Anda dan tutupi ikatan tersebut dengan topi natal kecil. Terakhir, Anda bisa melilitkan syal ke bagian tengah atau leher boneka salju untuk menutupi ikatannya. Tambahkan manik-manik untuk menjadi mata dan hidungnya. 

Joyful-Season-Banner

6. Rumah Gingerbread Man dari pot bunga

Rumah Gingerbread Man dari pot bunga
Sumber : projectswithkids.com

Jika memiliki pot bunga kecil yang tidak Anda gunakan lagi, kreasikan saja menjadi hiasan rumah Gingerbread Man, karakter natal yang lucu.

Cukup bersihkan pot bunga Anda dan siapkan berbagai cat untuk melukisnya. Mulailah berkreasi dengan mewarnai dasarnya menggunakan warna coklat.

Kemudian, gambarlah pintu rumah permen hingga atap bersalju. Gunakan warna-warna mencolok yang dapat memberikan kesan ceria. 

7. Toples lucu dengan wajah Rudolf si rusa natal

kerajinan Toples lucu dengan wajah Rudolf si rusa natal
Sumber : brightkidfun.com

Bosan dengan tampilan toples yang biasa? Tuangkan kreativitas Anda dengan menjadikan toples di rumah menjadi kerajinan natal yang menarik.

Baca Juga:   12 Tema Pohon Natal Unik untuk Di Rumah Anda

Anda dapat membuat wajah Rudolf si rusa natal pada toples Anda. Cukup siapkan kertas origami berwarna coklat, mata mainan, pom pom, dan kawat beludru untuk membuatnya.

Pertama-tama, gunting kertas origami menjadi bentuk persegi panjang dan lilitkan melingkari toples. Selanjutnya, tempelkan mata mainan dan pom pom untuk menjadi mata dan hidung si rusa.

Terakhir, gunakan kawat beludru untuk menjadi tanduk rusa. Tadaaa! Toples lucu Rudolf Anda sudah selesai dibuat! 

8. Garland unik dari sisa kain

Garland unik dari sisa kain
Sumber : elmueble.com

Salah satu dekorasi natal yang wajib ada di rumah adalah garland. Anda dapat membuatnya sendiri dengan bahan seadanya, loh!

Cukup kumpulkan beberapa kain bekas dengan motif berbeda. Lalu, guntinglah kain tersebut menjadi beberapa potongan kecil yang sama dan ikatlah membentuk pita.

Siapkan seutas tali dari ikatlah kembali pita-pita tersebut ke tali tersebut dengan rapat tanpa berjarak. Rangkailahasepanjang yang Anda inginkan atau sekitar 1 hingga 2 meter.  Anda dapat menggunakan garland ini untuk menghiasi tangga natal di rumah. 

9. Bintang natal dari karton dan benang wol

kerajinan Bintang natal dari karton dan benang wol
Sumber : culturacolectiva.com

Natal juga tidak akan lengkap dengan hiasan bintang-bintang cantik di rumah. Buatlah bintang natal sendiri hanya dengan menggunakan dua bahan, yaitu kertas karton dan benang wol. Gunting kertas karton menjadi bentuk bintang dan lilitkan benang wol ke seluruh potongan karton tersebut. Lakukan secara perlahan agar hasilnya akan lebih rapi dan cantik.

10. Gantungan pohon natal dari kain bekas

kerajinan Gantungan pohon natal dari kain bekas
Sumber : rustic-crafts.com

Anda juga dapat mengkreasikan kain bekas di rumah menjadi gantungan berbentuk pohon natal, loh. Siapkan beberapa motif kain bekas dan potong kecil-kecil dengan lebar 1 cm dan panjang 5 hingga 10 cm. Ikatlah kain tersebut ke sebuah ranting pohon dari yang terpanjang hingga yang terpendek untuk menjadi puncak pohon. Terakhir, tambahkan tali gantungan agar Anda dapat menggantungnya di pohon natal atau bagian rumah lainnya.

Nah, itu dia 10 ide kerajinan tangan untuk natal dari barang bekas yang sangat unik dan mudah dibuat. Lucu sekali, bukan? Namun, jika tidak memiliki banyak waktu untuk membuatnya, Anda dapat membeli hiasan natal yang cantik di Ruparupa.com dengan klik di sini. Simak juga beberapa rekomendasi produk dekorasi natal dari Ruparupa berikut ini.

Noelle 12x6.4 Cm Pita Hias Gold Holiday Wording - Merah Christmas
Noelle 12×6.4 Cm Pita Hias Gold Holiday Wording – Merah Christmas beli di Ruparupa.com.
Pita natal akan selalu menjadi pilihan yang tepat untuk menghiasi rumah Anda selama natal. Anda juga dapat menggunakannya untuk hiasan pada pohon natal dari bekas tisu roll atau kado natal yang cantik.

Beli di sini

Noelle 10 Cm Set 4 Pcs Dekorasi Natal Christmas Star - Gold
Noelle 10 Cm Set 4 Pcs Dekorasi Natal Christmas Star – Gold beli di Ruparupa.com.
Natal tidak akan lengkap tanpa hiasan bintang-bintang yang berkilau. Jika Anda tidak sempat membuatnya, belilah hiasan natal yang cantik satu ini.

Beli di sini

Noelle 2.5 Cm Bola Dekorasi Natal Mixed - Merah Berry
Noelle 2.5 Cm Bola Dekorasi Natal Mixed – Merah Berry beli di Ruparupa.com.
Bola-bola natal yang mungil ini dapat Anda gunakan untuk menghiasi pohon natal dari bekas tisu roll atau kerajinan tangan natal lainnya. Anda juga dapat menggunakannya untuk dekorasi natal di rumah.

Beli di sini

Noelle Set 22 Pcs Dekorasi Natal Ornament Candy Box
Noelle Set 22 Pcs Dekorasi Natal Ornament Candy Box beli di Ruparupa.com.
Hadirkan ornamen natal mungil yang cantik ini untuk melengkapi dekorasi natal di rumah Anda. Terdiri dari beberapa bentuk lucu yang membuatnya sangat menarik dan bervariasi.

Beli di sini