Ini Dia Jenis-Jenis Batik Kawung yang Perlu Kamu Tahu

0
161
batik kawung bantal
Sumber: commons.wikimedia.org

Batik merupakan kain tradisional yang menjadi warisan budaya Indonesia. Nah, salah satu jenis batik yang sarat akan makna adalah batik kawung.

Promo Furnifest

Batik kawung sendiri merupakan batik asal Yogyakarta dengan motif khas berbentuk bulat, mirip buah kolang-kaling (kawung). Biasanya, motif ini ditata secara geometris.

Namun, ada pula sumber lain yang menyebutkan bahwa batik ini memiliki motif berupa empat lembar mahkota bunga teratai, yang sedang mekar sehingga melambangkan kesempurnaan dan kesucian.

Motif batik kawung mulai dikenal pada abad ke-13 dan hanya muncul pada ukiran candi, seperti Prambanan. Pada awalnya, jenis batik ini hanya digunakan oleh anggota keraton. Namun, lambat laun batik kawung mulai dipakai oleh berbagai golongan masyarakat.

Nah, berdasarkan motif dan ukurannya, ternyata batik kawung terbagi menjadi beberapa jenis, lho. Daripada penasaran, kita cari tahu melalui penjelasan berikut ini, yuk!

Macam-macam Batik Kawung 

Kalau kamu memperhatikan berbagai jenis batik kawung dengan saksama, biasanya kamu akan menemukan perbedaan ukuran dari setiap bulatan pada motifnya.

Nah, berdasarkan ukuran tersebut, batik kawung pun terbagi menjadi empat jenis, seperti berikut ini.

1. Batik Picis

Motif bulatan pada batik picis biasanya memiliki ukuran lebih kecil dibanding jenis batik lainnya. Kata picis sendiri memiliki arti mata uang bernilai 10 sen atau sekadar merujuk pada sesuatu yang kecil.

Baca Juga:   6 Jenis Kain Tradisional Selain Batik untuk Hari Kartini
picis
Sumber: commons.wikimedia.org

2. Batik Bribil

Batik bribil memiliki motif bulat yang berukuran lebih besar daripada batik picis. Kemudian, nama bribil sendiri mengikuti mata uang yang bernilai setengah sen dalam kamus bahasa Jawa.

3. Batik Sen

Kemudian, ada batik sen yang memiliki motif bulat lonjong dengan ukuran lebih besar dari batik bribil. Seperti namanya, jenis batik ini sesuai dengan bentuk koin satu sen di masa kolonial.

4. Batik Kemplong

Nah, terakhir ada pula batik kemplong. Jenis batik ini memiliki motif bulatan yang sama seperti jenis batik lainnya, tetapi berukuran lebih besar.

kemplong
Sumber: commons.wikimedia.org

Apa Saja Jenis Batik Kawung Berdasarkan Motif?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa motif batik kawung memiliki bentuk bulatan. Meski begitu, batik satu ini juga tidak luput dari berbagai modifikasi sehingga menghasilkan variasi desain tanpa menghilangkan ciri khas utamanya.

Adapun beberapa jenis desain batik kawung yang dapat kamu temui di pasaran, seperti berikut ini.

1. Batik Beton

Batik beton memiliki desain motif berupa empat buah bulatan dan dua titik segi empat di dalamnya, yang seolah-olah dibatasi oleh garis silang.

Penamaan pada batik beton sendiri berasal dari biji buah nangka yang melambangkan bahwa kebaikan itu tidak selalu ditunjukkan.

2. Batik Geger

Nah, jenis batik satu ini dianggap sakral sehingga hanya boleh dipakai oleh raja dan keluarganya. Batik geger sendiri memiliki motif kawung berukuran besar dengan tambahan motif kawung yang lebih kecil di dalamnya.

Baca Juga:   5 Teknik Pembuatan Batik dan Cara Membedakannya

3. Batik Sekar Ageng

Sesuai namanya sekar (bunga) dan ageng (besar), motif pada batik satu ini tampak seperti bunga berukuran besar jika dibandingkan dengan motif batik lainnya.

Batik sekar ageng memiliki pola berbentuk bujur sangkar dengan tiga buah titik yang diikuti tiga garis di setiap ornamen utamanya.

4. Batik Sari/Kopi

Batik satu ini memiliki motif unik seperti biji kopi karena bentuknya yang bulat lonjong dengan garis yang membelah bagian tengah. Tidak heran, batik ini akhirnya memiliki sebutan sebagai batik kopi.

sari/kopi
Sumber: commons.wikimedia.org

Nah, itu dia beberapa jenis batik kawung yang perlu kamu ketahui. Selain batik kawung, ada pula jenis batik lain dari berbagai daerah yang tidak kalah terkenal, seperti batik parang dari Solo, batik megamendung dari Cirebon, dan batik sekar jagad dari Yogyakarta atau Solo.

Tidak hanya dijadikan sebagai pakaian, kamu juga dapat menemukan berbagai aksesoris yang terbuat dari batik-batik tersebut, lho. Jika kamu tertarik, berikut adalah beberapa rekomendasi produk fashion dari batik yang dapat kamu gunakan.

tas batik megamendung
Passport Tas Belanja Motif Batik Mega Mendung – Biru
Tas batik megamendung yang ramah lingkungan dan memiliki kapasitas luas.

Beli di sini

batik sekar jagad
Pendopo Kain Batik Sekar Jagad Wastra Atbm
Batik sekar jagad dengan bahan katun berkualitas yang premium sehingga halus dan nyaman saat digunakan.

Beli di sini

batik parang
Pendopo Kemeja Batik Pria Motif Parang Barong Regular Fit
Kemeja batik parang dengan material katun berkaulitas sehingga sejuk saat digunakan

Beli di sini

kemeja batik parang
Pendopo Kemeja Batik Pria Motif Parang Tralis Regular Fit
Kemeja batik parang bergaya stylish cocok untu berbagai acara formal.

Beli di sini

Tentu, seluruh batik di atas dapat kamu temukan dengan mudah hanya melalui Ruparupa.com.

Selain menawarkan beragam jenis batik, situs belanja satu ini juga menyediakan perlengkapan rumah tangga lainnya dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi, lho.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, dapatkan batik favorit kamu sekarang juga!