8 Macam Jenis Batik dan Penjelasannya

0
28442

Jenis batik dan penjelasannya – Indonesia kaya sekali akan seni budaya nya, termasuk dalam hal batik. Kata batik berasal dari bahasa Jawa ambhatik yang terdiri dari kata amba yang berarti lebar, luas, kain dan kata bhatik yang berarti titik atau matik.

Kedua kata tersebut berkembang menjadi istilah batik yang dapat diartikan sebagai kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain. Tiap motif batik juga memiliki sejarah nya sendiri dari setiap daerah.

Simak yuk, 8 macam jenis batik dan penjelasannya.

Batik Parang Rusak

ezabatik.com

Batik Parang Rusak merupakan motif batik yang sangat populer. Motif batik Parang Rusak menggambarkan arti dari pertarungan antara manusia yang melawan kejahatan. Pertarungan yang dimaksud adalah mengendalikan diri dari semua hal buruk, sehingga mereka dapat menjadi manusia yang lebih bijaksana dan mulia.

Batik Megamendung

graphicriver.net

Mega Mendung merupakan salah satu jenis motif batik yang populer di daerah Cirebon. Motif batik dengan pola-pola awan ini terdiri dari kata Mega yang berarti awan, serta Mendung yang diartikan sebagai sifat yang sabar. Gradasi yang ada di motif ini sesuai dengan tujuh lapisan yang ada di langit.

Batik Kawung

freepik.com

Batik kawung memiliki motif tua dan berasal dari tanah Jawa. Motif kawung merupakan gambaran dari buah kawung atau buah aren.  Filosofi nya sendiri diantara nya adalah pengendalian diri yang sempurna, hati yang bersih tanpa ada nya keinginan untuk ria.

Batik Tujuh Rupa Pekalongan

ezabatik.com

Pekalongan merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan pengrajin batik dan pusat batik nya. Ciri khas dari batik Pekalongan yakni didominasi dengan motif tumbuh – tumbuhan dan hewan. Batik Pekalongan menggambarkan ciri kehidupan masyarakat pesisir yang mudah beradaptasi pengaruh budaya luar. 

Batik Sidoluhur

id.pinterest.com/pin/120612096254471442

Motif Sidoluhur umumnya dipakai oleh pengantin wanita pada saat malam pengantin. Sido dalam bahasa Jawa berarti jadi atau menjadi, luhur berarti terhormat dan bermartabat. Sehingga, batik Sidoluhur ini menjadi salah satu bentuk doa sang pemakai agar selalu sehat jasmani rohani, serta menjadi orang yang terhormat dan bermartabat.

Batik Bali

id.pinterest.com/pin/70861394122208758

Tidak hanya dari jawa, batik khas Pulau Dewata ini juga tak kalah populer loh Ruppers. Motif batik Bali banyak terinspirasi dari berbagai hewan seperti kura-kura, burung bangau, dan rusa. Warna-warna yang digunakan pada batik Bali juga dominan warna cerah, seperti biru, kuning, dan ungu.

Batik Lasem

etsy.com

Batik Lasem berasal dari Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Lasem juga diyakini sebagai daerah pertama kali yang menerima kedatangan warga Tionghoa di Nusantara. Batik Lasem cenderung didominasi dengan warna merah yang kental dengan nuansa China. Motif ini memiliki warna yang mencolok. 

Batik Betawi

goodnewsfromindonesia.id

Tidak kalah dengan daerah lain, Jakarta juga memiliki batik khas loh. Pilihan warna cerah yang mencolok dipadukan dengan motif unik khas Betawi seperti ondel-ondel, pucuk rebung, nusa kelapa, dan gambang kromong menjadi ciri khas batik Betawi. Biasanya batik ini dipakai saat kegiatan abang none atau pameran kebudayaan Jakarta.

Diatas adalah 8 jenis batik dan penjelasannya. Tidak hanya 8 jenis batik, Indonesia memiliki banyak sekali ragam batik. Namun, 8 jenis batik diatas adalah jenis batik yang umum digunakan.

Untuk menghindari batik kesayangan Anda lecek, gunakan 5 alternatif produk untuk mencegah batik kesayangan lecek berikut ini yuk.

Gantungan Pakaian

Lemari Pakaian Lipat

Lemari Pakaian

Beli disini

Gantungan Baju

Gantungan Baju

Lengkapi kebutuhan untuk pakaian Anda lainnya hanya di Ruparupa.