Kenali Perbedaan Garam Dapur dan Garam Laut

0
1005
garam dapur
sumber: unsplash.com

Salah satu bumbu penyedap makanan yang wajib digunakan saat masak adalah garam. Namun, saat ini jenis garam yang digunakan pun semakin beraneka ragam. Tidak hanya ada garam dapur, tetapi banyak orang yang mulai menggunakan garam laut. Lalu, apa yang yang membedakan garam dapur dengan garam laut? Simak berikut ini.

Perbedaan Garam Dapur dan Garam Laut

Agar Anda bisa lebih mudah membedakan kedua jenis garam ini, simak karakteristik dari masing-masingnya berikut ini.

Ruparupa Banner

Garam Dapur

garam dapur
sumber: pixabay.com

Salah satu perbedaan yang paling kentara antara kedua jenis garam ini terletak pada rasa, tekstur, dan bagaimana cara mengolahnya.

Umumnya, garam dapur diperoleh dari tambang. Dalam proses pengolahannya, mineral yang terkandung dalam garam ini pun akan menjadi hilang. Namun, garam dapur memiliki kandungan yodium, yang baik untuk kesehatan, seperti membantu menjaga kesehatan tiroid. Soalnya, kandungan zat aditif alami yang dimilikinya dapat mencegah terjadinya penggumpalan.

Sayangnya, natrium (NaCl) yang terkandung dalamnya justru bisa meningkatkan tekanan darah untuk sebagian orang. Untuk itulah, para dokter kerap menyarankan unutk menggunakan garam yang rendah natrium, khususnya buat mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

Baca Juga:   Ketahui Apa Itu Chopper dan Bedanya dengan Blender
tempat garam
Krischef Set Tempat Garam Dan Merica – Hadirkan kemudahan dalam menyajikan kedua bumbu di meja dengan tempat garam dan merica yang cantik.

Beli di sini

Garam Laut

garam laut
sumber: pixabay.com

Bila garam dapur melalui proses dari tambang, garam satu ini justru diambil dari penguapan air laut. Biasanya, garam laut masih memiliki kadar mineralnya sehingga warna dan rasanya berbeda dari garam lainnya. 

Selain itu, garam laut tidak mengandung yodium, seperti garam dapur. Tidak heran bila bumbu jenis ini banyak dipromosikan sebagai garam yang lebih sehat untuk dikonsumsi. Meski begitu, kedua jenis garam ini memiliki nilai gizi dan jumlah natrium yang sebanding bila dihitung dari beratnya.

Bila dilihat dari bentuknya, garam laut biasanya punya tekstur yang cantik sehingga bisa membuat makanan terlihat lebih menarikn. Selain itu, tekstur garam yang garing, dapat memberikan sensasi renyah pada makanan. 

Baca Juga:   Garam (untuk) Dapur
Sinoglass Tempat Garam Dan Lada
Sinoglass Tempat Garam Dan Lada – Bisa Anda gunakan sebagai tempat menyimpan garam laut. Tempat ini kedap udara dan anti air sehingga sangat baik Anda pakai untuk menyimpan berbagai bumbu dapur.

Beli di sini

Itu dia perbedaan dari kedua jenis garam ini. Apa pun jenis garam yang Anda gunakan pastikan Anda menggunakan dalam takaran yang sedang dan tidak berlebihan. Bila terlalu banyak mengonsumsi garam, justru bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh kita. 

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi penggunaan garam pada makanan adalah dengan memanfaat bumbu atau rempah lainna dalam meningkatkan cita rasa pada makanan. 

garam dapur
Kokubo Tempat Garam & Merica – brand asal Jepang ini sangat praktis digunakan untuk mengisi berbagai bumbu dapur seperti garam maupun lada. Yuk, dapatkan sekarang.

Beli di sini

Agar bumbu dapur yang Anda gunakan tertata dengan manis dan estetik, Anda bisa memakai tempat khusus garam. Nah, Anda bisa membeli berbagai stoples untuk bumbu dan berbagai perlengkapan dapur lainnya hanya di Ruparupa.

Pilih tempat garam dan merica yang cantik untuk membuat pengalaman memasak di rumah semakin menyenangkan. Yuk, lengkapi peralatan dapur di rumah Anda dengan berbagai produk berkualitas dari Ruparupa. Jangan lewatkan juga berbagai promo menarik lainnya. Selamat belanja!