Etika Ketika Hadir di Pesta Pribadi

0
6386
Tata Krama & Etika Ketika Hadir di Pesta Pribadi

Momen akhir tahun biasanya juga dimanfaatkan oleh beberapa keluarga untuk menyelenggarakan pesta pribadi sendiri. Entah itu berbentuk lunch & tea time di siang hari atau bbq party di sore hari. Saat bertindak sebagai tamu, mungkin sebagian dari Anda beranggapan, “kalau diundang, ya datang saja.” Tapi sebenarnya tidak sesederhana itu juga. Ada beberapa tata krama & etiket yang berlaku saat Anda menghadiri suatu acara.

Tamu yang bersikap baik menunjukkan rasa terima kasihnya kepada tuan rumah atas undangan mereka, kata ahli etiket Diane Gottsman.

Berikut tata krama yang tak boleh dilupakan ketika Anda menjadi tamu di suatu pesta, seperti dilansir tempo.co:

1. Konfirmasi Kehadiran

Untuk undangan acara formal maupun santai, konfirmasi kehadiran menjadi hal nomor satu yang harus dilakukan seorang tamu. Sebab, ini menyangkut norma kesopanan dalam rangka menghargai tuan rumah atau pihak pengundang. “Bahkan jika tidak diminta mengkonfirmasi, sebaiknya tetap melakukannya,” kata ahli etiket Sharon Schweitzer.

Ruparupa Banner

2. Membawa Buah Tangan

Selalu menjadi ide baik untuk tidak membawa tangan kosong saat mengunjungi seseorang, tidak peduli seberapa dekat Anda dengan tuan rumah. Pemberian atau hadiah tak harus mahal. “Anda sebaiknya datang dengan hadiah untuk tuan rumah,” kata ahli etiket Jodi RR Smith. “Hadiah bisa berupa bunga, lilin dengan tempat lucu sesuai tema pesta atau set gelas cantik.

Baca Juga:   Makan Malam Akhir Tahun yang Meriah

3. Membantu Tuan Rumah

Tidak pernah ada salahnya untuk membantu. “Buatlah diri Anda berguna dengan membantu, misalnya merapikan rumah, menata peralatan makan, dan lain-lain,” kata Smith. Selalu tawarkan diri Anda untuk mengulurkan tangan.

4. Minta Izin

Sangat mudah untuk merasa nyaman di suatu tempat, tapi sebaiknya bertanya dulu sebelum menyentuh barang-barang milik tuan rumah. “Menjadi tamu di rumah seseorang tidak otomatis memberikan Anda akses ke segala sesuatu yang ada di dalam rumah,” kata Smith. “Pastikan Anda bertanya dan meminta izin dulu jika perlu atau ingin menggunakan sesuatu milik tuan rumah.”

5. Tanya Tuan Rumah tentang Tamu Tambahan

Jika yang diundang ke suatu acara hanya Anda seorang, tapi kemudian Anda mengajak teman untuk ikut serta, akan lebih sopan apabila bertanya dulu kepada tuan rumah apakah boleh membawa tamu tambahan. “Jangan sampai tamu tambahan muncul mendadak,” kata Schweitzer. “Membawa tamu tambahan tanpa konfirmasi akan kurang sopan bagi tuan rumah yang telah membuat rencana khusus untuk tamu undangannya.”

6. Jangan Meminta yang Tak disediakan

“Jika ada sesuatu yang tidak disediakan di atas meja, seperti garam, merica, atau saus tomat, hindari memintanya kepada tuan rumah,” kata Gottsman. “Jika tak ada dalam hidangan, artinya mereka berpikir Anda bisa menyantap yang disuguhkan tanpa itu.”

Baca Juga:   6 Tips Membuat Pesta Tahun Baru di Rumah yang Aman

7. Berbaur dengan Tamu Lain

Mungkin sulit untuk mencairkan suasana dan berbicara akrab dengan orang-orang baru yang belum pernah Anda kenal. Tapi penting untuk tidak membentuk geng di sebuah pertemuan. “Berbaur dengan orang yang Anda tidak tahu,” kata Gottman. “Tidak ada yang lebih buruk bagi tuan rumah daripada menyaksikan tamu mereka bercakap-cakap di geng kecil dan tidak menerima orang lain.”

8. Berterima Kasih Kepada Tuan Rumah

“Cari dan ucapkan terima kasih kepada tuan rumah sebelum meninggalkan pesta atas undangan mereka berikan,” kata Schweitzer. “Sebutkan aspek tertentu yang Anda sangat nikmati, seperti masakan yang disuguhkan atau pertunjukan karoke dadakan sang tuan rumah.

Tata krama & etika dalam menghadiri sebuah acara merupakan kunci untuk relasi yang baik di masa yang akan datang. Sekarang. hadiah apa yang Anda pikirkan cocok untuk si tuan rumah? Daripada bingung atau tidak mempunyai ide, mengapa Anda tidak mencarinya dari Holiday Gift Catalogue kami? Lengkap dengan Gift Ideas for family who wants to host their year end party.