8 Keunikan Rumah Gadang Minangkabau, Tahan Gempa!

0
7550
rumah gadang minangkabau
Sumber: guidetrip.info

Bila kamu suka ke rumah makan Padang, pasti suka melihat gambar rumah adat yang sering di logonya. Ya, itu adalah Rumah Gadang asal Minangkabau, Sumatera Barat, lho!

Rumah Gadang ternyata memiliki berbagai keunikan, mulai dari segi bentuk, material bangunan, hingga ukiran yang membuatnya menjadi terlihat menawan. 

Ruparupa Banner
keunikan rumah gadang
Sumber: pixabay.com

Fakta Unik Rumah Gadang

Selain itu, rumah adat provinsi satu ini juga menyimpan banyak keunikan lainnya. Apa saja itu?

1. Atap Berbentuk Seperti Tanduk Kerbau

Hal pertama yang paling unik dan khas dari rumah Gadang adalah bentuk atapnya seperti tanduk kerbau. Atap ini disebut sebagai gonjong, yang akan semakin lancip pada bagian ujung.

Pada zaman dahulu, suku Minangkabau sering memenangkan adu kerbau saat melawan raja dari kerajaan Jawa. Hal inilah yang menginspirasikan masyarakat Minangkabau untuk membuat rumah adat seperti tanduk kerbau.

Selain itu, bentuk tanduk kerbau juga melambangkan persatuan dan kesatuan masyarakat Minangkabau dengan simbol atap gonjong sebanyak tiga lapis yang disatukan.

2. Terdapat Banyak Pilar dan Lanjar

Rumah Gadang juga termasuk rumah panggung. Tidak heran bila rumah ini memiliki diperlukan pilar-pilar yang kokoh dan kuat.

Biasanya, dalam membuat rumah Gadang akan menggunakan lebih dari lima baris pilar untuk menopang keseluruhannya.

Baca Juga:   9 Keunikan Rumah Adat Baileo yang Wajib Diketahui

Pilar-pilar tersebut akan membentuk empat buah ruangan memanjang, yang biasa disebut sebagai lanjar.

Nah, biasanya ada keempat lanjar tersebut selalu ada di dalam satu rumah. Tiga lanjar pertama akan berfungsi sebagai ruang tamu dan ruang keluarga. Sedangkan lanjar terakhir, akan digunakan sebagai kamar tidur.

pilar rumah gadang
Sumber: nitastrudwickphotography.com

3. Jumlah Kamar Sesuai dengan Penghuni Perempuan

Keunikan selanjutnya dari rumah adat asal Minangkabau adalah jumlah kamarnya. Kalau biasanya saat kita membangun rumah akan menyesuaiakan dengan jumlah penghuni, berbeda dengan rumah Gadang. 

Jumlah kamarnya justru akan menyesuaikan dengan berapa banyak penghuni perempuan yang akan tinggal di sana.

Bagi perempuan yang sudah menikah, maka akan diberikan kamar khusus yang lebih tertutup. Hal ini bertujuan untuk menjaga privasi dan menghindari munculnya fitnah. 

4. Dilengkapi Tiang-tiang Anti Gempa

Dengan melihat bentuk dan struktur bangunannya, kamu pasti akan segera tahu kalau rumah Gadang ini sangat kokoh. Bahkan, rumah adat ini memiliki ketahanan yang kuat terhadap guncangan gempa, lho. 

Tentunya, rumah di sini sangat amat, mengingat wilayah Sumatera Barat cukup rawan bencana gempa bumi. 

Hal yang membuat rumah Gadang tahan gempa adalah penggunaan batu santu sebagai penyangga pilar utama. Batu ini berperan sebagai penyangga sehingga pilar kayu tidak langsung menyentuh permukaan tanah. 

5. Tidak Menggunakan Paku

Dalam setiap pembuatan bangunan pasti akan memerlukan paku. Berbeda dengan rumah Gadang yang dalam proses pembangunannya tidak menggunakan satu pun paku. 

Alih-alih paku, rumah Gadang menggunakan pasak untuk merekatkan berbagai komponen penyusun bangunannya sehingga lebih kokoh dan tahan guncangan.

Baca Juga:   5 Macam Rumah Adat Kalimantan Timur dan Ciri Khas

Pasak dipercaya dapat membuat kayu bangunan tidak mudah patah dan roboh. 

6. Dapur terpisah dari rumah utama

Setiap rumah pasti membutuhkan dapur untuk menyiapkan makanan sehari-hari. Biasanya, dapur akan  terletak di bagian dalam rumah. Namun, berbeda halnya dengan rumah Gadang. 

Di rumah adat Minangkabau ini, meletakkan dapur terpisah dari rumah. Nah, area dapur akan  berada di halaman belakang rumah. Namun, bagian dapur dibuat sangat megah dan nyaman. 

7. Terdapat Rangkiang di Pinggir Rumah

Rangkiang merupakan lumbung berupa rumah kecil yang ada di pinggir rumah Gadang. Fungsi dari Rangkiang adalah untuk menyimpan berbagai persediaan makanan, serta padi. 

Biasanya, terdapat pintu kecil untuk naik ke atas. Selain itu, rangkiang juga memiliki loteng berbentuk segitiga bernama singkok. 

8. Anti Rayap

Material bangunan rumah Gadang menggunakan pohon juha. Setelah ditebang, kayu  tidak langsung digunakan untuk membuat bangunan rumah melainkan harus direndam air selama beberapa tahun. 

Hal ini yang membuat kayu menjadi lebih kokoh, tapi tetap fleksibel. Tentunya, rayap tidak menyukai kayu yang sudah lama terendam air. 

rumah adat minangkabau
Sumber: flickr.com

Itulah beberapa fakta unik dari rumah adat asal Minangkabau. Tentunya, keindahan arsitektur rumah adat di Indonesia memang sangat menarik.

Nah, bila kamu ingin mencari berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas, kamu dapat menemukannya hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menjual berbagai produk home living dan lifestyle yang kamu butuhkan. Dapatkan juga berbagai penawaran menarik dengan berbelanja di Ruparupa. Selamat belanja.