5 Macam Rumah Adat Kalimantan Timur dan Ciri Khas

0
10972
rumah adat kalimantan timur

Kalimantan Timur menjadi salah satu provinsi yang memiliki ciri khas menarik dari segi arsitektur. Salah satunya adalah rumah adat Kalimantan Timur yang memiliki bentuk unik, serta makna dan filosofis menarik.

Rumah adat provinsi Kalimantan Timur sendiri memiliki beberapa model dengan ciri khas dan keunikan yang berbeda-beda, baik dari segi material, model, hingga warna bangunan.

Ruparupa Banner

Macam-Macam Rumah Adat Kalimantan Timur

Lalu, apa saja model rumah adat Kalimantan Timur, yang akan menjadi ibukota negara Indonesia ini? Simak berikut ini.

1. Rumah adat Lamin

Rumah adat Lamin merupakan rumah adat yang menjadi tempat kediaman suku Dayak. Bangunan rumah adat Lamin berukuran kurang lebih 300 meter dengan lebar 15 meter.

Ketinggian rumah panggung khas Kalimantan Timur ini mencapai 3 meter. Biasanya, rumah ini memiliki banyak ruangan, yang bisa ditinggali sekitar 25-30 kelapa keluarga atau 100 orang.

rumah adat kalimantan timur
Sumber: flickr.com

Ciri khas rumah adat Lamin bisa kamu temui pada dekorasi rumah dengan motif salur pakis berbagai warna.

Warna tersebut memiliki makna khusus, seperti warna kuning melambangkan kekayaan dan keagungan, merah sebagai lambang keabadian, putih berarti kesucian dan kesederhanaan, serta hitam sebagai penolak bala (musibah).

Tidak hanya itu, rumah adat Lamin juga memiliki banyak ukiran pada tiang penyangga rumah dengan bentuk kepala manusia atau hewan. Sedangkan pada bagian atap rumah, dihiasi dengan patung berbentuk naga atau burung enggang.

Selain itu, pada rumah adat Lamin juga dibangun patung blonthang atau patung untuk menangkal roh-roh jahat, serta menandakan status sosial.

2. Rumah adat Bulungan

Lokasi rumah adat Bulungan berada di kota Tanjung Kelor, Kalimantan Timur. Bangunan rumah adat ini berbentuk formal dan simetris hasil pengaruh zaman kolonial.

Rumah adat Bulungan banyak mendapat pengaruh Melayu, loh. Hal ini bisa terlihat dari penggunaan warna cerah seperti kuning, hijau, dan merah.

Baca Juga:   37 Rumah Adat Provinsi di Indonesia dengan Gambar

Biasanya, rumah adat ini memiliki tiang penyanggah megah, yang menopang bagian atap rumah berbentuk 3 limas. Tiang ini mewakili sejarah 3 kerajaan di Bulungan. Tidak heran bila pada masa kerajaan, rumah adat Bulungan sering menjadi tempat pertemuan kesultanan.

Ukiran pada bagian limas segitiga menggunakan motif bunga dan tanaman sebagai gambaran karakteristik masyarakat setempat.

Pengaruh Islam dalam aristektur rumah adat Bulungan juga sangat kental. Salah satunya adalah terdapat banyak ukiran berbahasa Arab yang kental.

rumah adat bulungan
Sumber: iwarebatik.org

3. Rumah Betang

Rumah adat Betang memiliki artian membentang atau memanjang dengan ukuran kurang lebih 100-150 meter dan lebar 50 meter serta tinggi 5 meter. Hal ini bertujuan untuk berlindung dari banjir karena mereka berada di sekitar sungai.

Mereka percaya bahwa pusat kehidupan berada di sekitar sungai karena terdapat banyak kekayaan alam yang melimpah.

Rumah Betang juga termasuk rumah yang megah. Menurut cerita, hewan buas takut menghampiri rumah adat ini. Bangunan ini biasanya ditinggali oleh 5-6 kepala keluarga.

Ciri khas rumah adat Betang adalah  tangga yang hanya bisa dilalui oleh satu orang dan bisa dinaikkan saat malam hari untuk menghindari orang asing masuk, serta mitos ngayau. Ngayau sendiri merupakan istilah untuk hantu kepala terbang.

rumah adat kalimantan timur
Sumber: moondoggiesmusic.com

4. Rumah adat Paser

Rumah adat milik suku Paser ini terletak disekitar sungai dan membuatnya harus berada 2 meter tingginya dari permukaan tanah.

Suku Paser percaya berada di sekitar aliran sungai bisa memberikan mereka kelimpahan pangan, seperti ikan, kerrang, umbi-umbian, buah, juga binatang hutan yang melimpah.

Rumah adat Paser memiliki bentuk atap bangunan berbentuk limas segitiga dengan masing-masing sudut kiri dan kanan sebesar 45 derajat. Atap rumah ini terbuat dari daun nipah atau kulit kayu sungkai.

Pada area lantai bangunan ini menggunakan pohon niung atau bambu, yang dijalin menggunakan rotan dan anak anak kayu bundar.

Dalam satu rumah, biasanya terdapat 3 kepala keluarga yang merupakan orang tua, anak, dan menantu.

Baca Juga:   Adem Banget! 10 Desain Rumah Tropis Masa Kini yang Manis
rumah adat paser
Sumber: milenialjoss.com

5. Rumah adat Wahea

Suku Dayak Wahea atau Wahau merupakan satu-satunya suku yang mendiami Kawasan sungai Tlan dan Long Msaq Teng di wilayah Wehea. Mereka tidak mengenal rumah adat lain, seperti rumah adat Lamin dan Betang.

Rumah adat bernama WAhea ini berbentuk rumah panggung dengan jembatan sebagai penghubung antar sesama suku.

Umumnya, mereka menggunakan pasak kayu dan rotan untuk merekatkan bangunan.

Sumber: architecture.verdant.id

Ciri Khas Rumah Adat Kaltim

Dari semua rumah adat Kalimantan Timur tersebut, terlihat ada beberapa ciri khas yang hampir sama. Apa saja itu?

1. Menggunakan material khas Kalimantan

Rumah adat di provinsi Kalimantan Timur  banyak menggunakan material alam khas Kalimantan, yaitu kayu ulin, yang memiliki karakteristik kuat dan dapat bertahan lama.

Kayu ulin mampu bertahan terhadap terpaan air karena semakin sering dan lama terkena air maka semakin kuat dan keras kayu tersebut. Apalagi, rumah adat Kalimantan Timur banyak ditemukan pada daerah rawa atau pinggir sungai.

2. Berbentuk rumah panggung

Karena berada di daerah kawasan sekitar sungai, rumah adat Kalimantan Timur berbentuk rumah panggung dan berada lebih tinggi dari permukaan tanah.

Bentuk rumah panggung di Kalimanta Timur berfungsi untuk melindungi seisi rumah dari bahaya banjir, hewan buas, bahkan roh jahat.

3. Memiliki warna dan ukiran yang menarik

Rumah adat Kalimantan dilengkapi oleh warna-warna yang memiliki makna yang beragam dan tentunya bersifat positif untuk memberikan semangat bagi seluruh penghuni rumah.

Mereka juga terbiasa membuat patung dengan ukiran-ukiran berbentuk kerangka manusia dan hewan sebagai bentuk perlindungan bagi seisi rumah agar terhindar dari gangguan hantu yang bergentayangan.

***

Itu dia berbagai model dan ciri khas dari rumah adat Kalimantan Timur. Bila kamu berencana untuk membuat rumah panggung modern, arsitektur dari rumah adat satu ini bisa jadi inspirasi yang tepat.

Nah, kamu bisa mendapatkan berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga untuk mendekorasi hunian agar terlihat lebih menawan hanya di Ruparupa.com. Situs belanja satu ini menyediakan furnitur dan produk home living terbaik.