Mengusir semut – Walaupun badannya sangat kecil, ternyata kehadiran hewan yang satu ini sering membuat Ruppers dan keluarga menjadi terganggu. Bahkan, tidak jarang hewan mungil ini suka menggigit kapan pun dan dimana pun.

Bagaimana tidak terganggu? Ketika melihat makanan atau minuman yang terjatuh, binatang kecil ini selalu membawa koloni – koloninya yang semakin lama di biarkan maka semakin banyak juga koloninya. Tapi Ruppers dapat mengusirnya cukup dengan bahan – bahan yang mudah didapat loh!

Lalu bagaimana yah cara membasmi hewan kecil satu ini? Simak yuk, cara mengusir semut paling ampuh, mudah didapat!

Obat Nyamuk Semprot

pexels.com

Umumnya, cara mengusir semut bisa dilakukan dengan menyemprot obat nyamuk berbahan pestisida. Namun, terlalu sering menggunakan pestisida di rumah dapat berdampak buruk bagi penghuni rumah yah Ruppers, terutama jika jarak penyemprotan dekat dengan makanan atau minuman. Untuk itu, tetap memperhatikan sekitar saat menyemprot yah.

Cuka dan air

pexels.com

Bahan dapur yang satu ini dapat berguna untuk mengusir semut. Anda cukup membubuhkan larutan cuka bercampur air, lalu hewan kecil ini dapat mencium bau cuka yang sudah kering dan menghindarinya.

Bubuk kopi

unsplash.com

Bubuk kopi tidak hanya nikmat sebagai minuman, ternyata bubuk kopi juga ampuh mengusir hewan mungil ini loh. Cukup letakkan bubuk kopi di daerah semut berkumpul. Hal ini ampuh karena semut tidak menyukai bubuk kopi.

Tepuk Maizena

pexels.com

Tepung maizena atau tepung jagung ini dapat dijadikan sebagai alternatif membasmi semut. Taburkan tepung maizena di area yang mungkin terdapat sarang semut. Anda juga dapat menambahkan air di atas taburan tepung. Maka campuran tepung dan air tersebut bisa mematikan banyak semut.

Bubuk cabai rawit

id.pinterest.com/pin/172403491972202704

Hewan kecil ini tidak menyukai aroma pedas. Cukup letakkan bubuk cabai ke dalam wadah kecil dan dekatkan dengan makanan yang akan diburu semut. Lalu, semut-semut tersebut akan menghilang dengan sendirinya.

Cengkeh

flickr.com

Cara mengusir hewan ini tanpa perlu air adalah menggunakan cengkeh sebagai alternatif. Anda dapat menempatkan 5-10 cengkeh di tempat yang banyak semut. Aroma cengkeh yang kuat tidak disukai semut sehingga mereka akan pergi dengan sendirinya. 

Bubuk Kayu manis

pexels.com

Bubuk kayu manis juga menjadi salah satu bahan dapur yang digunakan untuk membasmi semut. Anda dapat menaburkan bubuk ini di area rumah Anda yang sering dilewati oleh semut. Mudah bukan?

Garam

unsplash.com

Garam sebenarnya tidak akan membunuh semut, tetapi garam dapat mencegah dan menghentikan semut yang datang. Anda dapat menaburkan garam ke retakan, lubang, atau daerah yang semut rawan datang. Pastikan bahwa daerah yang akan ditaburi tersebut dalam keadaan kering.

Sabun cuci piring

pexels.com

Air sabun adalah insektisida alami yang dapat membunuh semut. Tidak hanya semut sebagain serangga lainnya juga dapat terbunuh loh. Cukup mengisi sebuah botol semprotan dengan satu bagian sabun cuci piring dan dua bagian air lalu kocok dan semprotkan pada semut. Bersihkan semut yang mati dengan lap basah.

Bedak tabur

id.pinterest.com/pin/741968107347371580

Anda bisa memanfaatkan bedak tabur sebagai salah satu cara untuk membasmi semut di rumah. Anda cukup menyebarkan bedak tabur di sarang semut. Umumnya, semut tidak suka berjalan melewati bubuk, apalagi jika bubuk tersebut menempel di tubuhnya.

Bahan – bahan untuk megusir semut diatas tentu ampuh dan mudah didapat kan Ruppers? Semuanya tersedia pada rumah Anda. Jika bahan pertama tidak ampuh, Anda dapat menggunakan bahan – bahan yang lainnya dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan rumah. Mudah bukan? Silahkan mencoba yah Ruppers.