6 Cara Mudah Membersihkan Mainan Sylvanian Families

0
348
Sylvanian Families Boneka City House With Lights Renewal

Mainan Sylvanian Families merupakan mainan boneka atau patung berbentuk hewan antropomorfik yang mungil dan lucu terbuat dari plastik berkelompok. Biasanya, mainan ini terdiri dari karakter hewan, seperti kelinci, kucing, koala, anjing, dan sebagainya.

Selain bisa dimainkan, kamu juga bisa mengoleksi Sylvanian Families sebagai pajangan. Tidak heran bila harga mainan satu ini cukup mahal.

Ruparupa Banner

Untuk itulah, kita harus merawat mainan ini dengan baik. Salah satu caranya adalah memastikan kebersihan dan kecantikan koleksi Sylvanian Families tetap terjaga.

Lalu, Bagaimana Cara Membersihkan Mainan Sylvanian Families?

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membersihkan mainan satu ini, seperti berikut.

1. Gosok dengan menggunakan sikat gigi halus

Cara pertama adalah menyikat mainan Sylvanian Families dengan sikat gigi halus secara perlahan dan lembut. Cara ini bisa dilakukan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. 

Baca Juga:   5 Langkah Mencuci Peralatan Makan Bayi yang Benar

Pastikan untuk tidak menyikatnya terlalu kuat karena dapat menyebabkan mainan jadi rusak dan robek. Kamu juga bisa menggunakan selotip untuk membantu menghilangkan kotorannya.

2. Tepuk dengan handuk wajah yang lembut

Selain itu, kamu bisa menggunakan handuk wajah lembut yang sedikit lembab untuk menepuk-nepuk area bernoda pada mainan Sylvanian Families. Namun, pastikan kamu tidak menggosoknya karena justru akan membuat mainan jadi basah dan rusak.

3. Gunakan air sabun bayi untuk membersihkan

Untuk membersihkan boneka Sylvanian Families, hindari menggunakan deterjen atau cairan pembersih dengan bahan kimia keras, seperti pemutih. Soalnya,  bahan kimia keras dapat membuat material maina jadi cepat rapuh dan warnanya memudar.

Lebih baik gunakan sabun bayi dan air hangat. Lalu, basahkan handuk ke dalam campuran tersebut dan bersihkan secara perlahan.

4. Hindari menggunakan kuku agar tidak menggores

Kuku panjang bisa membuat mainan jadi tergores. Jadi, pastikan kamu membersihkan mainan ini dengan keadaan kuku yang sudah terpotong rapi. Selain itu, kamu dapat mengusap mainan menggunakan bantalan jari agar tidak terkena kuku.

Sylvanian Families Baby Tree House Esfj53180

5. Keringkan dengan menggunakan hair dryer atau kipas angin

Setelah kamu mencucinya dengan bersih, pastikan kamu mengeringkan mainan ini agar tidak lembab dan berjamur. Nah, kamu bisa mengeringkannya menggunakan hair dryer dengan kecepatan rendah dan kipas angin.

Baca Juga:   5 Tips Menyimpan Mainan Sylvanian Families di Rumah

Namun, pastikan kamu sudah menghilangkan sisa air dari boneka Sylvanian Families dengan menggunakan handuk. Jadinya, proses pengeringan bisa lebih cepat. 

6. Pastikan boneka benar-benar kering sebelum disimpan 

Setelah mengeringkan Sylvanian Families, hindari untuk langsung menyimpannya. Kamu perlu membiarkannya selama beberapa hari di suhu ruangan agar tidak ada uap air yang tersisa di dalam mainan Sylvanian Families.

Dengan begitu, mainan kamu benar-benar kering dan tidak lembab. Jadinya, tidak  menimbulkan jamur dan bau apek.

Sylv-baby Outdoor Series Esfj53980

Mudah sekali bukan cara membersihkan mainan Sylvanian Families ini? Yuk, rawat dan simpan koleksi Sylvanian Families milik kamu dengan baik.

Nah, kamu bisa membeli berbagai koleksi lucu dari Sylvanian Families hanya di ruparupa.com, lho.

Situs belanja online ini menyediakan mainan anak dan perabot terlengkap dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Toys Kingdom, ACE, Infroma, dan masih banyak lagi. 

Berikut ini kami juga punya beberapa rekomendasi mainan Sylvanian Families buat kamu.

Sylvanian Families Eur Log Cabin 28813
Sylvanian Families Eur Log Cabin 28813

Beli di sini

Sylvanian Families Set Mainan Anak Dining Room
Sylvanian Families Set Mainan Anak Dining Room

Beli di sini

Sylvanian Families-creamy Gelato Shop
Sylvanian Families-creamy Gelato Shop

Beli di sini

Sylvanian Families-delicious Restaurant
Sylvanian Families-delicious Restaurant

Beli di sini