5 Cara Ajarkan Anak Bermain Sepak Bola Sejak Dini

0
688
Sumber: pixabay.com

Ada berbagai pertandingan sepak bola yang rutin diadakan, seperti liga champions dan piala dunia. Tidak heran bila bermain sepak bola menjadi olahraga favorit banyak orang, termasuk anak-anak.

Untuk itulah, kita bisa mengajak si kecil bermain sepak bola bersama-sama. Tentunya,  ada banyak manfaat bermain sepak bola bagi anak, seperti menjaga kesehatan tubuh, melatih kerja sama, dan jadi lebih disiplin.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Mengajarkan Anak Bermain Sepak Bola?

Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mengajarkan si kecil bermain sepak bola. 

1. Lakukan Latihan Fisik

Bermain sepak bola menuntut kita untuk memiliki stamina kuat, kecepatan, dan keseimbangan. Ada beberapa jenis latihan fisik untuk bermain sepak bola yang bisa dilakukan si kecil adalah berlari sprint, lari tangga, squat jump, push up, dan lain-lain.   

Kamu juga bisa menggabungkan beberapa jenis latihan fisik tersebut untuk meningkatkan kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan fleksibilitas. 

Baca Juga:   Ini Dia Cara Menjemur Bayi yang Benar dan Aman

2. Kenalkan Berbagai Teknik Dasar

Kamu bisa mengajarkan beberapa teknik dasar, dari dribbling (menggiring bola), shooting (menendang bola), passing (mengoper bola), menghentikan bola, heading (menyundul bola), intercepting (merebut bola), dan goalkeeping (menangkap bola). 

Setelah anak sudah mulai paham teknik tersebut, maka baru kamu bisa mengenalkan berbagai posisi dalam sepak bola, seperti back, striker, wing, dan keeper. 

bermain sepak bola
Sumber: pixabay.com

3. Rutin Lakukan Pengulangan

Agar dapat menguasai teknik permainan sepak bola dengan lebih baik, anak-anak perlu rutin berlatih. Mereka harus terus mengulangi berbagai gerakan yang telah dipelajari dan terus mengasah kemampuannya. 

Namun, pastikan latihan rutin tersebut tidak membuat mereka merasa bosan. Kamu bisa mengombinasikannya dengan permainan bolal lainnya yang menyenangkan.

bermain sepak bola rutin latihan

Sumber: pixabay.com

4. Buat Pertandingan Kecil

Bila si kecil sudah paham cara bermain sepak bola dan berbagai aturannya, kamu bisa mengadakan pertandingan kecil. Berikan penghargaan bagi tim yang menjadi pemenang Dengan begitu, mereka bisa lebih bersemangat dan melatih mentalnya dalam permainan.

Jadi, mereka akan berlatih untuk menerima tekanan dan risiko kegagalan dalam permainan. Seru sekali, bukan?

5. Rekam dan Analisis Cara Bermainnya Bersama

Ajaklah mereka bermain dalam tim bersama teman-temannya, lalu rekam pertandingan tersebut.  Setelah pertandingan selesai, kamu bisa meminta mereka berkumpul dan melihat cuplikannya bersama. 

Baca Juga:   5 Langkah Mencuci Peralatan Makan Bayi yang Benar

Lalu, ajak mereka menganalisis setiap permainan yang dilakukan untuk menjadi pembelajaran ke depannya. 

bermain sepak bola pertandingan kecil
Sumber: pixabay.com

Itulah beberapa cara mengajarkan si kecil bermain bola dengan baik. Agar si kecil tetap bersemangat, selalu berikan dukungan moral dan penghargaan terhadap prestasi mereka. 

Siapa tahu nantinya si kecil bisa tumbuh menjadi seorang pemain sepak bola terkenal. 

Nah, agar latihan sepak bola si kecil semaking menyenangkan, kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasi mainan bola  berikut ini. 

Emco Football Hoverkikx 178
Emco Football Hoverkikx 178

Beli di sini

Top Gear Set Bola Football 4 Pcs
Top Gear Set Bola Football 4 Pcs

Beli di sini

Kingsport Set Gawang Bola
Kingsport Set Gawang Bola

Beli di sini

Kingsport Set Gawang Sepakbola
Kingsport Set Gawang Sepakbola

Beli di sini

Kamu bisa menemukan seluruh mainan sepak bola di atas dan mainan anak lainnya dari Toys Kingdom hanya di ruparupa.com.

Melalui situs belanja online ini, kamu juga bisa membeli berbagai jenis mainan anak, mulai dari LEGO, Barbie, Hot Wheels, action figure Marvel, mainan puzzle, dan masih banyak lagi.

Situs e-commerce ruparupa.com juga menyediakan perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, Krisbow, dan PEt Kingdom.