Kenapa Imlek Identik dengan Warna Merah?

0
249

Dari lampion merah hingga amplop merah, pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa imlek identik dengan warna merah? Legenda mengatakan bahwa semua ini berasal mula karena Nian, binatang buas yang konon akan meneror penduduk desa pada Tahun Baru Imlek dengan memakan tanaman, ternak, dan bahkan anak-anak.

Tetapi, para penduduk desa tahu kalau lembu jantan berkepala singa ini takut pada tiga hal. Yaitu api, kebisingan, dan warna merah. Sehingga, Nian dikalahkan oleh mereka, dan sejak saat itu, warna merah pada tradisi imlek dianggap sebagai pembawa keberuntungan dan rejeki bagi orang.

Sekarang, tidak seperti cerita legenda jaman dahulu, Anda tidak perlu mengalahkan binatang buas untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengenakan pakaian berwarna merah.

Tradisi Imlek

Biasanya lentera merah digantung pada luar pintu untuk menangkal kesialan. Juga kertas guntingan merah yang orang gunakan sebagai dekorasi untuk mereka gantung pada dinding.

Tetapi jika tidak, pergilah ke internet dan pesanlah. Anda juga bisa membuat guntingan Anda sendiri. Inilah sejarah di balik Tahun Baru Imlek.

Akan tetapi, cara terpopuler yang dilakukan semua orang untuk merayakan Tahun Baru Imlek adalah dengan membagikan amplop merah berisi uang. Tetapi, sama seperti mainan atau kado pada bawah pohon Natal, ada beberapa tradisi yang tertujukan hanya untuk anak-anak. Dan amplop merah Cina yang orang dewasa atau yang sudah menikah berikan kepada mereka adalah untuk mengusir roh jahat.

Warna merah banyak orang gunakan pada semua dekorasi. Amplop merah mereka berikan kepada junior dan anak-anak oleh yang sudah menikah dan yang lebih tua.

Pakaian yang terutama menampilkan warna merah biasanya orang kenakan sepanjang Tahun Baru Imlek karena teryakini bahwa warna merah akan menakuti roh jahat dan nasib buruk.

Selain itu, orang biasanya mengenakan baju baru dari ujung kepala hingga ujung kaki untuk melambangkan awal baru pada tahun baru.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kenapa imlek identik dengan warna merah. Rayakan hari raya imlek dengan produk bernuansa merah pembawa keberuntungan. Mulai dari koleksi dekorasi rumah, furntiur hingga berbagai perlengkapan dapur.

Jika Anda ingin membeli barang bernuansa merah untuk hampers ataupun untuk mendekorasi rumah Anda pada hari raya imlek, ini adalah beberapa produk rekoemndasinya:

Clair K Penjernih Udara – Merah
Appetite Set Wadah Saji Casserole Rim – Merah
Arthome 50×80 Cm Keset Kamar Mandi Stripe – Merah Tua

Ketiga produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!