3 Perbedaan Utama Handuk Mandi dan Handuk Wajah

0
428
Sumber: Ruparupa.com

Fungsi utama handuk memang buat mengeringkan tubuh kita setelah mandi. Biasanya, kita menggunakan satu handuk buat mengeringkan seluruh tubuh, dari wajah hingga kaki. Padahal, handuk mandi dan handuk wajah sebenarnya berbeda.

Bila kita menggunakan satu handuk untuk mengeringkan seluruh anggota tubuh, bisa-bisa justru membuat tubuh kita semakin kotor. Bisa saja sisa kotoran dari tubuh berpindah ke wajah, yang akhirnya akan membuat kita jadi jerawatan.

Ruparupa Banner

Apa Beda Handuk Mandi dan Handuk Wajah?

Tentu saja kamu tidak bisa menyamakan kulit badan dan kulit wajah. Lalu, sebenarnya apa perbedaan handuk mandi dan handuk wajah? Mengapa kita harus memiliki perlengkapan mandi ini berbeda-beda? Simak jawabannya berikut ini.

1. Perbedaan Ukuran

Baik handuk wajah maupun handuk mandi memang memiliki ukuran yang bervariasi. Namun, umumnya ukuran handuk mandi adalah 70x125cm, dengan lebar berkisar 70-85 cm dan lebar berkisar 125-150 cm.

Sementara itu, ukuran handuk wajah hanya berkisar di 30×75 cm, dengan lebar berkisar 30-35 cm dan panjang 75-90 cm.

Perbedaan ukuran tersebut dikarenakan handuk wajah digunakan hanya untuk membersihkan wajah sehingga tidak membutuhkan ukuran yang besar. Berbeda dengan handuk mandi yang digunakan untuk mengeringkan seluruh tubuh.

Baca Juga:   Rekomendasi Perlengkapan Mempercantik Kamar Mandi
Marcey 70×140 Cm Handuk Mandi – Merah. Handuk mandi dari katun ini punya daya serap yang tinggi.

Beli di sini

2. Perbedaan Tekstur

Alasan penting kenapa kamu harus bisa membedakan tipe handuk adalah karena kulit badan dan kulit wajah sangat berbeda.

Umumnya, kulit wajah yang lebih tipis dan sensitif daripada kulit badan. Inilah yang membuat handuk wajah pun lebih halus dan lembut.

Bila kita menggunakan handuk badan untuk mengeringkan wajah, justru bisa membuatnya lecet hingga iritasi. Belum lagi, bakteri yang ada di handuk badan, bisa berpindah ke wajah sehingga menimbulkan jerawat dan iritasi.

Nah, bila kamu sedang mencari handuk tubuh yang lembut, kamu bisa beli di sini. 

Arthome 70×140 Cm Handuk Mandi Katun Bambu – Biru Tua. Handuk dari katun ini terasa lembuat dan nyaman di kulit.

3. Digunakan Untuk Fungsi yang Berbeda

Setiap tipe handuk diciptakan untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda. Misalnya, handuk wajah untuk mengeringkan wajah dan handuk tangan untuk membersihkan tangan.

Bila kita menggunakan hanya satu handuk untuk semua keperluan, tentu bisa membuat tubuh semakin kotor. Apalagi, tubuh sudah beraktivitas seharian dan berkontak langsung dengan lingkungan yang belum pasti bersih. Tentunya, kita mau tubuh tetap bersih, bukan?

Jadi, pastikan kamu memakai jenis handuk sesuai dengan fungsinya. Berikut kami punya rekomendasi handuk yang bisa kamu gunakan di rumah.

Elvin Set 2 Pcs Handuk Dan Keset Kamar Mandi – Abu-abu. Set handuk dan keset kamar mandi ini memiliki bahan yang lembut dan daya serap tinggi.

Beli di sini

Cara Memilih Handuk yang Tepat

Setelah bisa membedakan handuk wajah dan handuk badan, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat memilih handuk.

1. Kenali bahan yang tepat.

Handuk 100% katun adalah yang paling lembut dengan daya serah tinggi. Pilihan lainnya adalah campuran katun dan poliester yang biasanya lebih tahan lama dan murah.

Baca Juga:   5 Cara Jitu Memilih Sabun Mandi yang Tepat Untuk Kulit

2. Pastikan handuk punya jahitan rapi

Selanjutnya, pastikan bagian ujung handuk terjahit dengan rapi. Selain mencegah serat handuk menjadi kusut, jahitan-jahitan tersebut juga membuat handuk lebih tahan lama.

3. Sesuiakan ukuran

Cara memilih handuk berikutnya adalah sesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan. Hindari memakai handuk wajah dengan ukuran yang terlalu besar atau justru memakai handuk wajah untuk membersihkan tubuh.

4. Pilih handuk polos

Hindari memilih handuk dengan terlalu banyak hiasan. Memang, model handuk dengan hiasan yang cantik bisa membuat kamar mandi terlihat menawan. Namun, biasanya handuk dekoratif ini justru tidak tahan lama.

5. Cuci handuk dengan rutin

Pastikan kamu mengganti handuk secara rutin, minimal sekali seminggu. Setelah memakai handuk, langsung jemur hingga kering, ya. Jadinya, handuk tidak bau dan tetap bersih.

Nah, kalau kamu sedang mencari handuk terjangkau dan berkualitas tinggi, maka Ruparupa.com adalah jawabannya.

Melalui situs belanja online ini,  kamu bisa menemukan beragam jenis handuk dan perlengkapan kamar mandi lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik  Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi. Yuk, pastikan kamu memakai handuk yang benar dan tepat.