Gaya Skandinavia adalah tentang membuat rumah terasa tenang, dan nyaman. Sebagian besar rumah Scandi memiliki dinding putih segar dan lantai kayu sederhana untuk menciptakan latar belakang yang bersih untuk tampilan peralatan rumah tangga yang berwarna-warni. Palet warna yang menenangkan, garis yang halus, dan pencahayaan yang banyak adalah beberapa hal yang membuat dapur bergaya Scandinavian menjadi hit.

Jika kalian tertarik dengan dapur bergaya Scandinavian, simak beberapa ide dapur Scandi minimalis di bawah ini.

Menggunakan Toples Kaca Sebagai Dekor Dapur Scandinavian

toples kaca sebagai hiasan dapur scandinavian
sumber: instagram.com/skovbon

Tonjolkan barang-barang dari kebutuhan sehari-hari. Tambahkan sesuatu yang menarik pada rak dapur kalian seperti menuangkan kue kering atau pasta ke dalam toples kaca dan susun di rak.

Kalian juga bisa menyimpan buah dan sayuran dalam keranjang goni alami. Ini adalah cara yang terjangkau untuk menambahkan gaya pedesaan yang santai ke dapur kalian.

Menaruh Peralatan Masak di Rak

scandinavian kitchen
sumber: instagram.com/kronfoto

Rak adalah cara yang bagus untuk menyimpan barang-barang yang kalian gunakan sehari-hari seperti barang pecah belah, atau tempat teh dan kopi. Gantung mug dan talenan untuk memudahkan akses saat kalian membutuhkannya.

Menggantung peralatan masak di rak di samping kompor adalah salah satu cara mudah untuk membuat dapur kalian terasa lebih nyaman. Selain itu, cara ini akan mengirit ruang di dalam lemari dapur.

Dapur Scandinavian dengan Palet Putih

dapur scandinavian warna putih
sumber: instagram.com/mrscarlissa

Warna putih pada dinding dan lemari tidak akan pernah salah saat membuat dapur bergaya Scandi. Untuk interior dapur Skandinavia, sebaiknya kalian memakai palet warna terang yang sejuk duntuk menciptakan rasa kemurnian dan ketenangan. Ini membuatnya sempurna untuk memaksimalkan dapur kecil.

Tambahkan kehangatan pada ruangan dengan memasangkan warna putih dengan aksen kayu dan tembaga.

Lampu Gantung Menjadi Ciri Khas Dapur Scandinavian

instagram.com/bjorkmanchristine

Cahaya sangat penting dalam desain Nordik, karena mereka mengalami hari-hari musim dingin yang panjang dan gelap. Orang Skandinavia cenderung membuat kumpulan cahaya dengan lampu gantung yang rendah.

Pilihlah dengan lampu gantung pilihan dengan desain yang apik seperti lampu gantung hitam di bawah ini. Bagaimanapun, mereka akan setinggi mata. Biru dan hijau yang diredam adalah Scandi.

Tambahkan Kehangatan ke Dapur Scandinavian dengan Aksen Metalik

aksen metalik pada dapur scandinavian
sumber: julianliving_

Aksen metalik terutama tembaga akan menambah kehangatan pada dapur berwarna putih minimalis. Saat menghias dapur berwarna putih, kalian bisa bermain dengan tekstur, bentuk, dan sentuhan akhir. Kalian juga dapat menambahkan nilai kecantikan jika kalian membeli beberapa panci tembaga.

Dekorasi Dapur dengan Tanaman

scandinavian kitchen
sumber: instagram.com/love_lives_here

Tanaman hias adalah cara lain yang bagus untuk memberi kehangatan pada dapur. Kalian juga bisa melengkapi tampilan dengan beberapa bunga segar, tanaman hias atau rempah-rempah pot khas gaya Skandinavia.

Hias Dinding Dapur Scandinavian dengan Papan Tulis

hiasan dapur scandinavian
instagram.com/skovbon

Melukis area dinding yang luas dengan cat papan tulis untuk membuat papan pengumuman adalah cara sederhana untuk membawa karakter ke dapur. Untuk tampilan yang lebih kontemporer, kalian bisa cat papan tulis dan membuat karya seni yang terinspirasi dari menu.

Tambah Elegan dengan Kabinet Dua Warna

scadinavian kitchen
sumber: instagram.com/keittiomaailma_espoo

Sebagian besar desain Skandinavia bergantung pada palet warna yang tidak mencolok. Tetapi kalian jangan takut untuk menambahkan kepribadian dengan percikan warna.

Tetap berpegang pada palet warna sederhana yang menonjolkan desain seperti di dapur ini. Lemari dua warna menekankan garis yang bersih dan menjadi elegan.

Dapur Rapi dengan Floor-to-ceiling cabinet

floor to ceiling cabinet
sumber: instagram.com/home.in.the.fields

Lemari dari lantai ke langit-langit adalah cara jenius untuk menyembunyikan kekacauan yang dapat terjadi di meja dapur. Belilah lemari dengan ruang yang luas untuk menyimpan microwave, ketel, mesin kopi, dan alat lainnya.

Tambahkan Efek Alami Dapur Scandinavian Kalian dengan Kayu

aksen kayu di dapur scandinavian
sumber: instagram.com/rumah_aila

Finishing kayu adalah bagian penting dalam menciptakan dapur Skandinavia yang otentik. Kalian bisa memilih pintu lemari kayu atau efek kayu untuk menampilkan bahan alami.

Carilah kayu berwarna terang seperti beech atau abu untuk lantai. Hindari kayu yang dipernis untuk meja karena tampilan mentah, alami, dan tidak terawat jauh lebih sesuai dengan gaya Skandinavia.

Buat Ruang untuk Meja Makan

scandinavian kitchen
sumber: instagram.com/bjorkmanchristine

Berkumpul bersama untuk makan sebagai sebuah keluarga sangat penting dalam budaya Skandinavia. Sediakan ruang untuk meja makan atau bar sarapan di dalam rumah.

Ruang makan juga merupakan ruang yang bagus untuk menambahkan kehangatan melalui tekstur dan warna. Kalian bisa menaruh bunga atau tanaman segar untuk menambah kesegaran dapur.

Gaya Pencahayaan Rustic Scandinavian

dapur scandinavian rustic
sumber: instagram.com/diariodeunareforma

Pencahayaan yang benar di semua dapur sangat penting. Desain dapur tradisional Skandinavia umumnya hitam atau putih dan sangat minim. Namun, tidak begitu dengan gaya rustic Nordik.

Jika dapur kalian memiliki aksen kuningan dan perunggu, maka gaya pencahayaan yang edgy ini sangat cocok dengan latar belakang dapur Skandinavia pedesaan.

Itulah beberapa inspirasi dapur Scandinavian minimalis yang bisa kalian tiru. Kalian bisa membeli perabotan gaya scandinavian di Ruparupa. Selain itu, Ruparupa juga menjual peralatan rumah tangga lengkap dengan kualitas terbaik. Yuk segera beli sebelum kehabisan!