Tips Memilih Stoples untuk Kue Kering di Rumah

0
220
stoples

Menyimpan kue kering di dalam stoples tentu sangat membantu kita menjaga kerenyahan kue dan tetap terasa lezat. Apalagi ketika acara besar atau lebaran, kebutuhan tempat penyimpanan kue ini tentu mendesak. Karena jika tidak, kue yang cukup banyak tidak sempat dihabiskan akan dibuang begitu saja. Sayangnya yang sering jadi masalah adalah kue tersebut bau dan tidak selezat seperti pertama kita makan. Dari hal ini bisa saja karena kualitas tempat penyimpannya yang tidak bagus.

Ketahui apa saja yang harus dipertimbangkan saat Anda akan membeli stoples sebagai stok di rumah. Ada dua jenisnya yaitu terbuat dari plastik dan kaca. Lalu manakah yang tepat dan bagus? Anda bisa mencari yang sesuai dengan standar kesehatan karena ketika menyimpan makanan tersebut tidak akan lagi merasa cemas. Mulai dari segi bentuk, ketahanan terhadap udara hingga awet tahan lama.

Tips Memilih Stoples Aman untuk Makanan

1. Kualitas Bahan

Stoples Motif Nutella Ice Cream

Jika ingin yang berfungsi dekoratfi, Anda bisa membeli yang berasal dari bahan-bahan berkualitas. Baik plastik ataupun kaca, Anda bisa memilih sesuai dengan model, bahan ataupun bentuknya yang unik. Material kaca memang mendominasi seperti yang dijual di banyak toko. Namun, Anda tetap bisa membeli yang berbahan non kaca seperti kayu yang terlihat lebih estetis. Jika membutuhkan toples untuk keperluan bisnis, Anda bisa membeli dengan yang berbahan plastik atau mika.

2. Ukuran

Stoples 630 Ml Set 3 Pcs Soldier

Stoples yang dibutuhkan tiap jenis makanan tentu berbeda. Anda bisa menentukan ukuran yang sesuai dengan makanan yang ingin disimpan. Karena jika terlalu besar atau kecil bisa mengurangi nilai estetisnya. Pilih yang ukurannya sudah Anda tentukan akan difungsikan menyimpan makanan jenis apa.

3. Cek Kerapatan Tutup

Stoples 990 Ml Set 3 Pcs Snowman

Tips berikutnya dalam menemukan stoples terbaik adalah dengan mengecek kerapatan tutup. Sebab, ada banyak jenis tutup yang biasanya terbuat dari kaca, berbahan plastik atau bahan lainnya. Ada juga yang disertai karet. Anda bisa memilih yang berdesain tutup kaca agar kue kering yang ada di dalamnya tidak mudah melempem karena terkena udara. Pastikan juga bahwa penyimpan makanan tersebut memang kedap udara sehingg bisa menjaga cita rasanya. Menjaga wangi dan juga rasa makanan di dalamnya.

4. Mudah Dibersihkan

Stoples 990 Ml Set 3 Pcs Fresh Cream

Tempat menyimpan kue ini tentu harus rutin dibersihkan agar tetap menjaga kualitas makanan di dalamnya. Maka dari itu pastikan bahwa Anda bisa membersihkannya dengan baik. Ada yang berbentuk kotak, bulat dan memanjang dimana untuk cara membersihkannya tentu berbeda-beda. Yang berkualitas biasanya mudah untuk dibersihkan serta memiliki petunjuk bagaimana cara membersihkannya dengan baik.

5. Tahan Terhadap Panas dan Dingin

Stoples 990 Ml Set 3 Pcs Pastel Macaroon

Menyimpan kue di dalam wadah tertentu biasanya bertujuan untuk melindunginya dari panas dan dingin. Agar tekstur kue tetap seperti pertama kali memakannya. Maka dari itu pilih tempat penyimpanan kue yang tahan terhadap panas dan dingin agar tidak mempengaruhi rasa makanan. Biasanya ketahanannya ini juga bergantung pada bahan yang digunakannya.

6. Sesuaikan dengan Budget

Stoples 900 Ml Set 3 Pcs Gold Crown

Beberapa menjual stoples langsung dalam 1 paket. Tetapi ada juga yang menjualnya per biji sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang ada. Membeli stoples sesuai dengan budget merupakan keputusan bijak karena kebutuhannya yang bisa kita atur sendiri. Pilih yang berstandar bagus serta tahan lama dan awet untuk digunakan.

Cara Membersihkan Stoples dengan Benar

Karena stoples digunakan untuk menyimpan makanan maka kebersihannya harus terjamin. Cara pertama untuk membersihkannya adalah dengan merebusnya dalam air mendidih. Cara ini bisa membuatnya terbebas dari kuman. Masukkan stoples dalam air tiga perempat panci dan rebus hingga mendidih. Matikan kompor dan ambil menggunakan penjepit makanan kemudian keringkan dengan handuk.

Cara kedua untuk membersihkannya juga bisa dengan mengukusnya. Sama seperti proses merebus, hanya saja letak perbedaannya adalah tutup panci saat dikukus agar uap air panas bisa bekerja maksimal dalam membunuh bakteri jahat. Setelah menunggu 5 – 7 menit, matikan kompor dan ambil stoples. Bersihkan menggunakan handuk kering.

Membersihkannya dengan beras mungkin terdengar mustahil. Tetapi, setelah kue yang ada dalam stoples habis, Anda bisa segera mencucinya dengan menggunakan beras terutama untuk bagian yang sulit dijangkau. Masukkan beras secukupnya, isi dengan air panas dan beberapa tetes sabun cair. Anda bisa mengocoknya hingga di bagian dalam stoples jadi bersih. Keluarkan beras dan bersihkan kembali menggunakan air bersih.

Cara lain untuk bisa membersihkan stoples adalah menggunakan garam laut kasar dan soda kue. Cara ini bisa difungsikan untuk membersihkan bau dari dalam stoples. Soda kue memang diketahui bisa membersihkan kotoran dengan ampuh. Kocok dengan air hangat selama 30 detik sampai soda kue bisa menyerap kotoran dengan maksimal. Setelahnya, cuci seperti biasa dengan air panas dan sabun.

Temukan berbagai merk dan jenis stoples sesuai dengan keinginan Anda di ruparupa.com. Ada banyak peralatan rumah tangga, home improvement hingga otomotif yang Anda butuhkan. Dapatkan beragam promo dan penawaran menarik di setiap kategori.