5 Cara Membersihkan Wajah dengan Benar, Bikin Glowing!

0
651
cara membersihkan wajah

Ternyata, membersihkan wajah tidak cukup hanya dengan mencuci wajah memakai sabun. Hal ini dikarenakan tidak semua sabun mampu membersihkan sampai ke dalam pori-pori. 

Apalagi, sabun dengan kandungan lembut biasanya akan membersihkan pada permukaan saja. Bila kita tidak membersihkan wajah sampai ke dalam pori-pori, maka bisa menimbulkan permasalah kulit, mulai dari komedo hingga jerawat. 

Ruparupa Banner

Tidak perlu khawatir, kamu bisa mempelajari cara membersihkan wajah dengan benar dan urutan skincare yang tepat. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan wajah sehat idaman. 

Lantas, Bagaimana Cara Membersihkan Wajah dengan Benar?

Untuk menjawab kebingungan kamu, simak cara membersihkan wajah yang tepat berikut ini. 

1. Gunakan cleansing balm atau micellar water

cara membersihkan wajah micellar water
Sumber: freepik.com

Mungkin sebelumny kamu berpikir mencuci wajah dengan sabun saja sudah cukup, apalagi saat tidak menggunakan makeup. Meski tanpa makeup, ternyata wajah bisa kotor akibat debu yang menempel.

Nah, tahapan pertama buat mengangkat kotoran dan membersihkan makeup di wajah adalah menggunakan micellar water atau cleansing balm

Micellar water bisa kamu aplikasikan dengan menggunakan kapas. Lalu, usapkan pada wajah secara menyeluruh dengan lembut.

Sedangkan, cleansing balm dapat digunakan mengoleskan pada wajan dan diusap secara lembut untuk meluruhkan sisa makeup dan kotoran. 

2. Cucilah wajah dengan face wash

Setelah menggunakan cleansing balm atau micellar water,  kamu bisa mencuci wajah memakai face wash atau sabun muka yang sesuai dengan tipe kulit. 

Baca Juga:   6 Model Piring Saji Unik yang Bisa Mempercantik Hidangan Makan

Untuk tipe kulit sensitif, hindari sabun muka yang memiliki scrub karena bisa menimbulkan kemerahan. Sedangkan buat tipe kulit berminyak, pilihlah face wash yang mengandung bahan penyerap minyak, seperti tea tree

Kamu bisa memijat seluruh bagian wajah secara lembut selama minimal 1 menit menggunakan brush cuci wajah berikut ini. Jadinya, seluruh kotoran benar-benar bisa terangkat.

Ataru Brush Pembersih Wajah - Rose Gold
Ataru Brush Pembersih Wajah – Rose Gold

Beli di sini

3. Lakukan steaming untuk membuka pori-pori

Walaupun kulit sudah terasa bersih setelah melakukan double cleansing, tetapi sering kali pori-pori terdalam tidak benar-benar bersih. Hal ini dikarenakan adanya pori-pori yang tertutup sehingga menghalangi jalan ke bagian dalam wajah. 

Untuk membuka pori-pori, kamu bisa melakukan steaming atau penguapan wajah dengan suhu hangat. Cara ini terbilang efektif juga bisa membantu penyerapan skincare yang akan kamu gunakan. 

Berikut ini rekomendasi face steamer yang bisa kamu gunakan. Alat ini dapat mengatur suhu uap yang diinginkan tanpa perlu memasak air panas terlebih dahulu. 

Kels Peony Facial Steamer - Pink
Kels Peony Facial Steamer – Pink

Beli di sini

4. Angkat sisa-sisa kulit mati dengan toner

Cara membersihkan wajah selanjutnya adalah mengangkat sisa kulit mati menggunakan toner. Aplikasikan toner menggunakan kapas. Lalu, tepuk-tepuk wajah secara lembut agar bisa menyerap ke dalam pori-pori. 

Toner juga dipercaya mampu menjadi dasar untuk kamu yang ingin memulai rangkaian skincare lainnya agar dapat efektif bekerja di kulit wajah. 

Baca Juga:   7 Rekomendasi Model Rak Kayu Terbaik di Rumah
cara membersihkan wajah pakai toner
Sumber: pexels.com

5. Tenangkan wajah dengan masker

Tidak hanya tubuh, tapi wajah kamu juga memerlukan nutrisi yang baik. Salah satu caranya adalah dengan memakai sheet mask atau masker wajah.

Efek dingin dari masker bisa membuat wajah menjadi lebih segar dan mampu menutup pori-pori. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi penyebab timbulnya jerawat dan komedo. 

cara membersihkan wajah pakai masker
Sumber: freepik.com

Umunya, masker terdiri dari 3 jenis, yaitu gel mask, sheet mask, dan clay mask. Biasanya, gel mask dan clay mask digunakan sebelum mengaplikasikan berbagai produk skincareSetelah itu, kamu perlu membilasnya menggunakan air bersih.

Sedangkan sheet mask berfungsi untuk memberikan kelembapan pada wajah. Soalnya, sheet mask mengandung serum yang dapat menutrisi wajah. Supaya cairan tersebut bisa menyerap, kamu dapat menggunakan face roller berikut ini. 

Ataru Set 2 Pcs Roller & Gua Sha
Ataru Set 2 Pcs Roller & Gua Sha

Beli di sini

Nah, itulah beberapa cara membersihkan wajah dengan benar yang bisa kamu ikuti agar bisa memiliki kulit sehat dan glowing. Yuk, mulai rawat wajah kamu dengan baik!

miliki perlengkapan kecantikan
di bawah Rp100 ribuan KLIK DI SINI

Seluruh alat kecantika di atas bisa kamu beli melalui ruparupa.com, lho. Situs belanja online ini juga menyediakan perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milk Kawan Lama Group, seperti Ataru, ACE, Selma, dan Informa

Kami juga punya beberapa perlengkapan kecantikan yang bisa kamu gunakan untuk perawatan kulit dan wajah.

Ataru Kotak Organizer Kosmetik
Ataru Kotak Organizer Kosmetik

Beli di sini

Ataru Handuk Pembersih Makeup Mitt - Pink
Ataru Handuk Pembersih Makeup Mitt – Pink

Beli di sini

Ataru Set 3 Pcs Pouch Kosmetik Squared
Ataru Set 3 Pcs Pouch Kosmetik Squared

Beli di sini

Ataru Set 2 Pcs Roller & Gua Sha Rose Quart
Ataru Set 2 Pcs Roller & Gua Sha Rose Quart

Beli di sini

Dispenser Sabun Cair Cactus Printed
Dispenser Sabun Cair Cactus Printed

Beli di sini