Tips Mengenal Pipa Besi , Sambungan, dan Fungsinya

0
709
pipa besi

Pipa besi merupakan salah satu benda yang selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu di lingkungan rumah tangga, maupun dalam lingkungan industri. Keberadaan benda memang sudah sedemikian akrab dan populer bagi masyarakat, sehingga benda ini juga bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko, dan kita tidak akan mengalami kesulitan mencarinya.

Promo 12 12 Ruparupa

Pipa sendiri merupakan jenis barang hasil olahan industri. Dan benda ini bisa dikatakan benda odern,  karena benda ini diolah melalui mesin industri dan baru ditemukan setelah manusia mengenal industri. Namun demikian, benda ini sebenarnya sudah ada sejak jaman nenek moyang, meskipun dalam nama dan bahan yang bahan yang berbeda.

Macam-macam jenis pipa besi dan kegunaannya

Berbicara tentang pipa, ada banyak jenis yang bisa ditemukan di toko-toko bangunan yang biasa menjual benda ini. Setiap jenis tentunya memiliki nama dan fungsi yang  berbeda –beda pula. Beberapa macam jenis pipa yang biasa kita temui diantaranya adalah :

1. Pipa besi hitam

Pipa Wastafel Tipe T – Krom

Pipa jenis ini paling banyak dijumpai di pasaran. Pipa jenis ini terbagi menjadi dua, yaitu tipe schedule 4.0, dan tipe schedule 8.0. Tipe schedule merupakan ukuran standar keketebalan pipa. Semalin tinggi tipe yang dimiliki, maka semakin tebal ukuran pipa tersebut.

2. Pipa galvanis

Fluidmaster Pipa Sambungan No Burst 1.2×1.2×76.2 Cm

Pipa besi ini merupakan pipa yang memiliki ketahanan terhadap karat atau korosi. Pipa jenis ini juga terbagi dua, yaitu jenis electrogalvanized dan jenis Hot Dip Galvanized. Pipa jenis Hot Dip galvanized mempunyai ketahanan terhadap karat jauh lebih baik dibanding tipe electrogalvanized.

Baca Juga:   6 Cara Ampuh Membersihkan Kerak Kamar Mandi

3. Pipa besi Hollow

Fluidmaster Pipa Sambungan No Burst 4f36cu 91.4 Cm

Pipa jenis ini memiliki ciri khas berbentuk persebgi dengan lubang di tengahnya. Karakteristik pipa jenis ini hampir sama dengan jenis pipa galvanis. Akan tetapi pipa besi hollow memiliki ketahanan terhadap karat yang jauh lebih baik. Sehingga bila dilihat  dari segi harga, harganya juga jauh lebih tinggi.

Memilih pipa sesuai kebutuhan

Krisbow Kunci Pipa Rantai 12 Inci

Dalam memilih pipa, terlebih dahulu yang harus anda tentukan adalah untuk kebutuhan apa pipa tersebut. seperti diketajui, ada bermacam-macam jenis pipa, dan semua memiliki fungsi yang berbeda. Selain itu, ukuran pipa juga bermacam-macam. Sehingga sangat penting  bagi anda untuk menentukan kebutuhan anda, sehingga tidak salah dalam memilih pipa.

Memilih ukuran pipa sesuai kebutuhan

Kris Pipa Wastafel Tipe P – Krom

Ukuran pipa ada bermacam-macam. Ada yang berdiameter kecil ada pula yang berdiameter besar.  Sebelum membeli pipa, sebaiknya anda pastikan dulu berapa ukuran pipa yang anda butuhkan. Sehingga anda bisa memilih ukuran yang tepat, dan pipa bisa digunakan. Salah memilih ukuran, berarti sebuah pemborosan, karena pipa tidak akan bisa digunakan.

Memilih sambungan pipa besi

Alat Potong Pipa Pvc 42 Mm – Merah

Penting untuk diketahui, bahwa untuk mendapatkan pipa sesuai dengan ukuran panjang yang kita kehendaki, terkadang kita harus menyambungnya. Dalam hal ini dibutuhkan sebuah alat untuk menyambung pipa yang disebut dengan sambungan pipa besi. Agar bisa memperoleh sambungan yang tepat, maka terlebih dahulu harus diketahui ukuran pipa dengan tepat pula.

Baca Juga:   Berkenalan dengan Vacuum Cleaner Wet and Dry

Selain membutuhkan sambungan pipa, untu menyambung pipa besi juga dibutuhkan perekat. Penyambungan besi atau yang disebut fighting membutuhkan ketelitian agar hasil penyambungan bisa sempurna, sehingga tidak ada permasalahan yang terjadi, misalnya adanya kebocoran pada sambungan.

Hal yang harus diperhatikan dalam proses penyambungan pipa adalah kita harus mencari tipe dan ukuran serta diameter yang sama. Karena apabila ukuran diameter dan tipe bahan tidak sama, maka hasil sambungan yang dihasilkan juga tidak maksimal. Dan terjadi kebocoran, merupakan risiko yang akan terjadi apabila tidak memilih ukuran dan tipe yang sama.

Jenis perekat sambungan pipa besi

Jenis lem atau perekat besi ada dua macam.  Yang pertama adalah perekat  yang akan merekatkan pipa hanya pada bagian pipanya saja. perekat jenis ini hanya cukup dioleskan pada bagian sambungan pipa, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam sampai perekat mengering. Untuk daya tahan rekatnya juga tergantung kekuatan adhesive yang dimilikinya.

Sedangkan jenis perekat yang kedua adalah solvent comment. Jenis perekat ini membutuhkan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 5 hingga 6 jam dalam proses fighting. Fighting terjadi melalui proses kimiawi untuk menyatukan pipa dengan sambungannya. Dengan demikian, maka sambungan akan menjadi lebih kuat dan juga tahan lama.

Untuk mendapatkan sambungan pipa besi dan perekatnya sesuai yang anda butuhkan, anda bisa mengunjungi ruparupa.com  melalui laman website anda. Di sini anda bisa mendapatkan semua jenis sambungan pipa besi sesuai dengan kebutuhan anda. Mulai dari ukuran terkecil hingga ukuran besar, dari harga terendah hingga harga tertinggi semua lengkap tersedia.

Di sini anda juga bisa mendapatkan pelayanan dengan sangat baik dan memuaskan. Sehingga bisa dipastikan semua yang berbelanja di sini tidak akan merasa kecewa ataupun menyesal.

Editor: Ariel Natasya