Tips Memilih Tempat Tidur yang Nyaman dan Sehat

0
518
tempat tidur yang nyaman

Bicara soal tempat tidur yang nyaman dan sehat, tidur merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting. Karena dengan tidur, kita memberikan kesempatan kepada seluruh organ tubuh kita untuk beristirahat setelah beraktivitas. Mulai dari bayi, hingga orang dewasa dan orang tua, semua membutuhkan tidur minimal 8 jam untuk dewasa dan 10 jam untuk  bayi dan anak-anak.

Namun demikian, tidur sebaiknya tidka dilakukan dengan sembarangan. Karena tidur yang efektif dan bermanfaat adalah tidur yang dilakukan dengan cara yang benar. Tidur yang benar adalah tidur yang dilakukan dengan teratur, tepat pada waktunya sesuai kebutuhan, serta pada tempat yang bagus dan tepat sesuai dengan kesehatan.

Tidur yang baik untuk kesehatan

Tidur memang sangat penting untuk kesehatan. Karena dengan tidur, seluruh oragna dan sistim dalam tubuh bisa berisitirahat. Dan hal tersebut secara tidak langsung akan berpengaruh pada kesehatan seluruh organ dan sistim yang ada dalam tubuh. Oleh karena itu, kita harus memberikan hak kepada tubuh untuk beristirahat kita dengan tidur.

Namun demikian, tidur yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh adalah tidur yang dilakukan dengan posisi yang tepat.. Karena dengan posisi yang tepat, maka seluruh organ dalam tubuh bisa beristirahat dengan sempurna dalam posisi yang benar. Dan posisi tidur yang tepat ini sangat dipengaruhi oleh tempat tidur yang kita gunakan.

Karena fungsi tidur adalah untuk memberikan kesempatan kepada tubuh untuk istirahat, maka sebaiknya kita memilih tempat tidur yang nyaman sehingga bisa mengoptimalkan fungsi dari tidur itu sendiri. Tempat tidur yang nyaman adalah yang bisa membuat anggota tubuh rileks, tidak memberikan tekanan, dan yang pasti harus bersih dan aman untuk kesehatan

Baca Juga:   Ukuran Spring Bed Lengkap Dengan Spesifikasinya

Bagaimana memilih tempat tidur yang bagus untuk kesehatan

Tidur yang efektif adalah tidur yang dilakukan dengan benar di tempat yang benar. Tempat tidur yang benar adalah tempat tidur yang memenuhi syarat kesehatan. Diantaranya adalah bersih, terbuat dari bahan yang aman untuk kesehatan, serta memiliki kontur yang baik untuk kesehatan. Pembahasannya ada di bawah ini.

Tips Memilih Tempat Tidur yang Nyaman dan Sehat

1. Bersih

Leon 100×200 Cm Headboard Tempat Tidur – Abu-Abu

Bersih. Syarat pertama, tempat tidur hendaknya harus terjaga kebersihannya. Karena beristirahat di tempat yang kotor, tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, sebaiknya tempat tidur tetap dijaga kebersihannya dengan melakukan penjemuran dan mengganti sarung bantal serta kain seprai secara rutin dan berkala.

2. Terbuat dari Bahan yang Aman

Ariana Tempat Tidur 200×200 Cm – Hitam

Yang kedua, tempat tidur hendaknya terbuat dari bahan yang aman untuk kesehatan. Bahan busa atau dakron, memang memberi suasana nyaman karena empuk. Akan tetapi bahan dakron bisa menyebabkan alergi bagi sebagian orang. Oleh sebab itu, ,memilih tempat tidur harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kesehatan pemakai.

Syarat yang ketiga, tempat tidur hendaknya memiliki desain yang sesuai dengan kontur tubuh manusia. Misalnya rata, sedikit lentur sehingga tidak memberikan tekanan pada kontur tubuh manusia. Selain itu, posisi tubuh saat tidur  sebaiknya berada pada posisi antara kepala dan tulang punggung sejajar. Hindari memakai bantal terlalu tinggi karena tidak baik  bagi tulang.

Ciri-ciri tempat tidur yang baik

Agar tidur kita benar-benar efektif dan bermanfaat untuk kesehatan, maka dalam memilih tempat tidur sebaiknya anda mengetahui ciri-ciri tempat tidur yang baik untuk kesehatan. Apalagi saat ini begitu produk tempat tidur yang ditawarkan dengan berbagai model. Agar tidak salah pilih, berikut ini ciri-ciri tempat tidur yang baik yang harus anda ketahui.

Baca Juga:   12 Model Tempat Tidur Minimalis yang Bagus 2021

1. Memiliki tingkat keempukan yang tepat

Valentio 180x200x100 Cm Tempat Tidur

Tempat tidur yang baik untuk kesehatan, adalah tempat tidur yang empuk dengan tingkat keempukan yang tepat. Tepat dalam artian, tmpat tidur yang kita gunakan harus empuk, karena tempat idur yang keras, akan memberikan tekanan pada tulang punggung, dan hal tersebut tidak baik untuk kesehatan tulang.

Akan tetapi tempat tidur yang terlalu empuk juga juga tidak baik untuk kesehatan tulang. Karena tempat tidur yang terlalu empuk akan membuat posisi tulang (terutama tulang punggung) tidak bisa sejajar dan cenderung menjadi melengkung saat tidur. Hal tersebut tentunya berdampak buruk bagi bentuk tulang punggung kita.

2. Memiliki pegas

Pira Bavarian Granada Set Tempat Tidur Bd160 Gl – Putih

Tempat tidur yang baik untuk kesehatan disarankan memiliki pegas. Pegas yang biasanya berada di bawah busa berfungsi membuat tempat tidur menjadi lentur mengikuti bentuk tulang tubuh kita, akan tetapi tetap kuat menyangga berat badan kita sehingga tulang tubuh (tulang punggung) tidak menjadi melengkung.

3. Terbuat dari bahan yang aman bagi kesehatan

Lyon Set Tempat Tidur Anak 120×200 Cm – Cobalt Blue

Selama ini bahan busa dinilai bagus untuk tempat tidur, karena bisa memberikan rasa nyaman dan juga empuk. Akan tetapi ada sebagian orang yang alergi terhadap bahan ini.  Sebagai alternatif ada bahan tempat tidur yang terbuat dari latex, dan juga dari kapuk alami. Semua bisa disesuaikan dengan kondisi pemakainya.

Memilih tempat tidur yang nyaman dan aman bagi kesehatan sebenarnya tidak terlalu sulit. Dan apabila anda merasa kesulitan,anda bisa langsung mendatangi ruparupa.com. Karena di sini tersedia berbagai jenis tempat tidur dengan kualitas terbaik, serta dengan beragam pilihan bagi para konsumen.